********Macroeconomics is the branch of economics that studies the behavior and performance of an economy as a whole. It focuses on the aggregate changes in the economy such as unemployment, growth rate, gross domestic product and inflation.
It is also important to understand the limitations of economic theory. Theories are often created in a vacuum and lack certain real-world details like taxation, regulation, and transaction costs. The real world is also decidedly complicated and includes matters of social preference and conscience that do not lend themselves to mathematical analysis.
———————————-
Lisa's POV
Ditengah perjalanan menuju lantai atas, kulihat seorang wanita berumur sekitar 25 tahun-an sedang celingak-celinguk di koridor.
Sebagai murid yang menawan, eh bukan. Sebagai murid yang berprikemanusiaan dan baik hati ini, kuhampiri wanita tersebut. Siapa tau, ia adalah orang tua murid yang kebingungan mencari anaknya di sini.
"Annyeong-haseyo, sunbaenim. Apa ada yang bisa saya bantu?" Aku dengan senyuman termaniez-ku.
Awalnya dia sedikit terkejut dengan kehadiranku yang tiba-tiba, tetapi tersenyum kemudian.
"Annyeong. Ah, Benar. Aku mencari ruangan kepala sekolah, apakah kay murid disini?" Ia bertanya pertanyaan yang aneh menurutku, apa dia tidak melihatku dengan seragamku ini?
"Ah, ruang kepala sekolah rupanya. Ne, sunbaenim. Saya Lalisa Manoban. Baiklah, mari saya tunjukkan ruang kepala sekolah."
"Apa kamu tidak ada pelajaran sekarang?" Ia sedikit menolak penawaranku.
"Sedang tidak ada, sunbaenim. Jadi dengan senang hati akan saya antarkan sampai ruang kepala sekolah. Mari...?"
"Moon Ga-Young. Panggil aku Unnie saja. Aku hanya berumur 23 tahun." Ia menjawab sembari memberikan senyuman terlebarnya kepadaku.
"Ne, sunba-- Unnie."
"Hey! Ga-Young! Wohooo! Lama sekali kita tidak bertemu. Bagaimana di US? Huh? Kau melupakanku semenjak kau disana." Park Yoona, Wakil Kepala Sekolah ku tiba-tiba memeluk Ga-Young Unnie disebelahku.
"Eh? Lisa? Apa yang kau lakukan disini?"
"Annyeong Seongsaengnim. Ah, saya mengantarkan Ga-Young sunbaenim kesini."
Ga-Young Unnie menyenggolku kali ini. "Sudah kubilang tiga kali untuk memanggilku Unnie saja, kau keras kepala sekali, Lisa-shi." Aku hanya menggaruk tengkukku sambil tersenyum tipis.
"Baiklah, apa kau sudah memberitahu muridmu tentang olimpiade ekonomi bulan depan?" Yoona ssaem bertanya kepada Ga-Young Unnie yang membuatku kembali berputar dan tak jadi membuka pintu keluar.
"Eoh Lisa-shi? Aku lupa bahwa kau-lah yang mewakili Seoul untuk olimpiade ekonomi, hehehe." Katanya, " Kemari Lisa-shi."
"Lisa, perkenalkan ini Moon Ga-Young, dia adalah pekerja magang di kementrian pendidikan yang akan menemani sekaligus membimbingmu di US untuk olimpiade ekonomi nanti."
United States?
Bukankah olimpiadenya akan diselenggarakan di Busan?
•••••
KAMU SEDANG MEMBACA
Three of Us (JENLISA) G!P
ФанфикLalisa Manoban, nama yang berhasil meluluhkan dua hati sepasang saudari kembar, Jennie Kim dan Jane Kim. Akademik sempurna, ratusan prestasi berharga, dan sikap lemah lembut Lisa membuat Jennie dan Jane diam-diam menaruh perasaan yang hebat. Diapit...