Chapter 08 [22 februari]

278 53 7
                                    

James menatap pantulannya di cermin, lalu menatap gelang pemberian Net yang belum dia lepaskan di pergelangan, menyisir rambut lalu pergi ke depan komputer. Malam itu diberanikannya membuka profil Enes Gema, yang sudah pernah melihat profilnya juga, tidak ada postingan apapun disana, sepertinya pemiliknya memang tidak berniat membuat akun. Lalu ponsel James berdering, nomer baru.

"Halo?"

"James bisa ngobrol sebentar? Ini Max."

James keluar dan menutup gerbang, jam sudah menunjukkan pukul setengah tujuh malam waktu James melewati jam dinding di ruang tamu barusan. James melihat Max melambai padanya, lalu mereka bicara di depan rumah James.

Ayah Net memintanya untuk melanjutkan sekolahnya di Jayapura, Jayapura adalah kota kelahiran ayah Net, dia akan tinggal bersama saudara-saudara ayahnya disana. Karena masalah lalu sudah membuat Net hampir saja dikeluarkan dari kampus, ia terpaksa harus pindah.

"Net itu suka sama kamu James, udah dari pas penerimaan mahasiswa baru, tapi pas liat kamu masuk gereja hari minggu ditahun yang sama, dia udah ga pernah ngomongin soal kamu lagi sama kita katanya 'biarin aja, sukurlah dia kalo taat, jadi makin naksir ntar aku kalo makin kenal orangnya sebaik apa nanti'

'dia mungkin udah ga inget aku lagi, Max... mana ada yang inget cowok botak yang ngasih air mineral sama dia pas dia mau pingsan disuruh lari sambil jongkok di lapangan'

"Dan Net seneng banget pas tau, tahun ini dia bisa juga deket dan ngobrol sama kamu, walaupun cuma sebatas rekan kerja. Malem itu dia semangat banget sampe harus bangun-bangunin anak-anak buat cepet berangkat latihan, tapi ditengah jalan keburu dihadang sama anak-anak alumni itu."

"James, kamu inget gak waktu motor kamu mogok, dia yang gantiin mesin sama perbaikin sendiri seharian, engga mau dibantu katanya buat James."

Max terkekeh mengingat kejadian malam itu.

"Dia nyuruh aku ke rumah kamu malem itu, abis dari rumah Miki. Katanya dia masih kangen tapi kamu udah masuk rumah, dan udah malem juga, masa ngobrol malem-malem... akhirnya dia nelpon aku buat nemenin dia sambil nunggu kamu tidur. Walaupun lagi sedih soal Miki, tapi kamu bisa bikin dia kembali bangkit, padahal malem itu kita udah mau nyerang. Dia bilang 'lupain aja soal dendam, doain Miki aja trus solat' gitu. Malem itu juga dia ngaku kalo dia udah sayang sama James, tapi engga berani bilang, dan engga ada gunanya juga karena James mungkin bukan takdirnya."

"Kenapa kamu engga bilang sama aku, soal dia mau pindah Max?" Tanya James.

"Max udah pernah mau bilang, cuma ga pernah ada kesempatan, lagipula si Net bakal tetep pergi juga, Jem."

James cuma bisa membisu. Jadi alasan Max mau mengobrol dengan James kemarin, ini.

"Apa James juga suka sama kawanku itu?"

James menyandar di bemper motor, Max duduk di trotoar, kendaraan yang lewat lalu-lalang membuat angin menerpa wajah mereka.

"James, Net pasti akan lebih lega kalo tau perasaan kamu sama dia belum terlalu dalam... jadi sebaiknya James engga perlu mikirin hal itu, Net pesen supaya kami temen-temennya buat janji jaga James disini, biar James engga lagi ngerasa seperti orang asing disini, bahwa James bisa ngerasa disini sama seperti rumah James di Manado, Nat udah tau juga."

James baru tahu malam itu, kalau antara Max dan Nat ada sesuatu, entah sejak kapan. James memberikan Max sebotol minuman jus jeruk, setelah meminumnya Max memohon diri dan pulang.

-o0o-

James menatap warna langit yang mulai abu gelap di malam hari. Sudah lewat pukul sepuluh malam, gerimis mulai berjatuhan dan menempel di kaca jendela.

Sesaat kemudian seluruh kota sudah hujan deras, hujan bulan Februari yang ditunggu James sejak awal. Tapi James baru sadar, hujan ini turun disaat yang sama hatinya terasa sunyi.

Langit seakan mengerti, James tidak bisa mengeluarkan air mata untuk meluapkan rasa rindu di dadanya untuk seseorang.

James beranjak ke tempat tidur, menutup seluruh tubuhnya dengan selimut tebalnya. Ia tidak bisa memejamkan matanya barang sedetik pun, ia terus terjaga sampai pagi.

"Bagaimana disana, Net? Kamu lagi apa? Aku ingin kesana juga, aku ingin ketemu kamu..." bisiknya dalam hati, saat di luar mulai terang dan suara ayam mulai terdengar berkokok lagi, hujan pun mulai turun lagi, baru James menutup kedua kelopak matanya dan menggulung selimut.

-fin.

Update: "years after", chapter khusus sudah tersedia🙂

februariTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang