Vote dulu sebelum baca, kak 🐐
"Emak, Gaston dah pulang, nih." Gaston ngetuk pintu rumah. Tangannya yang lain setia ngegenggam pergelangan tangan Mada. Mada gak tau apa tujuannya pegang-pegangan udah kaya mau nyebrang ini.
Pintu kebuka menampakkan seorang wanita paruh baya berdaster. "Jam segini udah pulang? Tumben bawa temen juga," heran emak.
"Iya, tadi pulang cepet, mak." Emak manggut-manggut aja, tampak percaya sama kebohongan sang anak. "Oh, iya. Kenalin ini Mada, mak. Temen Gaston di sekolah. Dia sekarang lagi sakit makanya Gaston ajakin ke rumah kita aja."
"Halo, Tante. Aku Mada temennya Gaston." Mada tersenyum ramah meski rasanya dia udah gak tahan berdiri lama-lama, lemes.
"Kenapa kamu bawa orang sakit ke rumah, Ton?" Bisik emak.
"Di rumahnya gak ada siapa-siapa. Gaston pengen ngurusin dia di sini."
"Tadi aku udah bilang biar dianter pulang aja, tan, tapi Gaston kekeh bawah ke sini." Mada jadi ngerasa gak enak.
"Udah, gak papa. Yuk, masuk sekarang. Kasian lu berdiri lama-lama." Gaston kembali melarik pelan pergelangan tangan Mada menuju ke kamarnya. Dengan hati-hati pula Gaston menuntun Mada duduk di kasur.
Sejenak tangan Gaston tergerak buat nyentuh jidat Mada, check suhu. "Masih tinggi banget panasnya. Ganti baju dulu, ya."
"Gak perlu repot-repot, Ton."
Gaston menuli. Dia mulai ngebuka lemari dan melihat-lihat baju yang cocok buat Mada. Pilihan Gaston jatuh pada sebuah kaos abu-abu berlengan panjang. Pemuda itu mengambil tempat di samping Mada lalu langsung membukakan kancing seragam Mada satu persatu. Bajunya terlepas gitu aja, menampakkan leher, bahu, dan perut Mada.
Gaston sempet tercekat, agak salting juga, sih, tapi dia cepet-cepet menepis semua perasaan itu. Gaston kembali fokus. Dia pasangin baju kaos tadi dengan telaten. "Udah selesai. Lu tunggu di sini bentar, ya."
Gaston keluar dari kamar terus balik ngebawa baskom berisi air serta handuk kecil. "Kok masih duduk? Padahal kalo rebahan juga gak papa, Mad."
Setelah denger omongan Gaston, Mada dengan suka rela merebahkan diri. Dingin Mada rasakan kala handuk kecil yang sudah basah tadi diletakkan di jidatnya. Mata Mada setia menatap langit-langit kamar. Kalo diliat-liat lagi, kamar Gaston jauh berbeda dari kamar miliknya sendiri. Kalo di kamar Mada langit-langit ada plafon sedangkan kamar Mada langsung ngeliat atap seng beserta kayu-kayu penyusunnya.
"Lu pasti laper, kan? Gua buatin bubur mau? Atau lu pengen makan yang lain?"
"Buset, Ton. Kan gua bilang gak usah repot-repot, gua jadi gak enak."
Gaston tersenyum tipis terus ngusap lembut rambut Mada. "Gua juga dah bilang kan bakal ngurusin lu. Kalo gua udah bilang gitu tandanya gua juga udah siap repot. Gua bakal bikinin bubur dulu." Pemuda itu berlalu tanpa basa-basi.
"Mak, lagi masak apa?"
"Masak sayur asem, nih. Kenapa? Kamu dah laper?"
"Gak, mak. Gaston pengen masakin bubur buat Mada. Ajarin, dong. Gak susah, kan?"
Emak mengenyit. Makin heran sama tingkah anaknya hari ini. Biasanya gak ada adab tiba-tiba baik gini, kesambet apa, ya? "Tumben, emak aja yang masak buburnya. Kamu duduk situ tungguin mat–"
"Tapi, mak ... Gaston pengen masak sendiri buat Mada. Ajarin aja, mak, jangan dimasakin."
Emak ngehela nafas. Sebenernya dia lagi sibuk ngurusin masakannya sendiri juga tapi karna Gaston mohon-mohon minta diajarin jadilah mau gak mau emak ngajarin. Beberapa bahan dan sedikit bumbu sudah disiapkan. Emak mengarahkan Gaston buat apa-apa aja yang dimasukin dan dilakuin. Cukup lama, tapi akhirnya bubur itu selesai. Gaston full senyum ngebawa hasil usahanya sendiri.
KAMU SEDANG MEMBACA
Nyasar {BXB} (Completed)
Teen Fiction"Mau minta tolong apa kamu?" Aezar meneguk ludah kasar lalu nyoba duduk dengan tenang. "Mbah bisa pelet orang?" "Kamu meragukan kemampuan saya?!" Mbah itu lagi-lagi ngegas. Badannya maju, jadi dia agak teriak pas di depan muka Aezar. Mana liur muncr...