Bunyi denting WhatsApp masuk berkali-kali. Beberapa message Joki Tugas, Me memenuhi tampilan layar ponsel Syena.
081234567xxx :
Kak, bisa dong joki tugas PPKN, deadline besok sore deh.
085622151xxx :
Kak, ujian real time untuk hari ini pukul 12.00 WIB apa bisa?
083125799xxx :
Halo, Kak. Aku mau joki tugas arsitektur kirim ke nomor rekening biasa ya?
Dan beberapa panggilan tak terjawab membuat Syena terbiasa dengan hal itu. Di kamarnya, Syena sibuk memindahkan beberapa lukisan ke kardus kosong. Syena menyeka keringat di dahi, meninggalkan bekas hitam karena debu di tangan. Wajahnya terlihat cemong, tapi tak mengubah paras cantik yang dimilikinya. Kardus-kardus yang sudah terkumpul rapi ia pindahkan ke lantai bawah. Bio datang dari arah luar dan membantu Syena.
"Mending kamu beresin yang lain, bagian angkat-angkat aku aja ya." Bio mengambil kardus yang dibawa Syena menuju lantai bawah. Syena mengagguk, ia memutuskan duduk di sudut kamar dan memilih lukisan untuk ia bedakan tiap genre. Bio kembali dan tertarik pada ponsel Syena yang berbunyi di atas meja, ia mengambilnya dan mengamati lama.
"Masih melanjutkan projek Joki Tugas, Me?" Syena menoleh pada Bio yang melayangkan ponselnya di udara. Gadis itu terdiam seakan tak ingin membahas.
"Syenara," ucap Bio lembut dari kejauhan. Syena terlihat berpikir.
"Bisa tidak, kalau kupikir-pikir dulu projek ini mau dikemanakan?" tanyanya lebih lanjut.
Bio mendesah, tak ingin berdebat. Syena melanjutkan aktivitas, memasukkan lukisan dalam kardus. Pada satu lukisan kecil, ia menemukan foto ukuran 4r yang tertempel di atas kanvas. Syena memandang foto itu lekat-lekat, gambar yang diambil setahun lalu wisuda bersama Bio.
Ingatannya kembali saat Bio dan Syena memutuskan foto dengan background graduation sambil memasang mimik muka bahagia. Diam-diam Syena mengenang kejadian kala itu. Betapa manisnya momen tersebut. Syena mengesampingkan foto dua orang dengan senyum lebar dan jari membentuk angka dua di sisi kanan. Bukan prosesi wisudawan yang membuatnya bernapas lega, tapi keseharian Syena selepas wisuda mampu merubah dirinya untuk semakin menghargai manusia.
KAMU SEDANG MEMBACA
Joki Tugas, Me!
Teen Fiction"Selanjutnya, Mahasiswa Berprestasi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Program Studi Arsitektur 2022 diraih oleh Ananda Syenara dengan IPK 3,70 cumlaude," ucap Master of Ceremony di hadapan seluruh wisudawan. Syena mendapat ucapan selamat dari B...