Thirteen

6.6K 476 2
                                    

Prom Night. Acara yang paling di nanti-nantikan sama siswa di SMA gue. Gimana engga? Mereka bisa pakai gaun cantik bagi yang cewe dan bisa pake jas keren bagi yang cowo. Mereka yang pacaran bisa dansa bareng, bisa makan bareng, dan yang ngga punya pacar bisa asik ngobrol dan ketawa bareng temen-temennya.

Gue?

Gue cuma duduk diem di kursi. Pandangan gue kosong. Yang gue lakuin cuma diem di tempat sambil mikirin Exel. Ngga ada hal lain yang gue pikirin selain Exel. Malam ini dengan malam-malam sebelumnya itu sama, ngga ada bedanya, yaitu gue tetep ngga bisa hilangin Exel dari pikiran gue.

Yang gue liat sekarang adalah temen-temen yang lagi pada pacaran. Jih, bikin gue iri anjir. Mending gue pergi dari sini.

Gue berdiri dan jalan menyelusuri koridor sekolah. Sepi tapi gue ngga takut, karna terang, ya walopun disini hening ngga kaya di lapangan yang ramenya ngelebihin pasar malem.

Jalan tanpa arah yang jelas. Cuma tengak-tengok dan liatin masing-masing ruangan dari jendela. Ada yang berantakan dan ada yang rapih. Tapi di sekolah gue lebih dominan ruangan yang berantakan.

Dan, saat gue lagi di depan ruang kesenian, ada salah satu ruang yang lampunya ngga di nyalain. Kenapa?

Ruang seni rupa.

"Exel,"

Ini adalah ruangan yang Exel sering kunjungi. Ruang seni rupa, dimana tempat dia ngelukis. Tempat pertama saat gue sama Exel berantem. Tempat saat gue bikin luka dia tangan nya.

Gue masuk ke ruangan itu. Gelap. Ngga ada lampunya? Gue buka hape dan nyalain senter. Pertama gue senterin ke atap ruangan, dan ternyata emang ngga ada lampunya. Gue liat isi ruangan yang terdapat banyak lukisan. Tangan gue tertarik untuk liat lukisan yang tertutup sama kain.

Gue buka kain itu. Dan terlihat lukisan dengan gambar seorang cewe lagi main baseball. Mirip gue. Exel ngelukis gue?

Tenggorokan gue mulai tercekat. Siap-siap buat nangis nih. Ngga bisa nahan hati gue yang lagi sakit, sakit banget.

Ada sekitar lima lukisan disana yang ketutup sama kain. Ngga salahkan kalo gue buka semuanya?

Gue buka satu persatu kain itu. Dan,

Semua itu gambar gue! Dia ngelukis gue seberapa banyak si? Sebesar apa cinta dia ke gue sampai ngelakuin banyak hal ke gue?

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Kamar gue sekarang penuh dengan lukisan berjumlah dua belas lukisan, dan itu adalah gambar gue yang dilukis sama Exel. Ternyata lukisan bergambar gue juga tersimpan di dalam lemari yang ada di ruang seni rupa. Dan yang gue bingung, sebenernya itu ruang seni rupa punya sekolah atau punya Exel? Karna isinya cuma karya Exel yang dominan adalah gambar gue. Ada beberapa lukisan yang gambarnya pemandangan tapi tetep aja lebih banyak yang gambarnya adalah gue.

Semua gue bawa pulang dan gue pasang di kamar. Mama yang pertama kali liat kamar gue cuma senyum.

Gue natap betul-betul hasil lukisan yang dibuat sama Exel. Bagus. Bener-bener bagus. Dan gue tertarik untuk buat ngelukis, tapi gue ngga tau warna. Gue ngga mau hasil lukisan gue diketawain karna warna yang ngga sesuai.

Tok tok tok

Gue yang lagi melamun liatin lukisan, langsung tersadar dan jalan ndeketin pintu untuk mbuka pintu kamar.

Mama.

"En, mama mau ngomong sama kamu,"

Alis gue ngerut. Mama mau ngomong apa?

Gue sama mama sekarang duduk di tempat tidur gue. Mama natap gue sambil senyum, senyum manis yang buat gue jadi tenang.

"Mama ingin kamu itu seperti yang dulu. Ngga diem kaya sekarang, boleh kamu cinta sama Exel dan ngga akan pindah ke lain hati, asal kamu ngga buat orang disekelilingmu jadi resah dan khawatir karna tingkah laku kamu yang berubah drastis,"

Mama bener. Gue harus berubah kaya dulu lagi, tapi hati gue ngga harus berubah.

Gue meluk mama sambil nahan air mata gue agar ngga keluar.

"Ma? Enelis juga mau berubah," gue ngelepas pelukan mama dan senyum ke mama.

"Iya sayang, buat mama bangga ya," mama ngelus rambut gue.

"Ma? Mama pernah liat lukisan yang warnanya cuma hitam sama putih? Atau cuma pakai pensil?"

"Luksisan itu ngga tentu harus berwarna. Banyak juga orang yang melukis cuma pakai pensil. Hasilnya juga ngga kalah bagus sama yang berwarna. Ada apa sayang?"

"Ngga papa ko mah, aku cuma tanya aja,"

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Jam istirahat gue pergi ke ruang seni rupa. Ngapain? Gue mau nyoba melukis! Kaya yang dibilang mama, melukis pakai pensil doang juga ngga kalah bagus sama yang berwarna. Jadi gue mau nyoba belajar melukis pakai pensil.

Gue mbuka pintu ruang seni rupa. Ruangan ini bener-bener kotor karna udah jarang ditempatin. Yang biasanya setiap harinya untuk singgahan Exel, tapi dua bulan terakhir ruangan ini kosong. Siswa lain kurang tertarik untuk melukis kali ya? Mereka lebih asik ngobrol, makan, atau dengerin musik.

Pertama gue mau bersihin ruangan ini dulu. Kotor dan lumayan berantakan. Mungkin gue bisa ngelukis disini besok. Karna hari ini waktunya cuma cukup untuk bersih-bersih dan bares-bares ruangan.

Rumah,

Mumpung ngga ada pr dan ulangan gue mau latihan ngelukis sekarang. Gue harus siapin pensil dan buku kosong tanpa garis.

"Hmmm, nggambar apa ya??" Mata gue nyari gambar di kamar yang bisa gue gambar.

Nah, ketemu. Gue gambar Elsa yang di kartu  Frozen aja kali ya? Gue terinspirasi saat liat jam dinding gue ada gambar saljunya.

Gue nyari foto Elsa di google. Dan ketemu satu foto yang semoga bisa gue gambar.

Setelah dua jam nggambar, akhirnya gue selesai juga nggambar Elsa.

"Asik juga ya nggambar? Mungkin sekarang nggambar masuk daftar hobi gue,"

Selfie ahh sama hasil gambar gue. Trus masukin instagram. Gue ambil hape yang ada di hadapan gue, trus di pengaturan gue pencet timer, habis itu gue taruh hape di meja belajar. Gue pose.

1

2

3

Cekrek

Oke, fotonya nya bagus. Karna yang foto orang cantik sama Elsa yang gue gambar juga bagus. Hehe. Gue langsung uploud foto barusan ke instagram.

➖➖
Foto gue

3.678 like
1769 comment

@krystal_swag wuiih lo nggambar en?

@Irenecute itu gambar lo en? Serius? Bagus! Keren!

@wendy518 gue sayang Enelis @Enelis_xel

@MARK_swag lanjutin en, gue doain lo bisa jadi pelukis terkenal!

@Victoria_tori en, gue bangga sama lo! Hmm nama Ig Krystal sama Mark ko sama ya? Jangan-jangan ada sesuatu diantara kalian. Hahaha.

@Krystal_swag brisik lo ah @Victoria_victoria

@Art_cool lukisan kamu bagus. Saya harap kamu bisa mengembangkan kemampuan kamu. Terus coba berlatih. Kirim hasil lukisanmu ke kami. Buka instagram kami, disana ada persyaratan cara kamu mengirim.

➖➖

Pelukis? Gue? Gimana caranya? Padahal gue cuma asal nggambar, tapi temen-temen pada suka. Dan gue tertarik buat belajar ngelukis dan gue penasaran sama @Art_cool. Gue coba buat ngirim hasil karya gue ke sana ngga salah kali ya? Kayanya bakal seru nih.

Tbc
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

Jangan lupa vote ya kalo udah selesai baca. Karan Vote dari kalian adalah penyemangat/? author buat nulis. Aseek.

See you..

[1] Bad Girl Hates ColorTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang