Bab 38 - Bulan Purnama Bintangnya ke Mana? (2)

16 2 0
                                    

Girl, close your eyes
Let that rhythm get into you
Don't try to fight it
There ain't nothing that you can do
Relax your mind
Lay back and groove with mine

(Rock With You - Michael Jackson)

Di kala sebagian mata milik individu-individu di Kota Bandung memilih terpejam, para petualang malam justru sibuk bersolek siap-siap berpesta. Meskipun Ale bukan termasuk golongan mereka, tapi dia juga pengen dandan menggunakan, baju, celana dan sepatu terbaik. Gak lupa juga menyemprotkan parfum andalannya, Lacoste Essential Sport empat kali ke badan, dua kali ke baju, pergelangan tangan, tengkuk dan satu kali semprotan ke udara.

Ale harus bergegas datang ke salah satu tempat hiburan malam dalam rangka menunaikan tugas mulia. Fomo Cafe yang bakal jadi tujuan Ale. Dia dapet amanah dari kantor buat liputan event "Kliwon Night Party" di situ.

Sebelum datang ke lokasi, Ale baca chat dari public relation (PR) Fomo Cafe. Dia dikasih tau, kalau Kliwon Night Party adalah event yang selalu digelar setiap malam jumat Kliwon. Di mana pengunjung wajib pake outfit bergaya macam-macam hantu.

Ale bingung, soalnya dia gak punya pakaian model hantu begitu. Tadinya nekat mau bikin gundul rambutnya biar kaya tuyul. Tapi Ale takut pingsan kalau ngaca ngeliat wajahnya sendiri. Karena jas satu-satunya lagi dicuci, akhirnya Ale milih pake outer coklat di atas kaos putih polosnya. Dalam imajinasinya, kalau kerahnya dinaikin ke atas plus modal rambutnya yang potongan slick back pake pomade bakal keliatan mirip dracula.

Tapi dia gak pede, soalnya malah lebih mirip Eric Cantona daripada dracula. Eh, pada kenal kan sama Eric Cantona? Pokonya dia pemain bola asal Prancis yang jadi salah satu legendanya Manchester United. Nah kerah di jersey sepak bolanya juga suka dia angkat ke atas. Ngomong-ngomong, gak penting juga ya nyeritain si Cantona. Oke, lanjut...

Tapi tau kan meskipun gak brilian, Ale itu punya ide sama akal yang gak sempit. Cerdiknya Ale, dia ngambil spidol item di dalem lemari terus bergegas masuk ke dalam WC buat nyari kaca. Dia bikin bulatan tepat di keningnya lalu dikasih titik tebal tepat di tengah biar menyerupai gambar mata.

"Nah jadi Dajal aja lah. Biar hantu yang ada di Fomo Cafe semuanya salim terus pada pengen traktir, bener gak?" Ale ngangkat alis kanannya ke refleksi wajahnya sendiri di depan cermin. Dia monolog soalnya lagi gak ada yang nemenin. Kasian.

Setelah itu dia ngeliat pergelangan tangan kirinya, tapi gak ada jam yang nempel di situ. Hingga akhirnya mata Ale dikasih tau sama ponselnya sendiri kalau sekarang udah jam 10 malem.

Setengah jam jemput Adisti, setengah jam lagi pergi ke Fomo Cafe. Ale yakin gak akan telat. Namanya juga wartawan, ditambah request dari kantor minta dibikin empat artikel. Jadi dia harus datang lebih dulu ke lokasi daripada pengunjung yang lainnya.

Helm retro klasik sekarang udah nempel di kepalanya. Raungan motor vespa ungu yang akan dia kemudian juga udah terdengar konstan. Ale pergi meninggalkan Pondok Bianglala, ngebesut gas dengan penuh perhitungan.

Traffic light di jalanan kota Bandung lagi baik hati. Ale sama sekali gak nemuin lampu berwarna merah. Hijau terus tanpa hambatan sampai di rumah Adisti.

Perempuan yang mulai hari ini deket lagi sama Ale itu udah nunggu di depan teras. Ale jadi inget beberapa bulan ke belakang. Jemput Adisti, terus agak dijutekin sama mamahnya. Mudah-mudahan saat ini gak gitu ya. good luck.

"Adistinya ada? Main yu," ajak Ale manja ngerasa dirinya masih jadi bocah. Padahal udah gak pantes.

"Ale mau main? Ajak dong," balas Adisti tersenyum.

Mata Ale nangkap Adisti yang pake dress item dengan totol putih. Katanya sih niru outfit serial televisi Wednesday Addams. Ale belum liat film itu. Jadi gak tau baju yang dipake Adisti otentik atau gak sama si Wednesday.

"Bagus sih Dis. Bener, jangan jadi suster ngesot. Soalnya pasti banyak tar yang peke outfit itu di lokasi," kata Ale.

"Iya sih Ale. Tapi ngomong-ngomong kenapa itu gambar matanya pake bulu? Lentik pula. Masa ada Dajal tapi centil?" tanya Adisti sambil nunjuk kening Ale.

Ale langsung ngeliat ke spion motor soalnya gak ngerasa udah nambahin bulu mata pake spidol. Begitu diperhatiin lebih dekat, ternyata bagian atas lingkaran gambar mata di kening Ale seperti bekas terkena busa helm.

"Ah, ini sih variasi," ucap Ale lantas pamit ke ibu sama ayahnya Adisti buat ngajak anaknya itu liputan sampe dini hari.

Melihat ibunya emang lebih cuek dibanding ayahnya yang bela-belain meluk sama cium pipi Adisti sebelum pergi. Ale tersenyum ngeliat pemandangan itu.

"Udah jangan nangis ya," ucap Ayahnya Adisti.

"Yee.. siapa yang nangis. Udah ya, Disti pergi dulu," Adisti seperti yang gak mau keliatan manja ke orang tuanya di depan Ale.

Ale melambaikan tangan dengan lambat ke Ayahnya Adisti. Ngasih kode kalau pergerakan tangannya itu artinya "Dadah".

"Hati-hati ya Adisti, ya Ale hati-hati," teriak Ayah Adisti sambil membalas lambaian tangan Ale. Dadah juga.

Dengan keahlian berprasangkanya, Ale bisa ngedenger suara hati Ayahnya Adisti. "JAGA ANAK GUA YA ALE, JANGAN SAMPE LECET SEDIKITPUN ATAU KAMU SAYA SIKSA."

***

Dekorasi Fomo Cafe malam hari ini jauh dari kesan syahdu. Hingar bingar justru udah ketara sejak pintu masuk. Lampu-lampu warna-warni yang bergelayut berputar-putar mengikuti dentuman beat asyik dalam kendali seorang Disk Jockey.

Sulit membedakan mana hantu asli atau hantu palsu di tempat ini. Bisa jadi semuanya asli. Atau semuanya hantu palsu dari golongan manusia yang punya kelakuan kaya hantu asli. Entah. Ale gak mau ambil pusing. Yang penting bisa menangkap momen dulu buat dibikin berita.

Adisti juga mesen minuman rasa peach khas Korea dengan kadar alkohol 13 persen. Sementara Ale cuma neguk air mineral. Dia gak minum Bir, soalnya belum dianterin ke meja.

Sementara matanya jeli ngeliatin orang-orang yang kakek nenek kita menyebutnya sedang beraktivitas ajojing. Kapan lagi liat hantu menari. Cuma di event Kliwon Night Party ini.

"Dis, ada nenek gayung. Coba liat itu. lebih mirip neneknya Upin-Ipin ya," Ale ngajak Adisti berjulid ria.

"Di sana juga ada Hulk itu," tunjuk Adisti ke seorang pria dengan badan dicat ijo semua.

"Hush.... Mak Lampir itu. Eh buto ijo ya? Tapi Dis, perasaan hantu-hantu dari Indonesia itu kebanyakan kasian ya?" teriak Ale karena suaranya kalah sama suara musik.

"Kasian kenapa sih?"

"Liat itu suster ngesot, dia gak bisa jalan. Kakinya kenapa? Kasian. Terus itu sundel bolong, punggungnya kan juga luka. Kasian. Pocong juga gak bisa jalan sempurna, dia loncat-loncat berarti ada masalah kan sama kakinya," jelas Ale wajahnya serius.

"Berarti yang gak kasian itu tuyul ya?"

"Tuyul juga kasian Dis. Dia gak bisa dewasa-dewasa. Apa dia stunting ya? Kurang dapat gizi seimbang?" mulut Ale nahan senyum.

"Ale, aku harus ketawa atau nyubit kamu?" Adisti pilih nyubit meskipun Ale belum ngasih pilihan.

Entah berapa kali Adisti sama Ale ketawa riang. Keduanya milih duduk daripada ikut jingkrak-jingkrak berbaur dengan hantu lainnya. Bahagia, itulah mereka berdua meskipun Ale dan Adisti bukan sepasang kekasih.

Hingga akhirnya, Kliwon Night Party usai digelar. Ale juga udah nyiapin empat bahan artikel dari event unik yang diadain Fomo Cafe ini. Udah waktunya Ale nganterin Adisti ke rumahnya.

Di tengah jalan, bulan masih keliatan cemerlang dengan sempurna. Memang sedang purnama. Tapi Ale gak bisa ngeliat di mana letak bintang. Mungkin cahayanya kalah sama bulan. Sekalipun bintang itu ada di angkasa, Ale gak mau tengadah ke atas sana. Bukan gara-gara takut nabrak lantas gagal menjaga Adisti selamat sampai tujuan. Tapi sesekali ngeliat spion motornya dalam perjalan ini lebih bikin bahagia daripada aktivitas mencari bintang di langit seperti biasanya. Karena ada pantulan wajah Adisti yang tertangkap sama mata Ale. Kadang Adisti dan Ale tersenyum saat kedua mata bertemu di spion bundar itu. Dini hari ini ternyata indah.

Ada Monyet di Bianglala [On-Going] [Komedi Romantis]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang