Bahaya plagiarisme

2K 174 42
                                    

Karena sebelumnya ada yang menjiplak book ini, aku bakalan kasih tau Reader Sebab, Akibat dan bagaimana cara menghindari menjiplak atau memplagiat karya orang lain.

1. Tidak kreatif
2. Terlalu malas
3. Kurang Kompetitif

Yups, itu semua merupakan sebab dari seseorang menjiplak karya orang lain.

Tapi ada juga nih satu sebab yang membuat orang lain 'dicap Plagiarisme'

Yaitu pemikiran yang sama.

Mungkin reader ada yang bertanya.

"Bukannya Book Fanfic juga termasuk menjiplak?"

Ada sebagian orang atau bahkan banyak orang yang pasti berfikiran sama.

Ada beberapa hal yang harus Author patuhi ketika membuat Book Fanfic.

Yaitu: menjelaskan sumber dari mana ia terinspirasi
dan mengelompokkan karya nya pada Genre Fan Fiction
(Fiksi Penggemar)
Ada lagi? Ayo komen →

Sekarang Akibat dari menjiplak

Menurut hukum pidana, undang undang nomor 28 tahun 2014 tentang hak cipta menjelaskan bahwa secara normatif kegiatan Plagiarisme akan dikenakan sanksi baik itu sanksi pidana denda atau sanksi pidana penjara.

Cara untuk menghindari Plagiarisme.

- Mencari referensi dengan banyak membaca buku Ilmiah maupun Fiksi yang dimana kamu tertarik untuk membacanya.

Kamu juga bisa kolaborasi untuk mengembangkan suatu karya yang ingin kamu kembangkan, namun kamu masih bingung dengan pertanyaan 'harus bagaimana kedepannya'

Dengan berkolaborasi, Pikiran kita akan lebih terbuka dengan Ide ide baru yang disarankan oleh orang yang kita ajak berkolaborasi

Terakhir aku kasih bonus tutor yang mungkin Para author juga udh pada tau sih.. tapi kayaknya ini bakalan berguna bagi para newbie

Cara membuat karya semakin menarik

Yang pertama adalah membuat judul semenarik mungkin. Selain judul yang tampil menarik, hal ini bakalan memudahkan Readers untuk mencari Book kamu dari sekian banyaknya karya yang ada.

Membuat deskripsi dan mencantumkan tags yang sesuai
Deskripsi juga penting looh bikin orang orang tertarik dengan karya kamu. Kadang kadang para Readers juga mempertimbangkan gaya penulisan dari suatu Book.

Ekhem yang kayak gitu—
Aku sendiri sih

Lanjut untuk bagian Tags cantumkan Tags sebanyak mungkin yang berkaitan dengan karya yang kamu buat hal ini juga bikin Algoritma Wattpad seketika membuat karya kamu jadi terkenal.

Sekian informasi dariku~
Semoga orang orang terinspirasi~

Dan sekali lagi
Aku Nggak mempermasalahkan Author yang menggunakan Book ini sebagai (Pacuan utama alur NHC)

Aku malah seneng mereka bikin versi mereka sendiri dan pake Book ini buat Pacuan alur

Arachi? Owkay Bubayyy~

Police [Night Has Come × Reader]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang