Part 3 Perburuan Tumbal

71 9 4
                                    

Part 3
Perburuan Tumbal

Di Sebuah Desa di Pinggir Alas Kidul, Zaman Kerajaan Hindu

Hujan deras yang mengguyur sejak sore tadi membuat suasana desa semakin sunyi. semua warga memilih berdiam diri di rumah masing-masing. Selain udara dingin bulan hujan yang menusuk, mereka juga merasakan hawa berbeda dibandingkan malam-malam sebelumnya.

“Bengi iki kok rasane ono sing beda yo, pakne (Malam ini kok rasanya ada yang beda ya, Pak)” Ucap Martini, salah satu warga yang tinggal tidak jauh dari rumah Sundari.

“Beda piye to Bune?(Beda gimana to Bu?” Jawab Karso.

“Sampeyan opo ora ngrasake to, Pakne? Sepine wingi iki ora koyo wengi-wengi liyane. Hawa atis iki yo ora koyo biasane. Ditambah udan kawit sore ora terang-terang agawe ndhedhep giris (Sampeyan apa tidak merasakan to, pakne? Sepinya malam ini tidak seperti malam-malam yang lain. Hawa dingin ini juga tidak seperti biasanya. Ditambah hujan sejak sore tidak kunjung reda membuat suasanya sunyi semakin mengerikan)” Sungut Martini.

“Iyo aku ugo ngrasake, Bune. Wis gegenen ngene yo rasane isih prindang-prinding wae. (Iya aku juga merasakan, Bune. Sudah ada perapian begini rasanya masih terus merinding saja)”. Karso menimpali.

“Sampeyan opo uwis mireng biwara babagan Sundari, Pakne? (Sampeyan apa sudah dengar berita tentang Sundari, Pakne?)” Tanya Martini dengan suara lirih.

“Sundari anake Yu Prapti?” Karso bertanya balik.

“Iyo”

“Sundari kenopo, Bune?”

“Jare wong-wong, Sundari iku duwe toh jiwo (Kata orang-orang, Sundari itu mempunyai toh jiwo)” Ucap Martini seketika membuat Karso terperanjat bahkan hampir terjengkang dari dingklik yang di dudukinya.

“Sing ngati-ati nek ngucap, bune. iso-sio lambemu dikampleng demit mengko. (Hati-hati kalau bicara, bune. bisa-bisa mulutmu ditampar demit nanti)” Ucap Karso usai memperbaiki posisi duduknya supaya lebih nyaman.

“Aku iki mung nyampeke biwara lha kok malah disumpahi dikampleng demit to pakne (Aku ini cuma menyampaikan berita lha kok malah disumpahi ditampar demit to pakne)” Sungut Martini sambil memonyongkan mulutnya.

“Ora ngono maksudku, Bune. lha sampeyan iki nek ngomong kok yo sembarangan. Sampeyan opo ora ngerti opo iku toh jiwo? Opo meneh kok ngomongke wong liyo duwe kui. Iso dadi geger gedhen iki ngko desane dewe. (Bukan begitu maksudku, Bune. Lha sampeyan kalau bicara kok ya sembarangan. Sampeyan apa tidak tahu apa itu toh jiwo? Apa lagi kok membicarakan seseorang punya itu. bisa-bisa jadi rusuh ini nanti desa kita)” Ucap Karso.

“Aku mung nyampeke opo sing wis dadi omongane warga, pakne. (Aku cuma menyampaikan apa yang sudah jadi bahan omongan warga, pakne)” Jawab Martini.

“Opo wis ono buktine? (Apa sudah ada buktinya)” Tanya Karso.

“Yoo aku ora ngerti, pakne. (Yaa aku tidak tahu, pakne)” Jawab Martini.

“Opo meneh durung ono buktine. Ojo sampe mengko dadi maekani. Wis ora usah melu-melu! (Apa lagi belum ada buktinya. Jangan sampai nanti jadi fitnah. Sudah tidak usah ikut-ikutan!)” Tegas Karso.

“Tapi pak.......”

“Wis ora usah diteruske! (Sudah tidak usah diteruskan!)” Potong Karso.

Martini pun terdiam usai karso mengucapkan kalimat terakhirnya setengah membentak diiringi dengan tatapan matanya yang tajam.

“Mbok... aku kebelet” Ucap seorang gadis kecil yang tiba-tiba sudah berdiri di pintu yang menghubungkan dapur dan ruangan utama rumahnya.

“Yo kono ning mburi to Sih. (Ya sana ke belakang to Sih)” Ucap Martini.

Bulan Hujan Dan Perempuan di Sudut Taman (Tamat)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang