6

10.2K 1.3K 76
                                    

Vote dulu sebelum baca, yuk 💆🏽‍♀️

Pagi ini Wirga jalan sambil nenteng plastik. Mukanya datar dan biasa aja, tapi cowo yang lagi liatin dia malah ketawa-tawa kecil.

"Wirga!"

Wirga celingak-celinguk nyari sumber suara. Ternyata itu dari lantai atas gedung yang lagi Wirga lewatin sekarang. "Eh, Nanjan? Kenapa?"

Iya, yang negur Si Nanjan. Semenjak kejadian dansa malem itu, kemarahan Nanjan perlahan mereda. Dia balik lagi ke settingan awal. Meski kaya gitu, kelakuan cabul Wirga tetep gak bisa dilupain, sih.

"Mau kemana, Wir?"

"Ngelaundry, nih." Wirga ngangkat plastik yang ditentengnya.

Nanjan ngernyit. "Tunggu di situ, bentar." Pemuda itu berlari menuruni tangga buat nyamperin Wirga. Mata Nanjan menganalisis plastik bawaan Wirga.

"Lumayan banyak, tuh, kayanya. Pasti bayar laundry-nya juga lumayan. Dibanding ngelaundry, kenapa kamu gak nyuci sendiri aja?"

"Nyuci? Gua mana pernah, anjir. Di rumah ada pembantu."

Nanjan natap Wirga dari ujung kaki sampai kepala. Tampangnya mencemooh banget. "Gila, segede ini gak pernah nyuci? Kamu harusnya tetap belajar meski ada pembantu, hal-hal basic kaya gitu penting banget tau."

Wirga ngehela nafas. "Yaudah, ntar belajar. Sekarang gua ke laundry dulu."

"Dari sekarang aja belajarnya, Wir. Ntar aku ajarin. Kebetulan hari ini juga jadwal aku nyuci, nih."

Wirga sumringah dan langsung ngangguk-ngangguk semangat. Gak boleh dilewatkan kesempatan emas kaya gini. Diajarin nyuci sama bidadara? Uih~ kepala Wirga udah bikin skenario sendiri buat modusin Nanjan nanti. Setelah Wirga setuju barusan, Nanjan langsung ajak Wirga ke kamar kostnya. Kebetulan kamar mandinya juga masing-masing, gak campuran sama penghuni lain. Jadi mau nyuci kapanpun juga gak masalah dan gak antre.

Nanjan mendudukkan diri di deket kamar mandi, dia ngebuka plastik punyanya Si Wirga. Pemuda itu mengernyit jijik sambil mengangkat sebuah sempak.

"Kamu ngelaundry-in sempak juga?"

"Iya, emang kenapa?"

"Yang gini-gini, kan, bisa dicuci sendiri, Wirga!"

Wirga gedikin bahu, acuh. "Males."

Nanjan cuma bisa geleng-geleng kepala. Dia lanjut memilah-milah baju Wirga. Dia juga ngurusin pakaian punyanya sendiri yang mau dicuci. Nanjan jadinya mondar-mandir sibuk sama banyak pakaian. Wirganya malah anteng liatin Nanjan.

"Ini kita rendam dulu aja, biar semua kotaran dan najis bisa terhempas. Caranya gini."

Nanjan mempraktekkan cara ngerendam baju pake deterjen. Dia juga ngasih tau takaran-takaran yang pas biar deterjennya gak kedikitan atau kebanyakan. Gak lupa, Nanjan kasih tau Wirga baju mana yang bisa digabung sama yang gak.

"Gitu. Paham, kan?" Nanjan harus ngedongak buat natap Wirga karna dia sekarang duduk di kursi kecil sedangkan Wirga berdiri. Nanjan baru aja sadar, Si Wirga bukannya ngeliatin baju tapi malah ngeliatin dia! Yang lebih ngeselinnya lagi, Wirga ditanyain malah bengong aja.

"Woy! Paham, gak?!"

"Eh? Iya-iya. Lanjut, Jan."

"Liat, tuh, ke pakaiannya, bukan ke muka aku. Dah! Kita biarin aja dulu."

Si Nanjan nyuci tangannya udah gitu malah lari ngerebahin diri ke kasur. Wirga terkekeh liat kelakuan Nanjan, dia ikut duduk di samping Nanjan. "Sampai kapan, tuh, nunggunya?"

Jejaka Lokal {BxB}Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang