Malem ini hawanya kerasa dingin banget, mungkin efek abis hujan seharian tadi.
Para penghuni kost kelabakan, karena baju bersih mereka udah abis dalem lemari. Sebenernya yang udah abis bajunya cuma sebagian sih, kayak Junkyu, Dobby, Jeongwoo, Jaehyuk. Tapi yang ribut satu kost. Kenapa? Ya karena baju mereka juga pada gak kering, udah seminggu pagi-siang-sore hujan mulu. Kecuali Si Ruto sih, dia kan bajunya dicuci emaknya.
Karena yang lainnya gak mau berbagi baju sama yang udah gak punya baju, akhirnya malem-malem mereka nyuci berjamaah. Dan disaat-saat yang menggentingkan kayak gini, mesin cuci kost rusak, plus mati lampu juga sekomplek, berakhir semuanya nyuci diluar. Liat aja, besok pasti ada yang masuk angin.
"Nyuci yang rajin ya!" ledek Ruto yang sekarang lagi liatin temen-temennya nyuci di halaman kost. Disebelahnya ada Yoshi yang geleng-geleng kepala sambil nyeruput teh anget.
Junkyu, Dobby, Jaehyuk nekuk muka mereka, sambil lanjut nyuci ngucek pake tangan. Jeongwoo gak panik, soalnya Ruto sebagai bestai yang baik ikut memberikan cucian Jongu ke pada sang ibunda. Durhaka memang!
Tapi malem ini si Jongu toples gak pake baju, cuma pake kolor kuningnya aja. Apa gak dingin tuh?
Orang-orang yang bajunya gak kering kayak, Cio, Hyunsuk, Jihoon, Asahi, Yedam, Sapi-- ehh Junghwan bikin pengering baju dari tong sampah baru yang Bu Lilis beli 2 hari lalu, bawahan tong sampahnya Jihoon bolongin gak tau pake apaan. Mereka gantung si tong sampah nya di tiang gazebo pake tali tambang, masukin baju basah mereka, terus tutup pake piring, si tali mereka puter, dan... yashhh air dari pakean basah itu muncrat kemana-mana, ahahahahahaha~
Tapi cara ini berhasil buat baju mereka lumayan kering.
"Tangan gue udah keriput banget ini, gawat kalo gue penuaan dini.." keluh Jaemet sembari melihat tangannya yang sudah memerah dan keriput.
"Yaelah, gue juga udah cape nyuciiii.. mana numpuk lagi baju gue!" Junkyu ikut mengeluh, tapi mau bagaimana lagi, baju kerjanya belum dicuci.
Omong-omong kerja... Mereka tuh sebenernya kerja~~ Udah jangan tanya kerja apa, nanti kalian tau lagi.
"Gue mau laundry, tapi sekarang tengah menuju akhir bulan, bejirr lah!" Dobby ternyata mau adu nasib ges.
"Dulu, kalo mati lampu gini.. Gue ada alesan buat gak ngaji, terus ngobrol bareng satu keluarga sambil ngemil rengginang, adek gue maen lilin sambil bakar rambut dia sendiri. Hahh, tapi semenjak ortu gue cerai, udah gak ada obrolan random malem lagi." curhat Junkyu yang udah berhenti nyuci sambil mandang langit gelap yang gak nunjukin bulan selama seminggu ini.
"Gak papa bang Jun, sekarang lo punya kita buat diajak ngobrolin janda blok C hehe~" sudah pasti Dobby.
"Dulu, gue juga pernah ampir bakar rumah pas mati lampu, wakakak.." kata Doyoung ikut bercerita, sambil ketawa cekikikan.
"Wih, udah otak kriminal ternyata si Dobby dari dulu!" komentar Jihoon yang udah selesai sama urusan baju basahnya.
"Eeehh, itu kan ampir bang!"
"Kok bisa sih Dob?" tanya Hyunsuk yang sekarang lagi bagian dia ngeringin baju.
"Gue kan baru balik maen, keluarga gue serumah tuh udah pada ngebo, pas gue lagi maen hape mati lampu. Gue inisiatif baik dong nyalain lilin, lupa gue gak pake piring buat bawahannya, si lilin gue taro di atas kulkas. Bangun-bangun gue linglung, wkwkwk malu banget gue ke ayah sama bunda waktu itu. Kulkas rumah gue jadi bolong dikit atasnya, untung gue cuma diceramahin gak di usir dari rumah wkwk.." cerita Doyoung sambil ketawa-ketawa.
"Doy, tukeran ortu kuy!" celetuk Ruto.
"Kagak bersyukur lu To, kurang baek apa Bu Lilis sama pak Bayu?" kata Yoshi nempeleng pala si Ruto cangkir teh.
"Ssshh, aduh bang Ochi mah kekerasan mulu sama gue." aduhnya sembari mengusap-usap kepalanya.
"Kalo di kampung gue dulu, mati lampu gini tuh sering ada maling---" cerita Jeongwoo terpotong oleh teriakan para warga blok sebelah yang sedang lari-lari sambil teriak..
"MALING! MALING MALINGG!!!!"
"Baru tadi mulut gue ngomong..."
"AYOKKK KEJAR MALINGNYA!!!!" seru Junghwan semangat.
"WUUUUUUHHH MALINGGG!!!"
Akhirnya mereka main kejar-kejaran sama maling.
•••
tbcehekkkk
KAMU SEDANG MEMBACA
BAWA SANTUY || TREASURE ot.12
Fiksi PenggemarKosan anak Trejo yang selalu rame tiap harinya... jangan lupa feedback, aku liat ada yg baca aja seneng apalagi klo ada yang vote plus komen:)) Start: 12 April 2023