Malam itu penuh dengan aroma hujan saat Freya berdiri di dekat jendela apartemennya, matanya menelusuri pola-pola halus tetesan air hujan yang mengalir di kaca. Di luar, kota itu tampak tenang, jalan-jalannya bersinar lembut di bawah cahaya lampu. Namun, meskipun tenang, hati Freya sama sekali tidak tenang.
Fiony masih menjauh sejak percakapan terakhir mereka, menghilang secara acak, suasana hatinya berfluktuasi antara melankolis dan penghindaran total. Seolah-olah semakin dekat Freya dengan kebenaran, semakin jauh Fiony mundur ke sudut-sudut gelap ingatannya yang terfragmentasi. Freya dapat merasakan beban kesedihan Fiony semakin berat, menebalkan udara dengan rasa sakit yang tak terucapkan.
Freya tidak bisa menunggu lebih lama lagi. Malam ini adalah malamnya. Ia telah mengungkap kebenaran tentang kematian Fiony, tentang kekejaman tak tertahankan yang telah mendorongnya untuk bunuh diri, dan bagaimana ayah Freya telah berusaha-dengan putus asa-untuk menyelamatkannya. Namun, Fiony harus menghadapinya. Ia harus mengingatnya. Freya tidak yakin apa yang akan terjadi setelah itu, tetapi ia tahu ini adalah satu-satunya cara untuk membantu Fiony menemukan kedamaian. Itulah satu-satunya cara untuk memutus rantai kesedihan yang mengikat mereka berdua.
Pintu kamarnya berderit, dan Freya menoleh untuk melihat Fiony muncul di ambang pintu. Dia pucat, lebih bening dari biasanya, tubuhnya berkedip-kedip seolah-olah energi yang dibutuhkannya untuk tetap terlihat menjadi terlalu sulit baginya. Matanya yang gelap tampak jauh, tidak fokus, seolah-olah dia telah mengembara melalui kabut pikirannya sendiri.
"Fiony," bisik Freya, melangkah ke arah teman hantunya. "Kita perlu bicara."
Mata Fiony menatap tajam ke arah Freya, secercah kekhawatiran melintas di wajahnya. "Aku tidak ingin bicara," gumamnya, sambil berbalik. "Tidak malam ini."
Hati Freya tercekat mendengar rasa sakit yang mendalam dalam suara Fiony, tetapi dia terus maju, tidak ingin Fiony mundur lagi. "Kau harus mendengar ini. Aku tahu kau takut, dan aku mengerti alasannya. Tetapi melarikan diri dari ingatanmu tidak akan membantu. Kita harus menghadapi ini bersama-sama."
Punggung Fiony menegang, bahunya menegang, dan sesaat, Freya mengira dia akan menghilang lagi. Namun, sebaliknya, dia berbalik perlahan, matanya yang gelap tampak kosong karena kelelahan. "Menghadapi apa?" tanya Fiony, suaranya seperti bisikan yang rapuh. "Apa yang harus dihadapi? Aku bahkan tidak tahu apa yang terjadi padaku."
Freya menarik napas dalam-dalam, menguatkan diri. Ia telah menghabiskan waktu berjam-jam berlatih bagaimana cara mengatakan ini, bagaimana cara mengungkap masa lalu yang telah menghantui kehidupan mereka berdua. Kini saat itu telah tiba, kata-katanya terasa berat, seperti batu di tenggorokannya.
"Aku bicara dengan bu Marsha," Freya memulai, memperhatikan perubahan ekspresi Fiony. "Dan aku tahu tentang ayahku- tentang bagaimana dia mencoba membantumu. Fiony, kamu diganggu. Secara brutal. Itu... menghancurkanmu."
Fiony tersentak, tubuhnya bergetar seolah-olah penyebutan masa lalunya telah melukainya secara fisik. "Aku tidak...aku tidak ingat," bisiknya, meskipun getaran dalam suaranya menunjukkan bahwa itu tidak sepenuhnya benar.
Freya melangkah mendekat, tangannya secara naluriah terulur ke arah Fiony meskipun dia tahu dia tidak bisa menyentuhnya. "Alasan kamu tidak mengingatnya adalah karena itu terlalu menyakitkan. Tapi sekarang saatnya, Fiony. Sekarang saatnya untuk mengingat. Kamu tidak perlu menanggung ini sendirian lagi."
Mata Fiony membelalak karena takut, dan sesaat, Freya mengira dia akan menghilang lagi, tetapi sebaliknya, wajah Fiony berubah menjadi ekspresi kesedihan yang mentah dan tak tersaring. "Aku tidak mau," bisiknya, suaranya bergetar. "Sakit, Freya. Semuanya menyakitkan."
Dada Freya sesak saat melihat penderitaan Fiony, tetapi dia tahu dia tidak bisa berhenti sekarang. Mereka sudah terlalu jauh. "Kau harus ingat," Freya bersikeras, suaranya bergetar karena emosi. "Karena jika tidak, kau tidak akan pernah bisa melupakannya. Kau akan terjebak di sini selamanya."
KAMU SEDANG MEMBACA
Bound by Love, Separated by Death [Frefio]
FantasyFreya, seorang mahasiswa sastra yang pendiam, memiliki kemampuan unik-dia bisa melihat dan berinteraksi dengan hantu. Ketika dia pindah ke apartemen barunya yang berhantu, dia bertemu Fiony, roh seorang gadis yang tidak bisa meninggalkan dunia ini...