IX

917 95 13
                                    

Dazai menatapku. Mata itu seperti pandangan tak berdasar di malam hari. Gelap, kejam, pendiam, tanpa henti menyedot orang dan tidak pernah melepaskannya.

Mata itu melihat setiap sudut ekspresiku. Aku merasa setiap sel ku diamati.

Aku ingin tahu berapa lama kita tetap diam seperti itu. Tiba-tiba, Dazai membuka mulutnya dan berbicara dengan nada serius.

"Kamu punya petunjuk, bukan?"

Aku membiarkan pandanganku mengembara di udara, lalu melihat pemandangan masa lalu yang tidak ada di sini. Aku sangat ingin rokok. "Ya."

"Kenapa kamu tidak mengatakan apa-apa?"

"Karena itu tidak masalah." Kataku, duduk di sebelah Dazai. "Tidak peduli apa kata orang-orang itu, lukisan itu tidak lagi berada di tangan siapa pun. Itu ada di tempat yang tidak akan pernah dipindahkan. Lukisan itu tidak akan kemana-mana, setidaknya tidak selama hidupku."

"Mengapa?"

"Karena aku memutuskan begitu."

Dazai mencoba mengatakan sesuatu, tapi dia berhenti. Kemudian dia membiarkan pandangannya mengembara ke tempat lain, seolah sedang mencari jawaban.

"Mengerti", kata Dazai, melihat ke depan. "Kalau begitu mari kita akhiri percakapan ini di sini dan bicarakan tentang apa yang akan kita lakukan selanjutnya."

Aku merasa aneh bahwa Dazai menyerah begitu patuh. Jika dia bisa membuatku membocorkan keberadaan lukisan itu, Dazai bisa keluar dari sini tanpa tergores. Tapi mata Dazai tenang, di dalamnya ada ketidakpedulian lembut dari seseorang yang telah mengambil keputusan. aku tidak bisa mengatakan alasannya.

"Jadi, apa yang kita lakukan selanjutnya?"

"Kabur." aku tegaskan. "Aku tidak punya alasan untuk tinggal di tempat seperti ini lagi."

"Itu ide yang bagus." Ucap Dazai sambil mengangkat kedua tangannya. "Tapi bagaimana caranya?"

Kami berdua diborgol. Borgol ini bukan mainan atau replika, itu adalah barang asli yang digunakan oleh polisi. Di atasnya, ada kunci di pintu masuk juga. Aku melihat pria yang baru saja membawa Dazai ke sini sedang mengunci pintu. Tidak salah lagi.

"Aku punya sesuatu yang bisa mengeluarkan kita dari sini." kataku. "Tapi ada juga satu hal yang aku tidak bisa berbuat apa-apa. Sebuah alasan."

"Alasan?"

"Kamu tidak ingin melarikan diri, kan?"

Dazai menatapku dengan ekspresi bingung di wajahnya. Lalu dia berkata, "Apakah kamu akan membantuku?"

"aku pikir aku akan melakukannya, tetapi Anda tidak punya alasan untuk melakukannya. Tidak ada alasan untuk menemaniku dan keluar dari sini."

Dazai melihat sekeliling. "Kamu benar. Aku masih bisa bunuh diri jika aku tinggal di sini. Jadi jangan pedulikan aku. Lari saja sendiri..."

"Aku akan membawamu bersamaku bahkan jika aku harus mengikatkan tali di lehermu."

Dazai menatapku, terkejut.

"Kamu ... Apakah kamu benar-benar pria yang memaksa?"

"Ketika datang ke hal-hal yang telah aku putuskan untuk dilakukan." kataku, memusatkan perhatianku pada tanda-tanda di luar. Sepertinya tidak ada orang di sisi lain pintu.

[Side A] Hari Aku Memungut Dazai [BSD LIGHT NOVEL]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang