Chapter 8

920 84 1
                                    

"Saya sudah menyarankan sebelumnya kepada pasien untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai idol atau setidaknya mengambil jeda jangka panjang, saudara Taehyung benar - benar harus mengurangi aktivitasnya demi kesehatan jantungnya" kata pria berjas putih di hadapan sang leader dan manager bts.

Terakhir Namjoon melihat Taehyung, namja itu masih tak sadarkan diri di ruang inap. Jin dan Hoseok tetap tinggal menemami pria itu sementara Namjoon dan manager Lee ikut bersama dokter itu ke ruangannya. Itu semua sudah tujuh menit yang lalu.

Namjoon menghelas napasnya, tak heran Taehyung menolak anjuran itu. Kim Taehyung yang sangat mencintai pekerjaannya.

"Bisakah dokter memberi tahu saya penyebab Taehyung bisa menderita stenosis aorta ini?" tanya Namjoon

"Penyakit ini adalah penyakit bawaan pasien. Namun pasien Taehyung pertama kali menerima diagnosanya setahun lalu. Umumnya, stenosis aorta akan diketahui saat lahir tapi kadang juga bisa tidak teridentifikasi hingga dewasa. Karena pada umumnya kecacatan jantung ini tidak akan menjadi masalah pada anak anak hingga penderita tumbuh dewasa" kata dokter

"Namun, pola hidup yang tidak sesuai juga bisa memperburuk kondisi jantung lebih cepat" kata dokter

"Tolong jelaskan padaku apa stenosis aorta itu, seberapa bahaya cacat jantung ini?" kata manager Lee, jelas pria itu sejak tadi hanyalah orang awam yang tak mengerti apa - apa selain Taehyung sakit. Terlihat jelas sedikit kefrustasian terlukis di wajah pria berusia tiga puluh tujuh tahun itu.

"Stenosis aorta adalah penyempitan pada katup aorta yang ada di jantung" jelas dokter sebelum meraih replika plastik jantung terbuka dan meletakkannya dihadapan kedua orang tersebut.

"Kondisi ini menyebabkan aliran darah dari ventrikel kiri ke aorta menjadi terhambat, sehingga darah menumpuk bukan hanya di ventrikel kiri, tetapi juga di bagian jantung yang mengalirkan darah ke ventrikel kiri, yaitu serambi. Gejala meliputi  pingsan, nyeri dada, sesak napas, jantung berdebar, serta cepat lelah sekalipun hanya melakukan kegiatan-kegiatan ringan" kata dokter sambil menunjuk bagian - bagian jantung itu dengan pulpennya.

"Katup jantung yang saya maksud berfungsi seperti pintu, dan katup aorta merupakan salah satu dari empat katup yang mengontrol aliran darah di dalam jantung. Katup aorta normal memiliki tiga helai penutup. Jantung mengirim darah kaya oksigen ke tubuh melalui katup ini. Semakin lama jantung dipaksa bekerja keras, semakin lemah juga jantung tersebut" lanjut dokter

"Jadi pada dasarnya, jantung pada pasien dipaksa bekerja lebih keras untuk memompa darah melalui katup dengan pembukaan yang sempit ini. Semakin lama, jantung akan menjadi bertambah besar dan melemah. Kondisi ini yang kemudian dapat membahayakan nyawa penderitanya" jelas dokter

"Dan Taehyung memiliki ini karena gen?" tanya manager

Dokter tersebut menganggukkan kepalanya, "Penyebab utama dari stenosis aorta adalah menyempitnya katup aorta. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sempitnya katup aorta. Faktor-faktor tersebut adalah cacat jantung bawaan atau penumpukkan kalsium pada katup. Namun melihat umur pasien yang masih dibawah 30 maka bisa saya simpulkan penyebabnya adalah yang pertama" kata dokter, "Pasien Taehyung juga bilang bahwa kerabatnya ada yang meninggal karena penyakit ini"

"Apakah ada berita baik dari hal ini? Apapun" tanya manager

"Apakah Taehyung benar - benar harus berhenti menjadi idol?" tanya manager lagi.

"Sebenarnya, stenosis aorta adalah hal yang umum. Terjadi sekitar tiga kali lebih sering pada pria daripada wanita. Penyakit ini adalah penyakit yang dapat dikontrol dengan mengurangi faktor - faktor risikonya." jelas dokter, "Yang artinya, selama Taehyung benar - benar memperhatikan kondisinya, ia tidak harus meninggalkan pekerjaannya sebagai idol"

Don't Say Goodbye || BTSTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang