Pengamatan 1: Adisa Cahyani

705 30 7
                                    


Nama saya Adisa Cahyani. Ya, nama yang Indonesia banget. Karena saya orang Indonesia. Kalian juga bangga kan jadi orang Indonesia? Masa enggak sih. Kemarin Indonesia lagi rame didatengin dan diberitain seluruh dunia gara-gara GMT looh. Makanya sekarang saya ngaku orang Indonesia. Dulu sih, saya pasti bilang, "Hajimimashite! Boku wa Disa Kuroihomura desu." Tau kan ini Bahasa apa? Enggak? A masa gak kenal JKT48?

Gaje yah saya. Emang. Saya ini makhluk unique yang akan diingat sepanjang sejarah. Coba kalian tanya ke orang-orang yang pernah kenal saya, "Ingat DISA?" pasti mereka langsung inget suara cempreng saya, hidung pesek saya, baru deh inget... muka saya gimana-__-

Saya ini cewek yang punya muka sebagaimana manusia umumnya. Punya 2 mata, 1 hidung, 2 telinga dan pokoknya sama lah. Dan yang harus saya tegaskan, saya itu gak pesek! Hidung saya tinggi kok, Cuma bentuknya kecil dan dari depan keliatan melebar. Makanya keliatan pesek. Coba ambil penggaris, ukurannya 1 centimeter.

Suara saya juga gak cempreng. Tapi ya gitu, karena saya suka teriak teriak jerit jerit gak jelas, makanya orang manggil dan ngecap saya cempreng. Padahal suara saya itu lembut dan berciri khas gitu tau!

Apa lagi yah yang harus kalian tau? Emm.. mau saya ceritain tentang kebiasaan saya? Sini.
Gini, saya tuh orang yang cinta kebersihan dan kerapian. Saya benci liat kelas saya kotornya Subhanallah , juga saya benci rumah saya berantakan kalo saya pulang sekolah. Tapi, itu berlaku kalo orang lain yang bikin kotor dan berantakan. Kalo yg ngotorin dan ngacak-ngacak saya sendiri, saya gak masalah. Dan kalian tau gak, gimana acak-acakannya aksi tangan saya? Sini ke rumah, saya tunjukin lemari saya isinya gimana. Ya tapi saya udah niat bersih-bersih, pasti langsung bersih banget kok. Sampe sapunya yang capek saya pake.

Saya punya kemampuan super, setiap kali saya niat banget. Kalo kalian gak percaya, liat setiap saya buru-buru. Contoh: suatu hari saya tidur siang dengan naro timun di mata dan nyalain AC. Mama saya pesen, "Kayak gitu jangan keenakan. Nanti bangun shalat Ashar, masak nasi, angkat jemuran, sapu ruang tengah juga, abis diacak-acak adikmu tuh." Begitulah pesan nyokap saya yang lebih mirip ngasih perintah ke pembantu hiks. Saya iyain aja lah, saya kan anak baik. Lalu tidurlah saya. Itu dari jam 1 looh. Dan tau saya bangun jam berapa? Kurang 7 menit jam 5 bro!! huh! Lompat lah saya dengan mata kaki yang sempet-sempetnya kepentok pintu kamar. Sakit looh btw. Oh iya balik lagi, karena udah hamper jam 5 dan nyokap bakal dateng setengah jam lagi, panic lah saya. Jantung udah lari 100. Udah bangun tiba-tiba, dikejar waktu pula, untung gak stroke yah saya hari itu. Saya samperin dapur, Subhanallah... cucian piring juga banyak banget kampret. Dengan super buru-buru, saya cuci panci buat masak nasi, trus saya masak lah si nasi. Sambil nungguin mendidih, saya nyuci piring. Trus nyapu, angkat jemuran, dan shalat Ashar kilat serta super telat. Hasilnya? Jam 5 lewat 42 menit, nyokap sampe rumah. Saya baru aja salam dari shalat kilat saya tuh. Buru-buru saya naro peralatan shalat sebelum mama nyampe pintu. Pas mama masuk dan ngeliat hasil kerja kilat saya, saya dipuji-puji yuhu. Kerjaan yang saya lakuin kurang dari sejam padahal normalnya saya ngelakuin semua itu sampe 3 jam gara-gara sering ngecek hp.

Saya juga sering bohong tentang hafalan. Gini, missal besok ulangan agama, btw ulangan agama ala guru saya ini adalah test menyalin isi buku paket dari buku paket ke otak trus ke kertas jawaban. Pokoknya harus sama! Temen-temen saya udah pada panic. Pada bawa buku agama buat dihafalin kalo jam istirahat. Saya anteng aja.. stay cool. Trus dengan kampretnya saya bilang, "Gue mah udah belajar dari semalem. Gampang kok bab ini. Gak panjang-panjang amat" pret. Padahal, malamnya pas saya buka buku, saya teriak! Itu materi kok selalu aja banyak? Saya belum hafal satu kalimatpun dan mata saya udah 5 watt, efek gak tidur siang gara-gara les. Tapi dengan kekuatan super saya, semuanya saya hafalin kurang dari sejam. Ok itu belum seberapa, tapi saya ngapalnya sambal ngebales chat temen-temen saya, biar pada gak curiga kalo saya sebenarnya lagi ngebut hafalan. Wkwkwk. Bukannya sombong yah, tapi ini beneran. Dan udah sangat sering terjadi dalam berbagai kasus berbeda. Intinya, kalo kalian mau ngikutin saya, sebaiknya kalian beneran punya kekuatan super juga. Mau saya kasi tau mantranya? Enggakdeng. Ini alami. Anugerah dari Allah SWT. Untuk makhluk kayak saya. Allah kan maha adil. Saya punya banyak kekurangan kok, dan juga kekuatan super saya gak berfungsi kalo saya bener-bener gak niat. Yang niatnya sendiri gak saya tau sampe hari ini pun.

Intinya, untuk makhluk bertelinga kiri lebar, berjidad seluas lapangan, dan berhidung yang bentuknya gak jelas, Tuhan ngasih saya kepercayaan diri tinggi. Makanya sampe hari ini saya pede-pede aja walaupun keadaan saya beneran kayak kalimat pertama di paragraph ini.

Disa itu juga aneh dalam mengatur emosi. Kadang saya digangguin, dimarahin, dibentak, dikerjain, sampe dibikin malu, muka saya santai aja, malah saya senyam senyum dengan gajenya. Bukan. Bukan fake smile. Saya gak se drama itu. Tapi beneran sampe dibikin malu, muka saya santai aja, malah saya senyam senyum dengan gajenya. Bukan. Bukan fake smile. Saya gak se drama itu. Tapi beneran sampe dibikin malu, muka saya santai aja, malah saya senyam senyum dengan gajenya. Bukan. Bukan fake smile. Saya gak se drama itu. Tapi beneran sampe dibikin malu, muka saya santai aja, malah saya senyam senyum dengan gajenya. Bukan. Bukan fake smile. Saya gak se drama itu. Tapi beneran, saya gak marah, sedih atau apapun!

Tapi malah, pas ada masalah sekecil biji kuaci, saya langsung marah. Meledak-ledak dan gak mau disentuh! Saya juga sering nangis karena masalah yang lebih kecil daripada kuaci atau bahkan tanpa alasan sedikitpun. Ya saya nangis aja. Nangis parah. Sampe yang liat bingung, dan saya juga bingung. Nangis-nangisan saya ini udah beberapa kali kepergok temen selama di SMA. Satu, waktu saya tiba-tiba nangis di kelas Cuma gara-gara kepala nyentuh-atau keliatannya kepentok-meja. Padahal gak sakit sama sekali. Dan air mata saya jatuh gitu aja. Dalam jumlah banyak pula. Semua isi kelas ngeliatin saya, dan saya butuh waktu lama buat berenti nangis. Maluuuu. Dua, hari ulangan semester 1, saya asik-asiknya ngobrol sama temen-temen saya sampe tiba-tiba saya ngerasa pengen nangis, jadi saya diem, gak ikut pembicaraan lagi dan langsung berdiri di depan jendela. Sambal ngeliat keluar, saya nangislah senangis-nangisnya. Temen saya, yang namanya Puspita, awalnya pengen ngagetin saya dari belakang, malah kaget sendiri ngeliat saya udah nangis Bombay. Tiga, kakak kelas bikin prakarya taman bunga buatan yang biayanya mahal banget, semua hasil karya mereka dipajang di sepanjang koridor lantai 1 sama lantai 2. Semuanya keliatan cantik. Tapi temen-temen cowok di kelas saya, dengan kampretnya-eh bukan Cuma anak kelas saya sih-pokoknya, baru beberapa hari, bunga-bunga dan rumput-rumputan buatan kakak kelas itu hilang, juga rusak. Waktu saya ngeliat 1 tangkai bunga warna kuning, tiba-tiba aja saya nangis. Oke ini beralasan karena saya bersimpati dengan para hasil karya yang udah dibuat susah payah itu. Tapi, reaksi saya yang nangis sampe meraung-raung dan gak mau berenti padahal kakak kelas mungkin cuek cuek aja, lagi-lagi bikin anak sekelas melongo. Dan mereka menyimpulkan, 'Disa adalah bom emosi yang bisa meledak kapan saja tanpa rencana dan tidak sesuai situasi."

Sumpah, saya gak ngarang. Semua yang saya tulis di sini, asli. Yang boong Cuma pas saya Bahasa Jepang itu._. itu nyontek di novel saya deng hehe. Abisan saya bingung sih, mau opening gimana tadi. Oh... saya juga bohong soal nama sih. Nama asli saya, a pasti ada yang taulah.

Intinya, setelah baca tulisan gaje ini, saya pengen kalian percaya, bahwa makhluk kayak saya bener-bener ada di muka bumi ini. Dan kalau kalian gak percaya, sini, samperin saya. Dateng aja ke Makassar dan cari saya. Pengen banget saya dicari wkwk. Biar kayak artis gitu. Hihi. Kalau kalian gak bisa, tunggu aja sampe kita ketemu yah, suatu hari.

I Am Disa And I'm StalkerTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang