Mama dan Papa

8 1 0
                                    

Seminggu dirawat dirumah sakit. Dua berandal itu akhirnya pulang kerumah masing-masing. Mereka dijemput sama kedua orang tuanya masing-masing. Nggak ada drama macem-macem, Arkan langsung kena jewer sama mama pas mereka ada di parkiran. Ya gimana enggak, sebelum pulang Arkan sibuk ngedipin suster muda yang cantik banget. Sementara papa cuma bisa geleng kepala sambil bilang ‘hati-hati’ takut kalau kaki Arkan kesandung atau apapun itu.

Si Fero diem aja. Ikutan jalan dibelakang Arkan sama kedua orang tuanya. Sesekali ketawa pas liat Arkan diomelin mamanya. Emang anaknya ngadi-ngadi.

Sementara si bapak sama emak cuma saling pandang liat kelakuan keluarga Arkan yang kadang bikin orang geleng kepala. Tapi jujur, asyik banget keluarga Arkan tuh.

“Njing, inget obrolan kita semalem.”

“Arkan~ Fero punya nama.”

“Aduh aduh sakit ma jangan dijewer terus.”

Papa cuma geleng kepala pas Arkan diseret masuk ke dalem mobil sama mama. Terus balik badan buat elus kepala Fero. “Om pamit. Makasih udah mau laporin semua kegiatan Arkan selama di rs. Kamu cepet sembuh. Nanti kapan-kapan main aja kerumah kalau mau ketemu Arin.” Fero angguk kepala. Pas mau cium tangan si papa, papa iseng bisik pelan di telinga Fero, “jangan cuma cium anak om aja, pacarin juga lah.” Bisik papa yang buat Fero ngebeku seketika.

Kok tau?

Ya tau lah wkwkwk.


* * * * *


Sekitar 45 menit perjalanan dari rs ke rumah, Fero sampai juga di rumahnya. Udah nggak betah banget di dalem mobil. Sebenernya dia agak aneh sih, kok tumben papa sama mamanya jemput dia. Ngajak makan diluar juga lagi meskipun Fero tolak. Pokoknya aneh.

Fero yang udah masuk kamar langsung jalan ke arah meja belajar terus buka laptopnya. Disamping laptopnya ada banyak buku pelajaran. Bukan. Fero bukan mau belajar. Fero cuma lagi nyocokin data seseorang yang di dapet dari Yoga sama Leon.

Ya, dua gengs itu akhirnya akur. Nggak ada yang mulai ngajak akur duluan. Setelah kejadian magic mushroom yang dibawa Danu, mereka berenam makin lengket. Nggak tahu deh akurnya sementara atau selamanya.

Tok tok tok~

Pintu kamar Fero diketuk tiga kali.

“Masuk bi.”

Biasanya bi Inem yang ngetok, terus Fero bakal cerita panjang kali lebar, ya kaya sekarang.

Matanya masih ngadep fokus ke layar laptop, Fero mulai ngoceh, “Tahu nggak bi, musuhku si Arkan itu ternyata beneran kakaknya Arin. Terus semenjak di rs, Arkan tuh ada aja sikap konyolnya. Mana sering banget dapet jeweran dari mamanya.” Seperti biasa, bi Inem bakal diem aja dengerin Fero ngoceh. “Bulan depan aku tanding basket lagi bi, tapi males banget pake segala minta persetujuan ortu. Aku nggak usah ikut aja kali ya bi, mau jadi penonton aku. Sekali-kali mau lihat gimana junior ku tanding basket.”

“Jadi kamu udah senior nak?”

Tubuh Fero ngebeku. Reflek balik badan, terus pas lihat kalau yang masuk ke kamarnya bukan bi Inem, senyum nya langsung pudar.

“Ngapain?” Tanya Fero dingin.

Yang ditanya tiba-tiba gugup. Perasaannya sakit, soalnya cara Fero cerita ke bi Inem, sama cara Fero natap mamanya sendiri beda banget. Perasaan bersalah tiba-tiba muncul gitu aja.

“Mama buatin jus alpukat.”

Mata Fero tatap ke arah jus berwarna hijau di gelas panjang yang dipegang mamanya. “Aku nggak suka alpukat. Aku lebih suka jambu.” Ucap Fero, terus balik badan buat fokus lagi ke layar laptopnya.

Mama diam ditempat. Gimana bisa, dia yang ngelahirin Fero tapi dia juga yang nggak tau kesukaan Fero. Sakit cuy, lebih sakit daripada dibentak suami sendiri.

“Mama buatin ya.”

“Nggak usah.” Mood Fero hancur.

Mama nahan tangis. Jalan pelan ke arah Fero, terus duduk di ranjang anaknya. Matanya menatap ruangan bernuansa hitam putih itu. Dia baru tahu kalau Fero punya bola basket yang dipajang di atas meja belajarnya. Dia juga baru tahu, kalau disana ada foto masa kecil Fero yang lagi ketawa.

“Kamu mau tanding basket nak? Mama boleh nonton?”

Gerakan jemari Fero diatas laptop terhenti. Matanya panas pas dia denger suara lembut mama. Kapan ya terakhir kali mamanya bicara selembut ini sama dia?

“Aku nggak ikut.” Jawab Fero setelah ngumpulin banyak kekuatan. Jujur, hati Fero tiba-tiba sakit. Kayaknya dokter salah diagnosis deh. Masa palanya yang bocor tapi hatinya yang sakit.

“Papa udah tanda tangan persetujuan pertandingan kamu. Papa lagi atur jadwal buat nonton kamu tanding. Dan mama,” Ucapan mama ngegantung. Nggak disela sama Fero, karena jujur, Fero juga nungguin kalimat mamanya. “...mama udah nggak kerja sayang, mama mau nemenin Fero aja. Mama belajar banyak dari mamanya Arkan, jadi... kasih mama kesempatan ya nak?”

Fero diem nggak mau jawab. Lebih tepatnya nggak bisa jawab. Hatinya nyesek banget. Pengen teriak rasanya. Dia memang berharap kalau mama sama papanya bisa berubah, tapi pas udah berubah kenapa rasanya malah sakit banget ya?

“Ada dua kursi gratis buat orang tua. Langsung aja dateng sambil ngasih tahu walinya siapa.” Ucapan Fero buat kristal bening di mata mamanya terjun bebas.

Menghapus air mata yang ngalir di pipi terus menormalkan perasannya, mama ngucapin makasih ke Fero. Berbarengan sama itu, ponsel Fero berdering. Nama Arkan muncul di layar ponselnya, Fero buru-buru angkat telpon Arkan, terus ngambil jaket kulitnya, habis itu lari keluar rumah. Mengabaikan mamanya yang manggilin nama Fero sambil nanya dia mau kemana.

* * * * *


“Buru naik!” Teriak Fero dari balik helm nya.

Arkan yang udah 15 menit nungguin tuh anak di persimpangan deket kompleknya dengus kesel.

“Lama banget lo kaya perawan.”

Yang di protes tiba-tiba ngegas, buat Arkan hampir kejengkang.

“Pelan-pelan njing!”  Protes Arkan yang malah dapet senyuman jahil dari Fero.

“Lo tahu alamat nya kan?”

Arkan angguk kepala sambil benerin helm nya. “Daerah Bogor. Gue tahu letaknya. Tapi daerah sana agak sepi, jadi wajar kalau polisi susah ngelacak.”

Fero angguk-angguk. Ngecek bensin, sama rem motornya terus gas ke Bogor buat nyamperin Riko. Salah satu pentolan SMK Yadika yang udah ngebunuh Andika dan lagi ngincer Arin.

SMA SATU NUSA ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang