Kata Depan
Apa sih yang dimaksud dengan kata depan? Kata depan adalah kata yang menghubungkan kata benda dengan bagian kalimat. Kata depan biasanya digunakan untuk mengantarkan objek penyerta kalimat dan tidak boleh mengantarkan subjek kalimat. Selain kata depan di, ke, dari, dikenal juga kata depan pada, kepada, oleh, dengan, atas.
Kata depan adalah kata-kata yang secara sintaksis diletakan sebelum kata benda, kata kerja atau kata keterangan dan secara semantis kata depan menandakan berbagai hubungan makna anatar kata depan dan kata yang ada dibelakangnya.
Fungsi Kata Depan :
Apa aja sih fungsi-fungsi kata depan :
1. Penanda peruntukkan : bagi, untuk, buat, guna
2. Penanda asal : asal
3. Penanda keberadaan : di
4. Penanda arah menuju : ke, kepada, terhadap
5. Penanda cara : dengan
6. Penanda ihwal : tentang
7. Penanda pelaku : oleh
Aturan Penulisan Kata Depan :
Kata depan seperti "di", "ke", dan "dari" ditulis terpisah dengan kata-kata di belakangnya kecuali untuk kata-kata yang sudah dianggap lazim sebagai satu kata, seperti kepada, daripada dan sebagai imbuhan, seperti dipukul, dimakan dan lain-lain.
Contoh:
Di sana - Benar
Disini - SalahKe sekolah - Benar
kesekolah - SalahKata depan ditulis dengan huruf kecil jika digunakan di dalam kalimat sebagai judul.
Contoh:
Berlayar Dari Samudera Indonesia Ke Samudera Hindia Dan Antartika. - Salah
Berlayar dari Samudera Indonesia ke Samudra Hindia dan Antartika. - BenarJenis-Jenis Kata Depan
Apa saja sih jenis-jenis kata depan? Mari kita pelajari bersama.
Jika kita melihat dari fungsinya, kata depan dibagi menjadi beberapa macam. Di bawah ini adalah macam-macam kata depan dan juga contoh-contohnya:1. Kata depan penanda tempat keberadaan dan waktu, yaitu: di, pada, dalam, dan antara.
Contoh:
a. Mondy berangkat ke New York pada malam hari
b. Dahlia menaruh dompet di dalam sakunya ketika akan pergi ke pasar.
c. Kantor Ali terletak antara SMPN 196 dan kantor kelurahan.
d. Melissa belum menentukan tempat resepsi pernikahan antara Jakarta atau Padang.
e. Emol bekerja di PT. Makan, Tbk.
2. Kata depan penanda arah atau tempat asal, yaitu: dari
Contoh:
a. Sinta menjadi gila semenjak pulang dari London.
b. Ria menunggu kedatanganku di sana dari jam 10 pagi.
c. Karyawan baru itu pindahan dari Yogyakarta.
d. Pamanku baru pulang dari Ambon tadi siang.
e. Perusahaan itu bubar dimulai dari divisi yang paling sedikit.
3. Kata depan penanda arah atau tempat tujuan, yaitu: ke, kepada, akan, dan terhadap
Contoh:
a. Pada liburan yang akan datang aku akan pergi ke rumah kakekku.
b. Surat ini ditunjukan kepada bapak kepala sekolah SMAN 39 Jakarta.
c. Saya sangat menghormati terhadap apa yang Bapak sampaikan kepada kami semua.
d. Kita semua tidak mengetahui akan apa yang dilakukan olehnya nanti malam.
e. Prilly mengajak Mondy pergi berlibur ke Pulau Lombok berdua pada saat liburan lebaran nanti.
4. Kata depan penanda pelaku, yaitu: oleh
Contoh :
a. Pekerjaan itu dikerjakan oleh Ali sendiri.
b. Akibat terlambat Tyas dimarahi oleh guru bk di sekolah.
c. Ibu ditemani oleh bibi ketika pergi ke toko kue.
d. Ayah diberikan oleh-oleh kurma oleh Shinta.
5. Kata depan penanda alat atau cara yaitu: dengan, dan berkat
Contoh:
a. Ibu memotong rambut dengan menggunakan gunting.
b. Pras pergi kuliah dengan mengendarai sepeda motor.
c. Lantai rumahku sangat bersih berkat cairan pembersih.
d. Tugas kalian selesai berkat kerjasama yang baik.
e. Milla dan Marc berlari dengan sangat cepat.
6. Kata depan penanda perbandingan, yaitu: daripada
Contoh:
a. Rumahku lebih jauh daripada rumah Pras.
b. Jarak antara rumahku ke kantor lebih lama daripada rumah Pras ke kantor.
c. Pras lebih langsing 5 kilogram daripada berat Tyas.
d. Daripada nilaiku, nilai yang Jihan dapatkan lebih bagus.
7. Kata depan menunjukan suatu hal atau permasalahan, yaitu: tentang dan mengenai
Contoh:
a. Rapat pagi hari itu membahas tentang rencana kegiatan yang akan segera dilaksanankan.
b. Prastha bertanya mengenai sikap Koko padanya beberapa hari yang lalu.
c. Apakah kamu mengetahui berita tentang mundurnya Taufik Hidayat dari timnas Indonesia?
d. Dia menceritakan kepada kami semua mengenai kisah perjuangan hidupnya.
e. Tak ada lagi yang tersisa semua memori tentang Tyas selama hidupnya.
f. Tyas bertanya tentang sisa makanannya yang dibawa Pras.
8. Kata depan penanda hubungan akibat, yaitu: hingga dan sampai
Contoh:
a. Pencuri ayam itu dipukuli hingga babak belur.
b. Tyas menangis sampai air matanya mengering.
c. Rumahnya hancur hingga tak tersisa sedikitpun akibat diterjang banjir bandang.
d. Niall sangat rakus ketika makan sampai tak tersisa barang sebutir nasi pun di atas piringnya.
e. Marc berjuang dengan sangat keras hingga menjadi seorang pembalap sukses.
9. Kata depan penanda hubungan tujuan, yaitu: untuk, buat, guna, dan bagi.
Contoh:
a. Aku membuatkan kue ini khusus untuk Zayn yang sedang sakit.
b. Pras mengerjakan tugas biologi buat sahabatnya Srie.
c. Belajarlah yang giat guna masa depan yang cemerlang.
d. Bekerjalah yang rajin guna posisi yang strategis.
e. Pendidikan adalah hak yang sangat penting bagi seluruh anak-anak Indonesia.
f. Pras memintaku untuk menemaninya pergi ke luar kota untuk urusan sekolah.
***
Indonesia, 24 May 2016
KAMU SEDANG MEMBACA
Dapur Kepenulisan
Não FicçãoMohon maaf banyak part materi yang kami private dan hanya followers saja yang bisa melihatnya. Silahkan follow akun kami bila ingin membacanya. Mari kita berbagi dan sharing ilmu kepenulisan #133 Cerita Pendek - 20 Juli 2016