Terima Kasih (Lagi)

3 2 0
                                    

Suatu siang yang panas, aku berteduh di dalam kelas. Demi melindungi diri dari sengatan sinar matahari yang entah menurutku semakin hari semakin panas. Aku berjalan ke depan kelas untuk menghidupkan kipas tua yang tampaknya sudah tidak terlalu berfungsi lagi untuk mendinginkan kelas.

Tiba-tiba, ada adik kelasku yang masuk ke dalam kelas dengan terburu-buru, sehingga ia menabrakku yang hanya planga-plongo nggak jelas melihat tingkah lakunya. Aku kemudian membantunya untuk mengumpulkan berbagai macam kertas-kertas yang kini jatuh berserakan.

"Terima kasih, kak." kata adik kelasku tersebut. Setelah itu, ia buru-buru pergi dari kelasku yang lumayan panas dan ribut.

Dan, satu kalimat itu, yakni kalimat "terima kasih" tadi, berhasil membuatku kembali planga-plongo lagi. Kalimat itu seolah-olah mengajakku untuk memahami makna dibalik kata "terima kasih".

Tak sadar, aku merenung. Ternyata kita sebagai manusia sangat membutuhkan kata terima kasih.  Kata terima kasih menurutku, hadir untuk memberikan dukungan moral bagi orang yang sedang kesusahan atau salah satu cara untuk menghargai orang yang usahanya tak dihargai.

Memang sepele, tapi hal tersebut memiliki makna yang besar bagi orang yang mengalami kekecewaan dalam hidupnya. Kata terima kasih hadir untuk memanusiakan manusia yang seringkali lupa bahwa ia adalah manusia. Memberikan mereka (orang yang kesusahan) semangat sehingga mereka mampu untuk kembali menjadi dirinya sendiri setelah sekian lama tenggelam dalam samudra kekecewaan.

Jadi, menurutku, salah satu bentuk untuk mengahargai sesama manusia adalah dengan mengucapkan terima kasih atas perbuatan yang telah kita terima.

Terima kasih karena telah berjuang sejauh ini.
Terima kasih karena telah bertahan sehebat ini.
Terima kasih karena telah menjadi tempat untuk menceritakan keluh kesah ketika lelah dalam berjuang.
Terima kasih karena telah menyertai langkah ini.

Terima kasih atas segalanya!

:)


Kamu Gapapa?Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang