Entah sudah berapa kali Kei harus menanggung kesialan karena motor satria yang ia naiki. Setelah sebelumnya sudah berusaha keras sampai ngesot-ngesotin pantat biar nggak sampai nemplok ke Hagi—meski itu berpengaruh hingga punggungnya terasa encok—kini, ia harus menanggung sakit juga di area pantat karena jatuh nyusruk diseruduk sondesip alias kambing.
Sehabis survei lokasi perkebunan, Kei dan Hagi memutuskan untuk langsung pulang, karena udah terlanjur basah juga. Eh di tengah jalan, tiba-tiba aja banyak kawanan kambing yang lewat. Nggak lebay, kawanan sondesip ini benar-benar mengagetkan, tanpa aba-aba langsung nyelonong lewat.
"MINGGIR MINGGIR! DOMBA SAYA MAU LEWAT!"
Otomatis Hagi yang nyetir kagok dong, cowok itu sampai ugal-ugalan nyetirnya. Kei dalem hati udah yang kayak, 'mampus nih mampus udah ninggoy ntar lagi' tetapi, dengan tangkasnya Hagi belokin si satria hingga berakhir nyusruk di rerumputan. Untung aja nggak ada yang kenapa-napa, palingan cuma si satria yang penyok dikit.
"WADOH WADOH ADA YANG NYUNGSEP ETA TOLONGIN WOI-WOI!" Tergopoh-gopoh, orang yang ngangon mbek tadi mendekat, bersama beberapa petani yang mendengar teriakannya.
"Mbak sama Mamas-nya nggak papa?" Si Bapak nanya sambil bantuin Hagi dan Kei berdiri bergantian. Sedangkan petani yang lain bantu berdiriin si satria.
"Saya minta maap banget yak, tadi domba-domba saya udah pada ngacir duluan sebelum dapet komando dari saya, jadi saya nggak sempet meriksa jalan sekitar, makanya saya teriak tadi. Eh taunya Mas sama Mbak-nya lewa—LOH YASHA?"
"Mang Babeh?!" Kei melotot kaget. "Bukannya Mang Babeh masih pergi belanja kata Oma?"
"Iya, baru aja udahan belanjanya, terus Mamang lupa keluarin nih para mbek, makanya saking lapernya sampai nyebar brutal kayak tadi." Mang Babeh jelasin, lalu beralih ke petani lainnya, ia berbasa-basi sedikit, ngasih tau kalo Kei ini cucu dari bos-nya. Setelahnya, para petani itu balik ke tempat semula untuk melanjutkan pekerjaannya.
"Oiya, Neng Yasha pulang kapan? Kok Mang Babeh nggak tau? Terus enih siapa?" tunjuknya pada Hagi yang masih sibuk bersihin rumput yang melekat di tubuhnya.
Belum sempat Kei menjawab, Mang Babeh duluan menyela dengan cengiran menggoda. "Oh, Mamas-nya Neng Yasha ya? Wih Neng Yasha udah mau diminta nggak kabar-kabarin Mamang."
Diminta di sini maksudnya adalah dilamar.
"Apaan diminta! Enggak Mang dia buk—"
"Kenalin Mang, nama saya Hagi. Hagian Jagawana, orang yang ditaksir Yasha."
"Tuh 'kan bener! Mamas-nya Neng Yasha ya kan?"
"Iya, Mamas-nya Yasha."
Di luar dugaan, Hagi malah mengaku dengan pede sambil cengengesan, hal itu bikin Kei melotot murka. Sejak kapan Hagi mulai pintar mengerjainya balik seperti ini? Wah ini nggak bisa dibiarkan!
"Nggak ya Mang, nggak gitu! Dia bukan Mamas-nya Yasha!"
"Terus apa? Ayang-nya Yasha gitu?"
"BUKAN JUGA! DIA BUKAN SIAPA-SIAPANYA YASHA!"
"Kalo bukan siapa-siapa kenapa bisa naik motor boncengan gitu? Apalagi naik satria, motor yang dikenal sebage motor modus." Mang Babeh meledeknya sambil menaik-naikkan alis, bikin Kei jadi mati kutu.
"Kenapa sih semua orang pada mikir kalo Yasha mau dilamar?!"
"Ya abisnya, Neng Yasha nggak pernah tuh bawa cowok ke rumah. Takutnya sekali bawa langsung mau dilamar gitu."
"Terserah deh, pokoknya nggak ada satu pun pernyataan Mamang yang bener."
"Tapi naksirnya beneran tuh." sela Hagi, bikin Kei pingin menguliti cowok itu sekarang juga karena Mang Babeh makin semangat meledeknya.
"Ciyee ciyeee Neng Yasha dah main cinta-cintaan aja. Kapan nih tanggal resminya?"
"Nggak ada tanggal-tanggalan ya, Mang." Kei mencoba mengalihkan perhatian Mang Babeh. "Itu sondesip Mamang udah kocar-kacir tuh. Mending Mamang balik jagain mbek deh, daripada ntar ilang dikarungin orang."
"Woiya sampe lupa. Bentar dulu, Neng Yasha pulangnya gimana?"
Kei sama Hagi refleks memperhatikan bagaimana bentukan motor yang mereka tumpangi. Bagian depannya yang tadinya kayak bebek sudah sedikit penyok dan ban belakangnya entah bagaimana sudah kempes tak berbentuk.
"Motornya udah iwir tuh."
"Iwir?"
"Innalillahi Wa Innalillahi Roji'un." Mang Babeh ketawa. "Tinggalin aja di sini, ntar Mamang yang bawa ke bengkel."
"Terus Yasha pulangnya gimana?"
"Mau nggak mau ya tukutukutuk naik sendal alias jalan kaki. Lagian udah nggak jauh dari rumah, harusnya Neng Yasha kuat sih atau mau Mamang pinjemin kudanya Pak Erte? Tapi dia suka ngiha, pilihan terakhir ya minta gendong si Mamas."
Penjelasan panjang lebar Mang Babeh bikin Kei sama Hagi cuma bisa bengong.
Mang Babeh beralih ke Hagi. "Mamas-nya tolong jagain Neng Yasha ya, jangan sampe nyungsep lagi kayak tadi."
Lalu begitu saja, Mang Babeh ngelayap pergi mengawasi para sondesip-nya. Pas Mang Babeh udah nggak keliatan, Kei buru-buru memelototi Hagi.
"Apa-apaan maksudnya tadi?"
"Apa?"
"Mamas-nya Yasha. Berani-beraninya lo ngomong begitu!"
"Loh, bukannya itu yang lo pamerin ke anak sekelas waktu itu?"
"Y-ya nggak kudu dipamerin ke Mang Babeh juga kali. Lo tau 'kan di sini itu masih masuk pedesaan?"
"Terus?"
"Orang desa biasanya nyeriusin hal-hal kayak gini. Bisa-bisa, mereka percaya kalo gue udah dilamar sama elo!"
"Terus gimana? Mau langsung disegerakan gitu?"
"Cocot lo ya!"
"Dah ah, ayok cepet pulang." Hagi nyela. "Anginnya makin kenceng dan baju kita masih basah, ntar lo masuk angin."
Setelah Hagi ngomong begitu, barulah kerasa kalo angin sedari tadi menyapa tubuhnya. Baju mereka masih lembab karena kesiram di kebon tadi, jadi makin berasa dinginnya. Yaudah deh tuh, mereka jalan bersisian. Tak ada yang memulai perbincangan lagi setelahnya.
Makin lama, angin terasa makin kencang, mana model baju yang Kei pakai sekarang adalah model sabrina, jadi angin tersebut sangat bebas menyapa bahunya yang terbuka, membikin Kei mulai mengigil. Cewek itu menggosok-gosokkan kedua telapak tangannya untuk mengusir dingin.
Hagi yang menyadari gerak-gerik Kei nyeletuk pelan. "Kayaknya lo kedinginan banget, gue mau kasih jaket tapi jaket gue sama basahnya."
"Terus?"
"Tangan gue hangat."
"Ya?"
Hagi nggak jawab, cowok itu langsung meraih telapak tangan Kei lalu menggenggamnya.
"I'll keep you warm."
Kei nggak berkutik. Lebih tepatnya, cewek itu kehilangan kata-kata. Selain karena hangatnya tangan Hagi langsung menyebar di kulit telapak tangannya, hati Kei juga turut menghangat.
***
anjay kuatkan hatimu kei menghadapi cwk gemini :)
26 Agustus, 2023.
ifira.
KAMU SEDANG MEMBACA
Strawberry Eclairs ✔
Roman d'amourIni hanya tentang Kei yang diam-diam menyukai Hagian. Menjadi fangirl Hagian sejak jaman maba tidak lantas menjadikan Kei menaruh harapan berlebih pada cowok itu. Jangankan mengajak berkenalan, menyapa saja Kei tidak berani. Kei hanya sanggup mengkh...