8. MUSIM KEMARAU TIBA

38 3 10
                                    

kasih kata kata untuk hari ini 😱???

ଘଓ HAPPY READING ଘଓ

Tiupan angin lembut menerpa pepohonan rindang meliuk-liuk seakan menari menyambut para orang-orang yang berlalu-lalang.  Benua yang dikenal suka akan kebersihan siapapun yang melewatinya sepanjang jalan akan merasa damai menimbulkan suasana sejuk dan terkesan khas zaman Romawi.

Seperti biasa para pemuda akan pergi ke gunung mencari kayu bakar sementara para lelaki tua akan pergi ke ladang dan para istri sebagian di ladang atau pasar adapula yang memasak menyiapkan makanan siang untuk dihantarkan kepada sang suami tercinta. Akhir bulan ini para pekerja keras di benua Geuardo seringkali mengalami kerugian besar dikarenakan sudah memasuki musim kemarau.

Pada musim kemarau, petani perkebunan maupun petani padi juga menghadapi banyak tantangan, seperti kekurangan air selama musim kemarau dapat menyebabkan tanaman perkebunan mengalami kekeringan. Tanaman yang membutuhkan banyak air seperti kopi, teh, kelapa sawit, dapat mengalami penurunan produksi yang signifikan atau bahkan mati jika tidak ada pasokan air yang cukup. Selain itu gangguan pada irigasi, karena kurangnya pasokan air yang cukup, sistem irigasi yang digunakan oleh petani perkebunan mungkin tidak berfungsi secara optimal. Saluran air yang kering atau aliran air yang berkurang menjadi masalah serius yang dapat menghambat penyediaan air kepada tanaman.

Kerugian paling besar kerap kali penyebaran hama dan penyakit, Musim kemarau dapat memicu penyebaran hama dan penyakit pada tanaman perkebunan. Tanaman yang mengalami stres akibat kekurangan air menjadi lebih rentan terhadap serangan hama atau infeksi penyakit, yang dapat mengurangi produktivitas dan kualitas tanaman.

Pengeringan tanah, tanah yang kering akibat musim kemarau dapat menyebabkan kurangnya ketersediaan nutrisi bagi tanaman. Nutrisi di dalam tanah tidak dapat larut dengan baik jika air tidak tersedia dalam jumlah yang cukup, sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Bisa-bisa para pekerja di benua bisa kehilangan pekerjaan dan pendapatan serta gagal panen akibat musim kemarau akan berdampak pada kehilangan pekerjaan dan pengurangan pendapatan petani perkebunan. Tanaman yang rusak atau gagal panen akan menyebabkan kerugian finansial bagi petani dan mungkin mempengaruhi kemampuan mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kini kita beralih dengan Raja Gorgeous dan Ratu Valerie.
"Yang Mulia bagaimana cara supaya rakyat tidak gagal panen, bagaimanapun kita harus bisa membantu tidak mungkin kita bersenang-senang sedangkan rakyat dibiarkan menderita kekeringan. Bukannya masukkan yang kita dapat namun malah mengalami kerugian. Jika ini terjadi terus-menerus selama lima bulan..."

"Berhentilah berbicara Valerie!" potong Raja sedikit emosi.

"Yang Mulia, untuk sementara kita dapat memanfaatkan air dari sumber alam dan pegunungan untuk mengisi irigasi dan danau sebelum kekeringan, kita perintahkan para prajurit untuk menyaring air supaya mengalir bersih ke sumur para rakyat. Segera berikan pengumuman supaya rakyat tidak resah" ujar Ratu Valerie. Itu memang sudah

"Wahai Ratu, aku tidak menyangka memiliki istri cerdas. Sementara kita coba ide mu dahulu dan aku akan turun membantu serta mengawasi keadaan para rakyat" ucap Raja seraya membelai lembut sang Ratu.

"Sudahlah aku geli" rengek Ratu.

cup!

Satu kecupan mendarat ke bibir istrinya.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jul 24 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

KERAJAAN GORGEOUS [Fantasy]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang