RASANYAbaru kemarin Ale jadi Mahasiswa Baru. Ingatan Episodik-nya menjelajah ke enam tahun silam. Saat usianya masih 18 tahun lebih 11 bulan dan 29 hari. Sedang lucu-lucunya. Eh, sedang labil-labilnya. Sekarang Ale 24 tahun dan masih labil.
Kenapa ya selalu aja ada senior yang nyebelin ketika ospek? Seperti si Mamet contohnya, yang baru hari ini juga bisa ikut wisuda. Dia telat lulus. Sama sih Ale juga, tapi lebih telat dia.
"Hei, monyett!!! Siapa nama kamu?" teriak satu-satunya senior yang kribo ketika ospek dulu. Ya, itu Mamet sebelum rambutnya rontok karena salah makan obat.
"Nalendra kak!" teriak Ale lantang, lantas ngeliat genangan sisa hujan semalam. Berkaca, bener atau gak mirip monyet.
"Nalendra? Gak pantes. Nama kamu terlalu bagus." Mamet ngangkat dagu ke atas. Kedua tangannya ngodok saku celana yang gak ada duitnya.
Sepertinya Mamet iri sama Ale. Soalnya baru dua hari ikutan MOS udah ada beberapa mahasiswi senior yang nanya-nanya nomer hape Ale.
"Saya mau ke WC kak. Izin dulu boleh?" tanya Ale.
Mamet ngangkat halisnya yang tipis ke senior lainnya. Ngasih kode kalau sebentar lagi bakalan ada tontonan menarik.
"Eh, mau kemana?! Coba tanyakan dulu, siapa dia namanya. Kalau sudah tau baru boleh ke WC." telunjuk Mamet yang ujungnya bengkok nunjuk ke balik punggung Ale.
Ale noleh. Ternyata banyak mahasiswa di situ. Entah lagi pada ngapain. Lupa lagi. Lalu matanya memicing sambil berpikir keras mencari objek yang disebut "Dia" oleh Mamet.
"Yang mana Kak yang harus ditanyain mamanya?" Ale kembali memastikan sambil menggaruk keningnya meskipun gak gatal.
"Namanya!!!!! Bukan Mamanyaaa!!!! Yang itu tuhhhh, cepetan!!!" teriak Mamet dibaringi muncratan liur. Untung gak kena mata. Bisa buta nanti.
"Yang itu?" mata Ale terbelalak dengan raut kebingungan menatap pohon kersen yang daunnya jarang sedang ditunjuk oleh Mamet.
"Yang nyuruh kenalan sama cewe siapa? Ayo cepet! Tanyain namanya," kedua tangan Mamet kembali ngodok saku celana, lalu ngedorong punggung Ale pake sikutnya.
Mau gak mau Ale nurutin permintaan si Mamet biar bisa cepet ke WC. Daripada ngompol di celana. Harusnya tadi pake popok buat antisipasi. Nah, tepat di depan pohon kersen, dia bingung mau ngapain. Gak lama, Mamet diikuti rombongan senior lainnya nyamperin Ale yang lagi memandang sinis ke pohon di depannya.
"Ayo jangan malu-malu, ajak kenalan," ucap Rudi, senior Ale juga yang matanya gak kompak alias juling.
"Jadi siapa namanya hahh?!" teriak mamet, mulutnya dua centi dari hidung Ale.
"Hendra kak," ucap Ale ngasal sambil nahan mual. Ada aroma asam jengkolat dari nafas kakak kelas yang lagi melotot di depannya itu.
"Salah!" Mamet geleng-geleng kepala sambil merem dan senyum, tapi mingkem. Seolah udah kenal duluan sama pohon kersen yang lagi Ale ajak kenalan ini.
"Lastri," ucap Ale lagi.
"Salah!" kali ini mata Mamet terbuka, namun telunjuknya diarahkan ke angkasa sambil digoyangkan.
"Purnomo."
"Ya, namanya Hendra Lastri Purnomo. Sekarang kamu minta nomer teleponnya," Mamet lantas ngebelakangin Ale, punggungnya bergetar, dia ketawa tapi gak bersuara.
Senior lainnya, kompak mandang ke samping kiri dan dagu diangkat sedikit. Mereka memicingkan mata, sementara mulutnya ditutup dan bergetar. Mungkin lagi pura-pura serius menyamarkan rasa ingin tertawa.
"Gak punya hape kak," jawab Ale biar cepat beres.
"Tanyain dulu!!! Kita gak dengar kamu minta nomer telepon," suara Mamet naik lima oktaf kurang seperempat nada.
"Hendra Lastri Purnomo, boleh minta nomer teleponnya?" ucap Ale segan sampil menatap ranting yang terinjak oleh kakinya sendiri. Sementara kuku tangan kirinya mencongkel kulit pohon yang sudah mengering dan terkelupas.
Kontan bikin semua yang ada di situ terbahak.Oke, si Mamet bener. Ale sekarang ngerasa jadi monyet siluman yang tertangkap warga terus dimasukin ke dalam aquarium. Bukan cuma senior, tapi jadi banyak juga mahasiswa baru bahkan dosen yang ikutan nonton. Kecuali si Rudi yang malah sibuk cari kardus mie instan. Bakal ngumpulin duit dari orang-orang yang antusias pengen nonton monyet siluman.
Mamet belum keabisan ide. Dia minta Ale nyatain cinta ke si pohon kersen. Ale bilang ditolak. Tapi Mamet gak puas sama jawaban itu. Kata Mamet, mahasiswa UTT itu harus gigih, gak boleh kendur berjuang buat ngejar apapun, termasuk urusan cinta. Cuihhh... kaya yang sendirinya berani aja deketin cewe.
"Aku cinta kamu...." ucap Ale sambil meluk pohon kersen ngikutin intsruksi dari Mamet.
Disaksikan puluhan pasang mata, untuk pertama kalinya Ale jadian sama mahluk tuhan yang bisa ber-fotosintesis itu. Berkesan banget. Gak bisa diucapin sama kata-kata. Bahkan Ale gak banyak bicara sampai dua semester. Males. Eh, malu.
"Cieee... jadian nih? Traktir kita dong," sahut salah satu senior. Lupa lagi namanya.
Ada juga yang bilang, "Selamat ya... selamat.... Kalau putus bilang-bilang yaaaaa!!! Aku juga mau dong ditembak," kata mereka senior-senior yang cewek.
Belum puas ngerjain, Mamet muter otak lagi, "Berani gak cium?" Mukanya masih nyebelin.
"Belum nikah Kak, dilarang ciuman," Ale merajuk.
"Ya udah aku jadi penghulunya. Saya nikahkan kalian berdua, mulai saat ini kalian sah jadi suami istri," Mamet malah semakin menggila.
"Tapi dia lelaki Kak," timpal Ale.
"Gak apa-apa, nanti anak bisa adopsi. Ayo cium!"
"Cium! cium...! Cium... cium... cium," sorak semua mahasiswa yang ada di situ. Sadis.
Kenangan itu gak bakal bisa dilupain sama Ale. Rasanya pengen ninju Mamet tujuh hari tujuh malam. Tapi Mamet punya epilepsi. Ale jadi gak tega. Lagian Mamet udah minta maaf waktu hari terakhir MOS. Ya, Ale udah maafin tapi gak bisa ngelupain.
KAMU SEDANG MEMBACA
Ada Monyet di Bianglala [On-Going] [Komedi Romantis]
RomansaYang namanya rindu, dari mulai Albert Einsten, Hitler hingga Jullius Caesar pun bohong rasanya kalau nggak pernah ngalamin. Mereka orang besar. Apalagi Ale yang hanya seorang jurnalis dan drummer cabutan. 20 % Komedi 40 % Romantis 37,5% Absurd 2,5...