Berhubung banyak banget yang ngirim pesan pribadi ke inbox wattpad dan juga line tentang Open Member Friendship Writer Community.
Disini aku mau jelasin sedikit :Q : Kak FWC itu apa sih?
A : FWC itu sebuah komunitas dari penulis-penulis di blog, tumblr, wordpress, dll tanpa batasan usia dan genreQ : Jadi cuma boleh penulis aja kak yang ikutan?
A : Pembaca yang ingin mencoba dan belajar menulis juga bolehQ : Masih open member nggak kak?
A : Masih sampai dengan 11 Maret 2016Q : Ini udah pembukaan gelombang berapa kak?
A : Batch 2, kebetulan ada beberapa yang masuk dengan sistem member get member. Tapi pembukaan resmi batch 2 nya itu sekarang sd 11 Maret 2016.Q : Bagaimana cara daftarnya?
A : Coba cek wattpad kami di Friendship Writer Community, terus isi data-data kamu di
https://docs.google.com/forms/d/1U1SjrGaejw355vVoxOZYOM2u1KVEMUEfRQFko18MUC0/viewform?c=0&w=1Q : Kalau sudah isi bagaimana Kak?
A : Hubungi admin dan kirim bukti screen shoot pendaftaran ke OFFICIAL LINE kami
http://line.me/ti/p/%40cei2364yQ : Selanjutnya kapan kami akan di proses Kak?
A : Admin akan mengecek data kamu, dan jika kamu mengisi semua data dengan benar serta sesuai kriteria maka akan dimasukkan ke dalam grup Probation MemberQ : Apa itu probation member?
A : Disana berisi pendaftar-pendaftar seperti kamu dan juga anggota resmi FWC yang disebut Fix member. Mereka akan memantau kalian selama jadi probation. Bagi yang lolos akan masuk dan resmi jadi Fix Member.Q : Apa aja yang dipantau?
A : Pertama kalian WAJIB mengikuti event seleksi yang akan berjalan selama 2 minggu. Bagi yang tidak mengikuti maka akan kami keluarkan dan boleh daftar lagi di open member berikutnya. Untuk yang left chat tiba-tiba maka akan kami blacklist selamanya.Q : Eventnya apa tuh kak?
A : Kalian akan dibagi menjadi beberapa kelompok tergantung jumlah pendaftar. Dan kalian akan diminta untuk membuat cerita cerbung kolaborasi, yang tema dan ketentuannya tiap kelompok berbeda. Dan kalian tidak perlu khawatir, kami akan memberikan masing-masing 3 orang PJ untuk membimbing kalian dan bertanggung jawab akan grup. Tapi masalah kelulusan dan cerita tetap kalian yang harus kerjakan dan bertanggung jawab.Q : Apa yang dinilai dari event seleksi Kak?
A : Ada 2 point penting yang bobotnya sama-sama 50%. Nilai Story dan nilai attitude. Info lebih lanjut akan dijelaskan jika kamu sudah menjadi probation member.Q : Apa lagi yg dinilai kak?
A : FWC nggak ribet, buat kalian yang udah masuk grup probation sebenarnya udah peluang besar diterima. Sama halnya kerja di kantor, bagi yang diterima akan ada masa percobaan 3 bulan kan? Nah kalau lolos lanjut, kalau nggak lolos mohon maaf bisa ikut lagi di open member berikutnya. Yang terpenting mau berbaur, tidak arrogant, menebar fitnah, menghormati yang lain dan tidak asal dalam menyampaikan berita untuk mengadu domba fix member dengan probation member.Q : Wajib follow wattpad Friendship Writer Community?
A : WajibQ : Wajib follow pengurus FWC?
A : WAJIBQ : Kalau sudah jadi member kita ngapain kak?
A : Wajib mengikuti event-event FWC kecuali sudah izin dan mengisi form cuti pada pengurus dan teman-teman fix member.Q : Wajib kasih nomor HP yang berlaku?
A : Yes, agar mudah dihubungi jika ada apa-apa.Q : Apa aja kegiatan FWC Kak jika sudah jadi member?
A : Kita mengadakan berbagai event berhadiah, study, dan sharing atau disingkat E.S.SQ : Event apa?
A : Yang berhubungan dengan kepenulisanQ : Study apa?
A : Tentang ilmu menulis tentunya, dan akan dipimpin oleh admin materi yang dibantu oleh fix member lain. Kelak kalian yang dirasa punya ilmu yang cukup tuk menulis akan dijadwalkan untuk mengisi jadwal study.Q : Wajib dong memberikan materi?
A : Iya tapi nanti ada saatnya, karena semua fix member wajib berbagi ilmu dengan fix dan probation member.Q : Sharing apa ya?
A : Apa aja boleh tuk di sharing asalkan tidak arrogant dan mengandung SARA serta memecah belah/ fitnah.Q : Fix member FWC siapa aja Kak?
A : Yang namanya difollow grupQ : Susunan pengurusnya siapa aja?
A : Hanya tuhan dan fix member yang tahuQ : Sombong, galak dan beda-bedain nggak sih fix member sama probation member?
A : Nggak, di kita nggak ada owner. Semua sama tidak membedakan, nggak ada senioritas atau ada yang merasa ingin di hormati. Prinsip kita saling menghargai, nggak harus takut sama fix member tapi saling menghargai aja. Kita semua sama, jadi nggak ada tuh senioritas, ketua, wakil, dll semua sama. Lebih baik disegani daripada dihormati, bukan? Dan disini kalian bebas sharing dan cerita apa aja, mulai dari sekolah, kuliah, persahabatan, pacar, idola, dll.Jadi buat kalian yang ingin bersahabat dengan penulis lainnya tanpa batasan usia, gender, genre menulis, idola, dll silahkan gabung dan isi formulir pendaftarannya sekarang juga.
Syarat lain :
1) Follow instagram FWC
2) Follow twitter FWC
3) Like facebook FWC
4) Promote line kami di minimal 2 grup kamuKirim semua ss ke oa line kami
KAMU SEDANG MEMBACA
Dapur Kepenulisan
Non-FictionMohon maaf banyak part materi yang kami private dan hanya followers saja yang bisa melihatnya. Silahkan follow akun kami bila ingin membacanya. Mari kita berbagi dan sharing ilmu kepenulisan #133 Cerita Pendek - 20 Juli 2016