2. kakek kumat

108 27 2
                                    


"Ya coba aja tunggu sampe kakek meninggal..."

Elang menghela napas waktu kakeknya kembali ngomongin hal itu lagi. Dia capek. Banget. Asli.

"Kek... Elang bakal cari, tapi nanti dulu. Sekarang Elang belum mapan banget, rumah aja belum ada." Kata Elang, nyoba buat sabar.

"Soal rumah tuh gampang, kamu bawa aja istrimu tinggal disini."

"Kayak bang Malik sama bang Jay? Ngga deh. Yang ada berantem mulu ntar."

"Lagian kek, gak ada perempuan yang mau satu rumah sama ipar, apalagi sama mertua." Lanjut Elang.

"Loh ada... Tradisi kita dari dulu gitu kan? Kamu lihat mama mu, tinggal di rumah kakek sampe punya cucu kayak sekarang." Jawab kakeknya.

"Lagian ya, mama mu itu beda sama mertua yang ada di luaran sana. Lihat istri-istrinya abangmu, ada gak yang gak betah tinggal disini? Nggak kan, bahkan sampe mereka kasih cicit ke kakek. Bisa tuh, jangan banyak alesan Lang."

Lagi-lagi Elang cuman menghela napas.

"Iya kakek..."

Sementara kakek yang liat wajah Elang kayak tertekan itu menepuk pundak tegapnya.

"Umur kakek udah tua Lang, udah mulai sakit-sakitan terus... Cucu kakek yang belum nikah tinggal kamu, kakek takut gak kesampaian liat kamu ke pelaminan Lang..."

"Abang mu pas seusia mu itu udah punya anak, apalagi Jay. Dia nikah pas umurnya masih 23, awet sampe sekarang... Di coba dulu, hidup sendiri terus itu gak enak Lang."

Elang mengangguk-angguk. Di iyain dulu aja.

"Iya kakek... Nanti Elang coba buat cari ceweknya dulu, kakek istirahat ya?" Katanya sambil beresin kembali obat-obat yang abis di minum kakek.

"Jangan lama-lama, jangan terlalu pilah-pilih.. takut kakek keburu---

---kakek... Tidur ya?." Elang selimutin kakeknya.

Sementara kakeknya cemberut, kakek lihat jam yang menunjukkan pukul empat sore.

"Sore, kenapa kakek suruh tidur?."

"Karena kakek gak tidur siang." Kata Elang, habis itu langsung keluar dari kamar kakek.

.
.
.

Selesai bersihin alat makan kakeknya, Elang pergi duduk temenin abangnya di teras rumah sore itu.

Sambil ngehela napas Elang duduk, yang ngebuat abangnya jadi noleh.

"Kenapa? Ohhh hahaha."

Belum sempet Elang jawab, udah ketebak sama abangnya yang kedua ini.

"Lo disuruh kawin ya??."

Dan tebakannya bener.

"Bang jangan ketawa lah... Pusing gue nyarinya." Kata Elang sambil pasang muka melas.

Jay nahan tawanya kemudian berdehem. "Makanya gue dulu ngebet nikah muda. Gak mau gue di teror kayak bang Malik."

"Kakek kan dari dulu gitu. Kalo penyakitnya udah kumat berasa umurnya udah gak lama lagi, ujung-ujungnya pengen liat cucunya nikah." Lanjut Jay

"Lu baru ngerasa di bebanin sekarang-sekarang Lang? Dulu santai aja tuh kalo kakek kumat." Lanjutnya lagi.

"Ya dulu gue nya juga baru lulus kuliah, kerja belum tetap. Jadi masih selow. Kalo sekarang gak ada alesan lagi bang, umur udah mau kepala tiga. Bingung ini..."

"Mana ibu juga ikut-ikutan lagi" lanjut Elang.

"Ya cari..."

Jawaban kurang memuaskan dari Jay ngebuat Elang emosi. "YA GIMANA CARINYA ANJAII???."

nikah randomTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang