Ya ampun. Ini jam berapa sih? Kayaknya matahari gonjreng banget sinarnya. Aku membetulkan letak kacamata hitamku dan kembali celingukan menanti kang Dadan. Biasanya si Nta medit yang selalu gedor-gedor rumahku kalo ada kang Dadan, alasannya sih nggak jauh-jauh dari patungan beli oncom.
Dari kejauhan aku melihat mamas Hendra, suami Mae sedang mengeluarkan motornya. Aku melambaikan tangan, namun mamas Hendra langsung tancap gas karena Mae keburu mencubit pinggangnya. Sementara si Mae ya seperti biasa, sempet ganti baju juga nggak.
Dengan senyum tipis Mae berjalan menuju ke rumahku.
"Teh Mona nunggu kang Dadan?" Tanyanya."Iya atuh Maeh. Kaloh nggak ngapain panas-panasan di luar beginih.." sahutku sambil lagi-lagi membenarkan kacamataku. Ya nasib sih punya hidung seiprit, kacamata aja nggak mau nangkring.
"Mae mau mandi dulu. Mandinya agak lama soalnya mau keramas. Bisa titip belanjaan nggak teh?" Tanyanya sambil mengeluarkan uang lima puluh ribuan dari dalam dompetnya.
"Haddduuuh..si Mae keramaash terush. Mona teh jadi muleees mikirin Mae abis ngapain sama mas Hendraah.".
"Ya nggak usah di pikirin atuh teh. Teh Mona kenapa kayak gelisah banget sih berdirinya? Lagi sembelit?"
Duh ni anak..
"Maee..plis deh ah. Mona teh gelisah bayangin mas hendraaah. Yaudah sini mau belanja apaah?"
"Terong, leuncak, oncom 2, sama kangkung 3 iket ya teh." Dia menyerahkan selembar uang, belum sempet aku menerimanya tiba-tiba ada tangan yang menyambarnya.
Ini sih tutup mata juga ketahuan siapa orangnya. Siapa lagi kalau bukan orang termedit sekomplek kembang setaman.
"Eh Mae..titip sama aku aja. Nanti aku titip oncom ya, sebiji doang kok." Mata Nta tampak berbinar-binar melihat selembar lima puluh ribuan yang dia rebut dari tangan Mae.
"Ntaaa ih..kan Mae mau nitipnyah ama Mona. Kalo nitiph ama Nta kasian si Mae, pasti tekor."
Mae tersenyum maklum melihat Nta. "Oncom sebiji doang kan? Yaudah nggak papa. Eh Nta nggak bosen makan oncom terus?"
"Selama Mas Dana belom mencret sih aman-aman aja, Mae," jawabnya sambil tersenyum bangga. Ya ampun.
"Eh kenapa je jam segini kang dadan belum dateng? Makan apa nanti si Jimmy, telor di rumah juga abis." Ce Vivi muncul sambil mengomel dan mengibas-ngibaskan kipas penomenalnya.
"Yaudah pakai aja telor Mae dulu," sahut Mae.
"Haah? Telor siapa Mae? Telor Mae apa telor mash Hendraah?" Tanyaku dengan mata berbinar-binar.
Kening Mae berkerut. "Sebenernya telornya mas Hendra sih. Kan belinya pake duit mas Hendra."
"Mauuuh, Monah jugah mau telorh Mas Hendrah," ujarku sambil mengedip-ngedipkan mata.
"Heh Mona, maksud Mae telor dalam arti sebenernya bukan telor ngeres kayak di pikiranmu. Itu mata nggak usah kedip-kedip napa. Kayak orang cacingan."
"Iiiiih Nta jahath amah Monah." Aku langsung memanyunkan bibirku.
"Heh udah-udah, ndak usah ribut je kalian ini. Barusan aku bbm kang Dadan, dia masih di perempatan situ, rumahnya si enjel lela." Ce Vivi mengibaskan kipasnya dengan gaya profesional.
"Dia kan gagal jualan batu akik kemarin. Sukurin!" sahut Nta.
"Iissh Nta. Denger dulu, konon katanya, Enjel Lela peraih penghargaan tukang kredit antar kota antar propinsi," ujar ce Vivi dengan mata melotot. Nta langsung melengos, merasa tersaingi.
KAMU SEDANG MEMBACA
Diary Emak-Emak Rempong
HumorKomplek Kembang Setaman. Komplek dengan nama dangdutan dan ternyata penghuninya juga lebay, alay, kepo dan sok gaul. Ini kisah tentang kumpulan emak-emak di dalam Blok E. Blok dengan jalan buntu yang kadang suka tidak menentu. Dari gosip hantu sampa...