Festival tahunan universitas sudah dekat, dan kegembiraan di kampus terasa nyata. Ke mana pun Freya pergi, dia bisa mendengar potongan-potongan percakapan tentang pertunjukan, stan, dan persiapan acara. Para mahasiswa bersemangat penuh harap, dan seluruh kampus terasa penuh energi. Biasanya, situasi seperti ini akan dihindari Freya—kerumunan, pertemuan yang berisik, obrolan tak berujung tentang hal-hal yang tidak terlalu dia pedulikan. Namun, ada sesuatu yang berubah dalam dirinya selama beberapa bulan terakhir.
Sejak pindah ke apartemen berhantu dan bertemu Fiony, Freya mulai melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Sebelumnya, dia akan mengabaikan masalah orang lain tanpa berpikir dua kali. Namun, Fiony, meskipun sifatnya nakal dan terkadang gelap, telah membuka hati Freya dengan cara yang tak terduga. Semakin banyak waktu yang mereka habiskan bersama, semakin banyak Freya menyadari hal-hal yang mungkin akan diabaikannya—pergumulan kecil, teriakan minta tolong, momen-momen kerentanan yang samar pada orang-orang di sekitarnya. Seolah-olah kehadiran Fiony telah membangkitkan empati yang lebih dalam di dalam diri Freya.
Perubahan perspektif inilah yang membawanya ke panitia festival, yang sangat mengejutkannya. Jessi, seniman yang selalu bersemangat, hampir memohon pada Freya untuk bergabung. Biasanya, Freya akan menolak, karena tidak tertarik menjadi bagian dari sesuatu yang bersifat sosial. Namun, Jessi tampak begitu bersemangat, dan Freya—yang merasakan hubungan baru dengan teman-temannya—menyetujuinya, meskipun hanya untuk menemani Jessi.
Kini, Freya mendapati dirinya duduk di tepi air mancur halaman, menyaksikan persiapan festival berlangsung. Spanduk-spanduk digantung, stan-stan dibangun, dan lautan mahasiswa bergegas mengelilinginya, memastikan semuanya siap untuk acara besar itu. Freya telah menyelesaikan tugas kecilnya sendiri—membagikan brosur untuk pameran seni Jessi—dan kini ia mengamati kekacauan itu dengan rasa ingin tahu yang tenang.
Sebaliknya, Lyn, seorang mahasiswa manajemen kaya yang terkenal sebagai orang yang mudah bergaul, menjadi koordinator dalam perencanaan festival. Dengan koneksi yang berpengaruh dan karisma yang tampaknya tak ada habisnya, Lyn selalu menjadi pusat perhatian. Semua orang ingin berada di dekatnya-sampai mereka tidak menginginkannya lagi.
Freya dan Lyn tidak pernah berbicara sebelum rencana festival mempertemukan mereka. Freya pendiam dan jeli, sedangkan Lyn berisik, percaya diri, dan selalu dikelilingi oleh rombongannya. Terlepas dari perbedaan mereka, Freya mengagumi kemampuan Lyn untuk menangani situasi sosial dengan mudah. Namun, saat Freya melihat Lyn berinteraksi dengan "teman-temannya," ada sesuatu yang aneh dalam dinamika mereka. Tawa Lyn terlalu dipaksakan, senyumnya terlalu lebar. Namun, Freya menyimpan pengamatannya untuk dirinya sendiri.
///
Lyn mengamati Kampus yang ramai, perhatiannya berpindah-pindah dari untaian lampu yang digantungkan di antara pohon-pohon maple ke panggung-panggung yang menjulang tinggi seperti monumen dadakan di atas hamparan rumput.
Rambut hitamnya yang panjang dan disanggul ke belakang dengan kuncir kuda yang ramping, sebuah metafora untuk kontrol yang ingin ia lakukan terhadap setiap detail persiapan.
"Pastikan spanduk-spanduk itu sejajar," ia berseru kepada sekelompok volunter, menunjuk ke arah sebuah spanduk selamat datang yang agak miring yang menyambut para pengunjung festival kampus tahunan. Suaranya, meskipun lembut, memiliki ketegasan dari seseorang yang terbiasa untuk diperhatikan. Semuanya harus sempurna, tidak hanya untuk menegakkan reputasinya tetapi juga untuk memastikan pengalaman yang lancar yang akan menumbuhkan rasa kebersamaan yang ia dambakan.
Saat ia berjalan melewati kerumunan siswa yang sedang mengobrol dan melewati meja-meja yang penuh dengan kerajinan tangan berwarna-warni, ponselnya berbunyi. Itu adalah pesan dari Sarah, teman dan tangan kanannya dalam orkestrasi besar ini.
KAMU SEDANG MEMBACA
Bound by Love, Separated by Death [Frefio]
FantastikFreya, seorang mahasiswa sastra yang pendiam, memiliki kemampuan unik-dia bisa melihat dan berinteraksi dengan hantu. Ketika dia pindah ke apartemen barunya yang berhantu, dia bertemu Fiony, roh seorang gadis yang tidak bisa meninggalkan dunia ini...