Januari, Februari, Maret di hebohkan dengan banyak banget tes sertifikasi dari kampus, inget sampe ubun-ubun gimana riwehnya yang harus bulak balik kampus dan tempat kerja...
April, dihebohkan dengan deadline Tugas Akhir dan salah satu momentum yang kalau di reka ulang saat ini jadi senyum-senyum sendiri. Bukan karena apa-apa, saat itu lagi puasa dan dosen pembimbing aku ini ada waktu senggang untuk bimbingan hari itu dirumahnya, yang jaraknya jauh. Saking capek nya, karena sempat kesasar, kejebak hujan, laporan Tugas Akhir sebagian basah kena hujan. Hari itu kacau banget, mau pulang aja tapi dosen udah telepon katanya beliau nungguin. Gak ada pilihan lain selain bablas. Akhirnya aku nemu warung dan aku minum (gak sadar kalau itu puasa) tiba-tiba maghrib. Ekspresi aku saat itu "Ya Allah, astaghfirullah. Fitri lo kok bodoh banget!"
Sampe di rumah dospem itu isya, seperti kebanyakan mahasiswa pejuang sidang, lembaran Tugas Akhir dicoret-coret tandanya perjuangan kita belum selesai...
Hari itu aku berangkat jam 10 pagi naik busway, dan sampai rumah jam 10 malam....
Karena deadline yang tinggal deket, beberapa hari aku begadang sampai sahur, selesai subuh tidur sebentar dan lanjut kerja di jam delapan pagi. Dan dikerjaan, aku sempat hilang konsentrasi dan ngelakuin kesalahan sampai dapet complain dari customer selama 3 hari berturut-turut.
Masih di bulan April juga, aku kehilangan seseorang. Ada rasa kecewa, sedih, marah jadi satu. Ditambah kecelakaan saat mau berangkat kerja, bukan cuma aku tapi Ayah pun ikut juga, karena beliau antar aku kerja pagi itu. Kepala ku sempat dijahit karena bocor, alhamdulillah kita berdua masih selamat...
Akhirnya aku izin pemulihan selama satu bulan gak masuk kerja, selama pemulihan bukannya istirahat tapi fokus sama Tugas Akhir dan revisian.
Masih dibulan April juga, Ayah tiba-tiba di scors tanpa alasan yang jelas. Sebenernya aku gak tau masalahnya apa, yang jelas efeknya ekonomi keluarga saat itu parahnya luar biasa, ditambah biaya pengobatan yang mahal. Alhamdulillah masih dikelilingin temen temen yang jenguk ke rumah dan ngasih semangat.
Hai bulan April, cobaan kamu banyak banget! Aku dihantui rasa bersalah soal kecelakaan itu, kalau aja aku gak minta anter Ayah, mungkin Ayah aku juga gak bakalan ikut terluka....
MASIH BULAN APRIL tepatnya ditanggal 23 aku maju sidang. Sempat besar kepala karena dipuji habis-habisan sama penguji bahwa dari penulisan, metode, penelitian hampir sempurna dan dinyatakan lulus, tapi.... masih ada revisi lagi yang harus diselesaikan dalam kurun waktu satu bulan.
Ya, bimbingan lagi.....
Muak banget sumpah, tapi kalau diinget sekarang aku kangen masa-masa itu.
Mei, alhamdulillah aku udah mulai aktif kerja lagi. Dan soal Tugas akhir belum selesai bestie. Akhirnya aku diuji coba untuk mengubah metode penelitian oleh penguji tanpa mengubah judul dan juga rumusan masalah. Jujur, mau nangis nyari referensi sana sini, print ulang, salah, print lagi, begitu terus sampai kertas revisi numpuk. Sampai pada akhirnya 25 Mei Tugas Akhir aku diterima oleh penguji.
Satu hari itu super sibuk, jam tujuh aku udah dikampus buat minta tanda tangan penguji ahli, anggota penguji, sekretaris sidang, kepala akademik dan direktur akademik. Alhamdulillah semuanya lancar dan tinggal ngasih berkas untuk proses cetak. Selesai jam 11 siang, aku langsung berangkat kerja shift siang dan pulang malam.
Juni - September, Allah ngasih aku pintu rezeki lewat kerjaan yang aku jalanin. Dibulan itu Allah kasih keberkahan luar biasa, meskipun satu jam waktu rebahan itu amat sangat berharga dan harus digunakan semaksimal mungkin, tapi aku nikmatin prosesnya....
Dan karena Tugas Akhir aku sudah selesai, sidang juga sudah. Ada beberapa teman aku yang belum dan ikut tahap 2, aku ikut bantuin mereka. Sekedar pinjamin laptop, nemenin mereka ke kampus yang aku tau bulak balik itu rasanya cape, jadi aku ngerti dan paham kalau mereka ngeluh, karena aku juga sama.
Oktober, tepatnya ditanggal 4 aku wisuda. Bahagia, jelas. Karena moment ini aku juga ketemu sama Mama. Iya, mama gak tinggal serumah sama aku, beliau tinggal di Bandung sementara aku sama Ayah di Jakarta. Disisi lain, ada banyak pertanyaan dikepala habis ini aku mau ngapain? Aku mau jadi apa? Aku mau kemana?
November, masih ngejalanin rutinitas yang bangun pagi kerja pulang lanjut kuliah (karena aku memutuskan buat lanjut kuliah lagi) besok kerja, pulang kuliah lagi. Gitu terus, sampai akhirnya Ayah bilang "Kamu mau gini terus? Kerja disana? Kamu udah lulus loh."
FYI, aku gak mempermasalahkan pekerjaan apapun yang aku jalani. Meskipun aku sempet ngeluh cape, bahkan kaki rasanya sakit untuk berdiri, tapi aku seneng. Disana aku ketemu banyak temen yang suportif, aku bahagia juga. Tapi kembali lagi, aku hidup gak sendiri. Ada orang tua yang harus aku banggain, ada ade-ade aku yang harus aku perjuangin buat kedepannya, karena aku tau Ayah makin lama makin tua. Jadi aku memilih tinggalkan pekerjaan itu dan cari yang sesuai dan lebih baik.....
Desember, aku mulai kembali kerja ditempat yang baru. Disini aku sendiri, gak ada temen yang bisa aku ajak buat ketawa, ngobrol, cerita...
Bukan karena aku baru, tapi emang dari segi usia disana aku yang paling muda, sementara mereka sudah usia kepala tiga. Ngobrol pun nggak akan sejalan karena sudah beda generasi, ditambah ruangan kerja aku jauh sendiri. Tapi gak masalah, aku udah mulai terbiasa.
Sendiri itu jauh lebih baik, aku hanya perlu nikmatin aja proses kehidupan. Soal takut akan masa depan, semua orang pasti ngerasain hal yang sama. Jalanin aja, nanti juga selesai....
Buat temen-temen yang mau skripsian, atau sidang, semangat! Mungkin kalian ngerasa capekk banget, tapi yakin deh tumpukan kertas itu kalau kalian liat suatu saat nanti, kalian bakalan senyum sendiri. Itu hasil jernih payah kamu, kerja keras kamu jadi hargain, jalanin aja prosesnya....
Kenangan itu gabisa ulang, cuma bisa diingat aja. Jadi hargain setiap langkah yang kita jalanin....
Semangat!
KAMU SEDANG MEMBACA
Pijar Nirmala
RandomCome, Journal with me. Aku, tentang aku dan bagianku yang hilang...