Malam hari, Sendu sedang duduk di depan rumahnya sembari merokok. Sesekali ia mengecek handphone nya yang sangat sepi; tidak ada notif. Memang akhir-akhir ini, Sendu dan Senjani masih berkomunikasi, tetapi tidak sesering dulu waktu ia masih berpacaran dengan Senjani.
Pikirannya sedang rumit. Selain memikirkan perasaannya dengan Senjani, ia memikirkan tentang masa depannya setelah nanti lulus. Tinggal 2 bulan lagi ia lulus SMK dan ia tidak ada planning ingin kerja dimana. Mas Adam datang menemani Sendu yang sedang melamun sendirian, "woi.. ngapain si ngelamun? Bukannya jalan lo sama Jani." ucap Adam pada adiknya Sendu.
Sendu memang memperkenalkan Senjani kepada semua keluarga Sendu, termasuk ibu dan Adam. Sejak bulan pertama mereka berpacaran, Sendu langsung memperkenalkan Senjani pada ibu dan keduanya sangat dekat seperti seorang ibu dengan anaknya. Bahkan, ketika Senjani sudah mengobrol dengan ibu, Sendu merasa dicampakkan oleh dua perempuan yang ia sayangi itu. Namun, ia sangat senang, perempuan yang ia sayangi bisa mengambil hati ibunya.
Tetapi, saat Sendu dan Senjani putus, Sendu sengaja tidak memberi tahu kepada ibu dan Adam kalau ia sudah tidak bersama dengan Senjani lagi. Sendu mencoba mengalihkan pembicaraan. "lo kagak gawe mas?" katanya
Adam tertawa, "yailah, masih aje ngaliin pembicaraan..."kata Adam. "gue liat-liat udah beberapa bulan jani kagak pernah maen kesini? Ampe ibu nanya ke gue.." kata Adam sembari merokok
Sendu sedikit terkejut, mendengar ibu menanyakan tentang Senjani pada Adam, kakaknya. "ibu bilang apaan" tanya Sendu penasaran
"katanya, mas kok Jani jarang kesini yaa.. jarang wa ibu juga. Padahal biasanya, Jani sering wa ibu nanya Sendu lagi dimana.. tapi kok, ini gak pernah yaa.." jawab Adam yang membuat Sendu memasang wajah sedih.
"lo berdua ada masalah apaan? Perasaan gue liat-liat bae-bae aje lo" lanjut Adam yang kepo
"gue udah putus sama Jani, mas." Jawab Sendu pasrah
"lah ko bisa, kapan?"
"bulan November kemaren."
"pantesan muke lo kusut mulu dari kemaren-kemaren.. terus ibu gatau?"
"ya kagak. Makanya ibu nanya ke lo. tapi ibu gak pernah tanya-tanya ke gue mas"
"ya mana gue tau. Lagi lo putus ngapa si? Cewek kaya Jani diputusin, bego amat." sahut Adam
"gue.. jalan sama Arsi." jawab jujur Sendu dengan rasa bersalah
Adam hanya menggeleng-geleng kepala melihat kelakuan adiknya. "Ndu, kalo merasa hubungan lo gak patut buat dipertahanin.. mending lo putusin dari awal. Jangan diselingkuhin.." Adam menasihati adiknya
"gak tau mas guee.. gue suka sama Arsi juga udah dari lama sebenernya. Cuman muncul rasa pengen pacaran sama Arsi waktu gue pacaran sama Jani.." jawab Sendu.
Adam menjitak kepala Sendu. "goblokk" kesal Adam. "lo gak bisa kaya gitu. Lo cowo, harus punya pendirian. Kalo lo udah milih Jani, yaa fokus ke Jani aja. Lo boleh milih cewek yang cocok diajak berjuang bareng, tapi lo jangan pernah selingkuhin cewek, Ndu. kalo cewek udah diselingkuhin, perasaannya gak akan pernah balik seperti diawal pacaran."
"tapi gue masih komunikasi sama Jani" kata Sendu
"emang lo yakin hatinya bisa kayak dulu lagi?"tanya Adam membuat Sendu terdiam. Bener juga –batin Sendu
"mungkin sekarang lo sama Jani masih bisa komunikasi, tapi gue yakin hati Jani udah gak ada buat lo.. hati cewek tuh gak bisa lo mainin Ndu.. coba Jani diposisi lo, lo diposisi Jani. lo kecewa gak?"
"yaa.. iya sihh.."
"nah, kalo mau bertindak itu mikir dulu dua kali, resiko apa yang bakalan lu terima nanti.."
"tapi lebih sakit ngeakhirin baik-baik mas. Gue gak tega ngeliat dia nangis."
"yang namanya berakhir gak ada yang baik-baik aja didalam satu hubungan."
Sendu terdiam, "kasih tau ibu.." kata Adam
"gak.." tolak Sendu dengan cepat, ia tidak ingin ibunya kecewa dengan apa yang ia lakukan ke Senjani, karena Senjani sudah ibu anggap sebagai anak perempuannya.
"kasian ibu Ndu, nanyain ke gue terus. Ibu juga udah anggap Jani anak perempuannya." ucap Adam, sendu terdiam dan berpikir
Ibu Sendu dan Senjani sudah sangat dekat. Bahkan, ibu Sendu sering mengajak Senjani belanja keperluan dapur bersama Senjani tanpa Sendu. Dan, Senjani pun sering jalan bareng bersama Cantika, calon istri Adam, jika Adam gak bisa menemaninya untuk jalan.
Senjani memang cepat akrab dengan orang lain, jika orang lain menyambutnya dengan baik dan tulus. Mungkin, jika alm ayah Sendu masih ada, Senjani bisa jauh lebih dekat dengan alm ayah Sendu. Karena mereka mempunyai hobi yang sama yaitu menulis dan membaca buku. Tetapi, kini hanya menjadi kenangan yang dikenang oleh Sendu.
*****
Senjani sedang asik bermain handphone di kamarnya. Tetapi, tiba-tiba bapak mengetok pintu kamar Senjani.
"masuk aja Git.. biasanya juga nyelonong" teriak Senjani yang tidak tahu kalau itu bapak
"bapak mbak.. boleh masuk?"
"ehh.. masuk aja pak, Jani gak kunci ko."
Bapak masuk dan duduk disamping Senjani. "kenapa pak? Tumben banget ke kamar Jani?"
Bapak tersenyum dan mengelus kepala Senjani, membuat Senjani bingung dan heran. "emangnya bapak gak boleh ke kamar anak bapak sendiri? Lagian mbak di kamar mulu sih.."
"abisan Jani bingung mau ngapain hehe.. ibu di kamar atau di ruang tv?" tanya Senjani
"di kamar.. mbakk.." ucap bapak yang mulai serius
"yaa..?"
"kalau mbak kuliah disini aja gimana?"
Senjani terkejut, badannya lemas dan kaku. "kenapa pak? Kan bukannya bapak setuju kalau Jani kuliah di Semarang?"
"iyaa.. tapi setelah bapak ibu pikirin mateng-mateng, lebih baik mbak disini aja yaa.. kuliah di Tangerang aja.."
"kenapa pakk? Alasannya apa?" Senjani menahan air matanya untuk tidak menangis. Kuliah di Universitas Negeri Semarang adalah impian yang Senjani dari dulu impikan. Namun, ketika bapak tidak mengizinkan imipian Senjani menjadi hancur,
"kalau mbak mau kuliah di Semarang, terus terang bapak sama ibu gak sanggup."
Senjani menangis depan bapak. "pak, Jani gak banyak jajan ko. Jani juga niatnya untuk kuliah bukan yang macem-macem.."
"iya bapak percaya mbak.. tapi bapak ibu gak bisa.."
Senjani terdiam dan menangis. Langkah kakinya untuk mencapai mimpinya terhenti oleh keadaan. Tetapi ia tidak bisa memaksakan keadaan juga. Detik ini membuat Senjani bimbang untuk memilih masa depannya.
"Jani mau keluar, cari angin." Ucap Senjani, lalu tanpa salam Senjani pergi mengeluarkan motor dengan air mata yang mengalir.
Langit yang baru saja membuat pintu kamarnya, memanggil Senjani yang sedang berlari sambil menangis. "mbakk.. Agit numpang charger.. ehh tuh anak kenapa lagii?"
"jangan lari-lari mbakk. Ntar kakinya kumat lagiii.." teriak Langit mengingatkan
Saat ingin kekamar Senjani, bapak keluar dari kamar Senjani. "bapak? Mbak kenapa?"
"biarin mbak kamu tenang.. lagi butuh sendiri.." ucap bapak yang turun ke bawah
"kenapa sihh? Heran bener ni keluarga penuh teka teki.." ucap Langit yang masuk ke kamar Senjani untuk mencharger handphonenya.
KAMU SEDANG MEMBACA
DUA SENJA
Teen Fiction"aku suka sama kamu.." "lo gausah suka sama gue, gue cuma bisa nyakitin lo doang." "aku bakalan berusaha buat kamu suka juga sama aku.." "jangan ngasih hati lo ke orang yang gak tepat. gue gak bisa ngasih kepastian sama lo. dan gak akan pernah mungk...