Tubuh Tenggara terasa sedikit lemas seperti orang baru bangun tidur begitu ia mulai tersadar. Ia menegakkan punggungnya dan melihat sekitar. Tampaknya sekarang ia berada di sebuah padang rumput kecil di tepi danau. Disini sepi sekali. Tapi di seberang danau dari kejauhan terlihat seperti sebuah dinding tinggi. Mungkin disana ada kota.
Inikah yang namanya Dunia Secondary? Benar-benar seperti nyata. Bahkan semilir angin yang lembut menyapu wajahnya terasa sama seperti di dunia nyata.
Ketika ia mencoba untuk bergerak lagi, ia merasakan sesuatu berada dalam genggaman tangan kanannya. Itu sebuah buku kecil. Dengan sampul beludru cokelat dengan beberapa huruf emas yang bertuliskan "White". Sepertinya itu buku panduan yang dikatakan oleh GameMaster tadi. Bukunya tipis.
Begitu ia membuka, langsung terpampang biodata singkat dirinya.
NAMA: WHITE
RAS: ELF
JENIS KELAMIN: LAKI-LAKI
JOB: -
TEMPAT LAHIR: BENUA SELATANPantas saja. Ternyata buku panduan itu memang khusus dan setiap pemain berbeda-beda.
Dengan sabar, ia mulai membaca buku itu dari awal pengenalan hingga bagian akhir. Tak lama, mungkin hanya sekitar 4-5 menit saja ia membaca buku itu.
Ia dapat menarik beberapa kesimpulan. Untuk seorang pemula yang baru saja masuk, dia masih belum memiliki weapon atau senjata, equipment, bahkan uang sekalipun. Nama mata uang di dunia Secondary bernama 'gill'. Jika ia ingin melihat profil statusnya, ia tinggal meneriakkan kata 'status' dan nanti akan muncul status profilnya. Untuk sekarang percuma saja kalau ia melihat statusnya, toh ia juga belum melakukan apa-apa.
Tapi ia belum tahu seperti apa status profilnya.
"Status!" teriak Tenggara yang langsung disertai suara dengungan rendah. Kemudian tampak hologram virtual dua dimensi yang memiliki banyak tulisan beserta foto wajah tampannya dalam ras elf.
Informasi status profilnya hampir sama dengan halaman awal buku panduan.
WHITE (ELF)
LEVEL 01
JOB: -GILL: 0
EXP: 0HP: 50/50
MP: 10/10ATK: 8
PDF: 5
MAG: 8
MDF: 5
AGI: 7
TECH: 3
ACC: 5
EVA: 6
LUCK: 15Catatan: Skill Point di awal permainan ditentukan oleh data yang dari pemain yang diambil ketika proses pendaftaran.
Jadi intinya kalau skill point setiap pemain di awal game itu berbeda-beda.
HP adalah singkatan dari Health Point, dalam kata lain adalah poin nyawa/kesehatan. MP adalah Magic Point atau poin untuk mengeja mantra sihir. Tapi saat ini itu belum ada gunanya, mengingat kalau ia masih belum memiliki satupun magic skill.
Singkatan lainnya, ATK adalah attack atau serangan secara fisik, PDF adalah physical defense atau nilai pertahanan dari serangan fisik. MAG adalah magic atau serangan magis/sihir, MDF adalah magic defense atau poin pertahanan terhadap serangan sihir.
AGI adalah agility atau kelincahan, termasuk dalam hal berlari. TECH adalah tehnik, ACC yaitu akurasi serangan, EVA adalah evasion yaitu kemampuan defleksi dari serangan, baik fisik maupun sihir.
Dan yang terakhir, LUCK yang merupakan poin keberuntungan. LUCK bukanlah skill point yang terlalu penting. Tapi kadang-kadang bisa membantu juga kalau punya poin keberuntungan yang tinggi. Dan dari semua skill point yang dimiliki Tenggara, LUCK adalah yang paling tinggi.
Pemain pemula belum memiliki job atau profesi. Pemain harus menaikkan level hingga level 10, baru nanti bisa memilih job. Ada banyak job atau profesi yang tertulis dibuku itu, antara lain seperti warrior, thief, priest, necromancer, dan bard. Tapi hanya satu profesi yang menarik perhatian Tenggara. Magician.
KAMU SEDANG MEMBACA
Secondary (boyxboy)
AdventureBaru-baru ini sebuah konsol permainan yang sedang IN, release di Indonesia. Walaupun Tenggara tidak terlalu 'ngeh' dengan yang namanya games, akhirnya dia ikutan juga main game ini. Dan siapa sangka game ini ternyata begitu menarik. Bahkan game ini...