“Jadi kalian berantem sama sekolah lain?”
Posisi mereka semua sekarang ada di meja makan. Lagi makan malam. Arkan sama Fero duduk sampingan, disidang sama papa gara-gara mukanya pada bonyok. Arin duduk di samping mama. Si adek lagi sibuk ngunyah Big Mac nya.
“Terus yang menang siapa?” Tanya papa lagi.
“Kita dong.” Jawab Arkan bangga.
“Berani juga lo jujur sama ortu lo.” Bisik Fero pada Arkan.
“Kalau ketahuan bohong, bokap bisa ngamuk. Mending jujur aja sekalian.” Fero ngangguk denger jawaban Arkan.
“Emang nggak bisa ya di selesaiin baik-baik?” Pertanyaan papa buat mama mendengus.
“Nggak bisa dong pa. Emang dari jaman mama sekolah dulu, preman sekolah itu pasti ada aja. Mereka nyebelin banget. Kalau kita nggak nanggapin, mereka bakal ngatain kita pecundang. Jadi ya sudah, sekalian aja pukulin biar tahu rasa.” Ini omongan si mama buat Fero batuk-batuk. Ya gimana ya, rata-rata orang tua bakal ngelarang anaknya tawuran. Bener sih, ortu Arkan ngomel pas tahu anaknya tawuran, tapi pas Fero denger ucapan mama tadi, Fero langsung speechless.
“Mama dulu mantan preman kak. Jadi nurun deh ke kak Arkan.” Jelas Arin yang ngeliat muka bingung Fero.
“Enak aja!” Jawab mama agak kenceng yang buat Arin meringis lucu.
Fero senyum ngeliat interaksi keluarga ini. Hal yang nggak pernah dia temukan di keluarganya. Jangankan buat makan bareng di satu meja, orang tua Fero aja jarang banget berinteraksi. Kadang kalau mereka ketemu malah yang ada ribut terus.
Rumah yang harusnya jadi tempat singgah ternyaman setelah seharian beraktivitas di luar, justru jadi sesuatu yang menakutkan buat Fero. Kalau orang lain pulang dengan harapan bisa nyaman, kalau Fero justru pergi biar dia bisa tetep waras.
“Mama kok bisa kenal sama si curut ini?” Tanya Arkan.
“Panggil yang bener. Dia punya nama.” Ini peringatan dari papa.
Arkan dengus kesel, terus nanya lagi, “Kok mama bisa kenal sama Fero?”
Mama senyum terus lirik ke arah Arin. Hal itu ngebuat Arkan ikutan ngelirik Arin. Si adek cuma buang muka. Malu soalnya.
“Si ganteng ini kan calon pacar adek mu.”
“Hah?!”
“Ihh mama enggak.”
“Apaan?! Calon pacar?! Sejak kapan lo kenal sama adek gue?” Muka Arkan udah nyolot banget. Kaget lah anaknya. Kok bisa musuh nya deket sama adik nya? Mana si Arin mesam mesem mulu dari tadi. “Lo deketin adek gue? Mau gue patahin leher lo?”
“Arkaann..”
“Pa, dia ini kan preman sekolah pa. Masa mau deketin Arin sih? Marahin pa. Lo juga. Nggak usah nyengir anjir. Kakak nggak ngasih restu.”
“Heh Arkan apa sih? Kalau mau ngasih restu ya dari papa sama mama lah. Kamu diem aja nggak suah ikut-ikutan.”
“Ihh pa, dia preman sekolah pa.”
“Emang kenapa? Dulu mama kamu juga preman sekolah tapi papa mau.”
Arkan diem. Bener juga sih sama yang dibilang bapaknya. Emak nya kan dulu juga preman. Perempuan tapi hobinya turun ke jalan buat balapan. Kok bisa ya?
“Tetep aja! Enak aja Arin mau pacaran sama Fero. Nggak!”
Fero diam terus natap galak ke arah Arkan. “Kenapa sih, kok lo heboh banget?”
Arkan melotot ke arah Fero. “Kok lo nggak nolak? Lo nggak suka sama adek gue kan?”
Fero bungkam. Matanya melirik ke arah Arin. Pengen jawab ‘iya’ tapi ada bokap nyokap nya Arkan, pengen jawab ‘enggak’ tapi aslinya iya. Kok kesel ya?
“Jawab anjir, lo nggak suka adek gue kan?”
“Arkan, udah. Kamu ini, biarin lah kalau mereka saling suka. Asal nggak ngelakuin hal terlarang aja. Kamu kenapa ribut banget?”
“Kok papa setuju sih?”
“Emang kenapa kalau papa setuju? Kamu juga sana cari pacar. Jangan cuma tawuran terus, nanti papa nikahin kamu sama samsak tinju mu.”
Ucapan papa langsung dapet respon tawa dari Arin. Tak lupa, lidah anak manis itu menjulur keluar mengejek kakak nya.
Bibir Arkan maju, kali ini majunya lima senti. Kesel lah anaknya. Gimana bisa dia nggak tahu kalau Arin deket sama Fero. Sejak kapan juga mereka deket? Ngeselin.
Sementara Fero tersenyum puas. Langsung dapet lampu hijau dari calon mertua tuh rasanya ahh mantap banget.
* * * * *
“Lo tidur di sofa.”Seperti apa yang udah Arin bilang di telepon. Kamar tamu penuh sama barang-barang papa. Arkan sampai heran, itu kardus banyak banget di lantai sama di atas kasur isinya apaan. Disingkirin tapi berat. Lagian kenapa juga nggak ditaruh di gudang? Alhasil dia harus berbagi kamar sama nih bocah tengil.
Fero berdecak, tapi tetep nurut. Sofa di kamar Arkan nggak sempit kok. Lebar malah. Sanggaan sofa nya juga bisa di tidurin, jadi makin lebar dah tuh tempat. Ada bantal nya juga. Nyaman lah pokoknya.
“Lo nggak ganti baju?”
Seketika Fero tatap pantulan dirinya di cermin. Dia mau ganti, jujur, badannya juga lengket. Mana bajunya kotor banget, ada darah-darahnya juga meskipun dikit, tapi dia mau pake baju siapa?
“Nggak usah.” Jawab Fero.
Arkan berdecak. Meskipun musuh, dia juga masih punya hati lah. Apalagi Fero numpang disini, dan Fero juga tamu. Nggak mau lah dia dicap sebagai seseorang yang melakukan ketidaknyamanan pada tamu.
Jalan ke arah lemari, Fero narik kaos polos warna putih sama celana kolor warna hitam. “Nih, ganti.”
Fero tatap baju yang Arkan kasih. “Nggak usah.”
“Dih, batu banget. Ganti anjir, badan lo bau keringet.”
Fero ngendus badannya terus tatap nyalang ke arah Arkan, “Ngarang.”
Arkan senyum tipis. Ini kalau misal Leon atau Danu yang dia katain gitu, udah pasti Arkan bakal langsung ngakak. Masalahnya ini Fero, gengsi lah kalau mau ngakak, meskipun muka Fero emang lucu banget. Seharian keringetan dan nggak mandi emang betah apa?
“Dah sono lo ganti.”
Fero jalan ke arah kamar mandi di dalam kamar Arkan. Mau nggak mau ya kan, daripada dia nggak nyenyak tidurnya gara-gara badan lengket semua.Tapi, begitu sampai di depan pintu, Fero diem nggak ngelanjutin langkahnya. Noleh ke arah Arkan, sambil tatap orang itu melas banget.
“Apa? Mau dimandiin?”
“Ck. Tolong bukain kaus gue.”
Ahh iya Arkan lupa. Tangan Fero kan lagi cidera dan lagi di gendong.
“Nyusahin banget lo kek Arin.” Meskipun ngomel, Arkan tetep jalan ngehampirin Fero. pelan-pelan ngelepas kaus kotor yang di pakai Fero. Arkan agak ngeri soalnya, ngeri kesenggol tangannya.
Dan pas kaus itu kelepas, terpampang kulit putih Fero. Ada satu hal yang buat Arkan mengerutkan kening heran. Luka di punggung Fero.
“Ini kenapa?”
Pertanyaan Arkan tak di jawab. Fero lanjutin jalan ke arah kamar mandi. Tak lupa buat ngambil kaus yang di pegang Arkan.
Sepeninggal Fero masuk ke kamar mandi, Arkan mengerutkan kening heran.
Punggung dengan banyak luka. Ada luka yang masih segar, ada pula luka yang udah mengering. Nggak mungkin kalau itu bekas tawuran. Tadi anak-anak Pelita Harapan cuma bawa balok kayu. Kalau balok kayu kena punggung Fero, nggak mungkin lukanya bisa kaya gitu. Sebenarnya, musuh Fero itu siapa aja? Kenapa lukannya bisa ampe begitu? Anak itu kan jago berantem? Tapi kenapa punya luka separah itu? Apa, itu kelakuan orang tuanya Fero?
KAMU SEDANG MEMBACA
SMA SATU NUSA ✔
Teen FictionTAMAT ✔ Simpelnya gini, kelas 10 alim-alimnya, kelas 11 bandel-bandelnya, kelas 12 tobat-tobatnya. Nggak ada yang spesial banget. Isinya cuma cerita si bedungal nakal yang hobi balapan sama tawuran. Alhamdulillah masih ingat Tuhan kok. Novel ditulis...