#LeatherDay - 25 Oktober 2016
Learn Together Day
Dari sekian banyak genre, entah mengapa Frienda greget pengen bahas tentang Misteri dan Horror.
Kita bahas ini pakai bahasa santai dan ala-ala lambemu turah aja ya, hahahaha. Biar cepet nyantol ke otak, kalau baku dan kaku banget bisa-bisa mampet. Hahaha.
Oke deh, apa kalian penggemar film atau cerita horror dan misteri? Sudah pernah mencoba untuk membuatnya?
Nah, menurutmu keduanya sama atau berbeda? Oke, sekarang kita kupas tuntas ya supaya gada lagi ambigu atau pun kekeliruan dalam membedakannya.
FYI, misteri dan horror keduanya berbeda walau sekilas hampir sama, bahkan nyariiiiiiis sama.
Di cerita horror itu si penulis berharap agar dia sukses mengaduk-aduk jantung pembacanya supaya takut untuk mengikuti isi ceritanya, sampai-sampai si pembaca berhalusinasi kalau dia mengalami kejadian menyeramkan itu. Namun, hal yang lucu dari sini adalah meskipun si pembaca ini ketakutan, ia merasa ada suatu rasa penasaran sekaligus ketagihan untuk terus mengikuti cerita ini hingga selesai. Lalu bagaimana sih membuat cerita horror yang menyeramkan? Pertama kalian harus memperbanyak literatur tentang cerita-cerita horror yang biasanya banyak beredar di masyarakat, cari tahu bagaimana sih bentuknya, suaranya, ciri-cirinya, hahaha. Intinya kamu harus membuat diri kamu sendiri merasa ketakutan akan tulisan yang kamu buat, karena pada akhirnya pembacamu pun akan merasakan hal yang sama. Kalau kamu sendiri aja nggak takut, bagaimana caranya membuat orang kain takut, toh?
Apa aja sih hal-hal yang sering muncul di cerita horror? Ya apa lagi kalau bukan hantu, dan best friendnya? Hihihi. Terkadang ada juga hal aneh berbau fantasi, misalnya si Brenda lagi baca buku sendirian di kamar, tiba-tiba ada suara kucing dari kolong kasur, dan pas dilihat ternyata kucing itu bertaring lima meter dengan mata merah menyala.Kedua, kita akan bahas misteri. Apa sih misteri itu? Misteri itu semacam permainan atau soal yang dituangkan dalam sebuah cerita. Sang penulis adalah pembuat soal, dan sang pembaca adalah sang penjawab alias pemecah permainan.
Isi dari cerita misteri bisa berupa pencurian, pembunuhan, atau apapun yang membuat pertanyaan dan berbagai asumsi di hati serta pikiran para pembaca. Apa sih itu? Yap itu merupakan sesuatu yang diselidiki oleh tokoh utama, dan secara tidak langsung, pembaca. Seringnya ada pelaku, tapi bisa juga tidak ada. Yang terpenting adalah menjawab pertanyaan "Bagaimana" dan "Kenapa". Di sini ada aturan yang mengikat penulis yaitu harus menyebarkan semua petunjuk di cerita sebelum bagian akhir atau penyelesaian, sehingga seluruh pembaca bisa menyusun puzzel-puzzel ini menjadi satu kesatuan jawaban.Perbedaan yang paling mencolok adalah harus ada penyelesaian di genre misteri. Sedangkan di genre horor tidak harus.
Oke ada pertanyaan dan masukkan, kah? Jika ada silahkam hubungi OA LINE kami dengan user id : @cei2364y
Insya Allah pertanyaan atau saran kalian akan segera dibalas oleh Frienda yang bertugas.
Thank You
-FWC MANAGEMENT-
KAMU SEDANG MEMBACA
Dapur Kepenulisan
SachbücherMohon maaf banyak part materi yang kami private dan hanya followers saja yang bisa melihatnya. Silahkan follow akun kami bila ingin membacanya. Mari kita berbagi dan sharing ilmu kepenulisan #133 Cerita Pendek - 20 Juli 2016