18

8.3K 843 54
                                    

Vote dulu sebelum baca, yuk 🧚🏻‍♀️✨

Pagi-pagi banget Wirga tadi balik ke rumah Om Tian. Saat ini pemuda itu sibuk menyeruput kopi sambil berdiri di dekat pintu. Pandangannya menyisir keadaan sekitar, masih sepi banget, kayanya belum pada bangun.

"Kalo minum, tuh, minimal duduk, lah, Wir," tegur Om Tian dari belakang sana. Wirga menoleh lalu menyusul duduk di sofa yang gak jauh dari Omnya.

"Kenapa pagi-pagi udah ngelamun?" Tanya Om Tian lagi sambil menyulut rokoknya. Rokok itu sempat ditawarkan pula buat Wirga, tapi Wirga menolak.

Wirga menghela nafas dan menaruh cangkir kopinya. Raut Wirga pagi ini bener-bener suram gak kaya biasanya. Siapapun yang liat udah pasti bisa nebak kalo Wirga lagi sedih. "Ayah udah ngechat saya, Om. Dia nanyain kapan pulang."

Om Tian terkekeh. Suara tawa berat itu kedengaran khas pria paruh baya banget. "Terus? Jadinya kamu kapan pulang?"

"Gak tau, Om udah bosen emang ngeliat saya di Kalimantan?"

"Bosen, sih, gak, tapi rumah kamu bukan di sini. Cepat atau lambat emang harus pulang, Wirga."

Wirga mengernyit, tampak gak setuju sama pernyataan si Om. "Kalo gitu caranya, saya mau bangun rumah lagi aja di Kalimantan biar gak usah pulang."

Tawa Om Tian lagi-lagi pecah. "Gak ada yang melarang, tapi minimal tanya Ayahmu, emang boleh kamu gak balik ke Jakarta?"

"Makanya itu saya masih mikir-mikir mau gimana buat ngatasin ini."

Om Tian geleng-geleng kepala, gairah anak muda emang gak bisa dikalahkan, punya pendiriannya sendiri. Gak bisa dipaksa-paksa buat ngikutin keinginan orang dewasa, apalagi Wirga ini lagi jatuh cinta, makin susah buat diarahkan. Kaya yang udah pernah Wirga bilang, sekalipun gak ada jalan buat ngeraih apa yang dia mau, Wirga masih sanggup bikin jalanan sendiri.

Cukup lama Wirga bincang-bincang sama Om Tian sampai akhirnya mutusin buat ke kamar. Dia perlu mikir dulu sebelum ketemu Nanjan. Rasanya gak tenang mesra-mesraan kalo masih belum nemu solusi. Asik ngelamun, Wirga segera tersadar pas denger suara teleponnya bunyi. Makin tertekan ngeliat tulisan yang tercantum di layar ternyata kontaknya Ayah.

"Kenapa, Yah?" Tanya Wirga tanpa basa-basi selepas ngangkat teleponnya.

"Kapan balik? Ayah tanya di chat kamu malah nge-read doang, sok cool banget."

Hening cukup lama, Wirga masih mempersiapkan diri buat ngomong kalo dia gak pengen pulang. "Yah, gimana kalo Wirga gak pulang lagi ke Jakarta?"

Hampir sama kaya Om Tian, Ayah Wirga pun tergelak. Pertanyaan Wirga kedengaran kaya bercanda, pasalnya dulu pas disuruh liburan ke Kalimantan, Wirga nolak banget, sekarang malah gak mau pulang, lawak emang Si Wirga.

"Gak bisa, lah. Kuliah aja belum kelar, mentang-mentang di sana gak ngapa-ngapain, malah betah."

Tatapan Wirga menyendu, udah ngeduga Ayahnya gak bakal semudah itu biarin Wirga tetap di Kalimantan. Dia lagi-lagi terdiam, nyenderin diri ke kepala kasur. "Bukan masalah gak ngapa-ngapain, tapi Wirga udah jatuh cinta sama orang sini, gak mungkin ninggalin dia, Yah."

Giliran Ayah yang terdiam sejenak, lumayan kaget. Omongan Wirga makin lama makin penuh kejutan, dari yang awalnya gak pengen pulang, udah gitu sekarang ngasih alasan karna jatuh cinta. Ayah tau Wirga agak gak mungkin ngelepas kesenangan ibu kota cuma gara-gara cinta, Wirga selama ini gak pernah serius menjalin hubungan, emang keturunan juga dari Ayahnya yang sama brengsek.

"Jatuh cinta? Gak percaya kamu mau tinggal di sana cuma gara-gara it–"

"Sumpah, Yah, kali ini Wirga serius. Cinta sejati Wirga udah ditemukan, gak main-main lagi. Makanya Ayah izinin Wirga buat tinggal di Kalimantan, ya?"

"Halah, cinta sejati, cinta sejati, mang eak? Ayah gak masalah kamu mau tinggal dimana aja, jatuh cinta sama siapa aja, selama kamu kelarin kuliah dan nerusin usaha keluarga kita dengan baik."

"Wirga pindah aja kuliahnya ke Kalimantan."

Ayah berdecak nyaring. Ada aja alasan yang dilontarin Si Wirga. "Nanggung, lagian kampus yang sekarang bagus, loh, Ayah gak mau kamu buang-buang uang cuma buat pindah-pindah kampus."

"Tap–"

"Pokoknya Ayah gak mau tau, secepatnya kamu udah harus balik. Kalo gak mau balik, Ayah sendiri yang nyusul ke Kalimantan terus nyuruh pacarmu buat mutusin kamu! Lagian kalo gak mau pisah, kenapa gak dibawa aja, tuh, orang?"

"Dia juga harus kuliah di sini."

"Yaudah, berarti kalian masing-masing fokus kuliah dulu, ntar kalo udah kelar masih bisa ketemuan, kan?"

Wirga ngedengus. Emang masih bisa ketemuan, tapi belum tentu hubungannya langgeng. Wirga takut Nanjan diambil orang lain kalo mereka LDR-an. "Kalo nanti dia lebih nyaman sama yang deket, gimana? LDR susah tau, Yah."

"Kalo dia sama yang lain, ya, kamu cari juga yang baru. Gitu aja kok susah. Dah, lah, Ayah harus sibuk lagi." Sambungan telepon diputus gitu aja sama Ayahnya Wirga. Handphone refleks dilempar, untung gak sampai jatuh dari kasur, jadi handphone-nya aman. Wirga mengusap gusar wajahnya, bukannya bisa diajak negosiasi, Ayah malah bikin makin kesel.

Gak bisa mikir sendirian lagi, Wirga mutusin ketemu Nanjan saat itu juga. Pas pintu kamar kost Nanjan terbuka, Nanjan tersenyum manis. Hati Wirga makin terombang-ambing, mana sanggup LDR lama-lama kalo Nanjan semanis ini. Wirga memasuki kost perlahan, dia kembali ngeliat sekitar dengan seksama, tempat-tempat ini yang bakal Wirga kangenin kalo dia gak di Kalimantan lagi. Wirga duduk ngeliat Nanjan yang kayanya lagi masak. Cukup lama, mereka cuma ngobrol-ngobrol kecil, Wirga juga nyaut seadanya doang kalo Nanjan nanya, pikirannya penuh.

"Makan dulu."

Makanan disajikan, lauk dan nasi Nanjan sendokkan ke piring Wirga. Kalo aja Nanjan nikah, pasti bakal jadi suami yang berbakti buat suaminya. Mereka makan meski Si Wirga kaya lemes banget, keliatan gak nafsu.

"Makanannya gak enak, Mabo?"

"Gak gitu, Milo. Abis ini kita perlu ngobrol banyak."

Sejenak Nanjan terdiam menatap Wirga, hawa-hawanya gak enak. Agak gugup kalo udah dibilangin kaya gitu, tapi Nanjan berusaha tenang. Dia ngelanjutin makannya, kelar makan juga masih sibuk nyuci piring dibantuin sama Wirga. Pas udah bener-bener gak ada kerja barulah mereka berdua menyiapkan diri buat ngobrol serius. Saat ini mereka duduk berhadap-hadapan. Wirga gak berani natap Nanjan, dia sibuk ngeliatin tangannya yang menggenggam kedua tangan Nanjan.

"Milo, kamu gak mau ikut aku ke Jakarta?"

Nanjan ngernyit, udah ngeduga bakal ada moment kaya gini, tapi gak nyangka bakal cepet banget. "Bukan gak mau, tapi gak bisa. Kalo aku ke Jakarta aku bakal susah nemuin keluarga aku di kampung. Sedangkan ngekost di sini aja rasanya udah susah ketemu mereka, apalagi sampai Jakarta."

"Jan, aku udah bilang ke Ayah kalo aku gak pengen balik ke Jakarta, tapi dia bilang harus tetap balik buat nyelesein kuliah."

Nanjan mengangguk pelan, raut wajahnya seketika ikut suram. Wirga jadi ngerasa bersalah. Sesuatu di dalam sana rasanya ikut nyeri ngeliat Nanjan yang sedih gini.

"Aku bakal usaha lagi buat bujuk Ayah. Dia kayanya gak ada masalah sama hubungan kita, tapi itu tadi, aku harus kuliah dulu yang bener biar bisa lanjutin bisnis keluarga. Kita usaha dulu biar aku bisa tetap di sini, ya? Kalo gak bisa ..."

"Kalo gak bisa, aku gak masalah, kok, LDR."

Wirga natap Nanjan kaget. Nanjan emang mungkin kuat LDR, tapi Wirga? Dia gak sanggup jauh-jauh dari Nanjan, ditambah lagi rasa takut Nanjan diambil orang lain, tertekan banget kalo emang harus LDR. Wirga menarik Nanjan ke dalam pelukannya, di saat kaya gini mereka harus menguatkan satu sama lain, makanya pelukan kali ini terasa erat seakan-akan ini pelukan terakhir.

Waduh, Wir 😁☝🏼
Jangan lupa vomentnya~

Jejaka Lokal {BxB}Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang