Oleh: Prof Dr Nasaruddin Umar
Dan, yang lebih dekat dengan kita ialah Nabi Muhammad SAW.
Beliau diceritakan kurang lebih enam tahun turun-naik gunung berkhalwat seorang diri di dalam gua pada Gunung Hira', di luar Kota Makkah.
Aktivitas khalwat mencapai puncaknya ketika beliau didatangi Malaikat Jibril yang menyampaikan wahyu pertama kepadanya, yang juga diabadikan dalam Aquran surah al-'Alaq (QS al-'Alaq [96]: 1-5).
Gua Hira menyimpan segudang rahasia. Di sinilah Nabi Muhammad menerima wahyu pertama yang sekaligus melantiknya sebagai Nabi dan Rasul. Alquran seperti yang ada di tangan kita pertama kali turun di tempat ini dengan peristiwa dahsyat.
Disebut dahsyat karena Nabi didatangi Jibril yang menyampaikan wahyu pertama kali di tempat itu. Nabi pun turun ke bumi dalam keadaan berkeringat dingin hingga beliau minta untuk diselimuti oleh Khadijah, istrinya, "Zammiluni... zammiluni (selimuti aku... selimuti aku)!"
Periode
Lamanya para salik melakukan khalwat bermacam-macam. Ada yang melakukannya sekitar tiga hari, seperti dilakukan Nabi Zakaria yang menahan diri tidak berkata-kata sampai tiga hari (QS Maryam [19]:10).Ada yang melaksanakannya sebulan penuh, sama panjangnya dengan puasa Ramadhan. Ada yang melakukannya 40 hari (arba'in), mengikuti kebanyakan praktik para sufi klasik. Ada yang melaksanakannya tiga bulan, seperti yang pernah dialami Nabi Musa ketika ia "pingsan" selama tiga bulan seusai menyaksikan "Cahaya" ciptaan Tuhannya di Bukit Tursina.
Bahkan, ada yang melaksanakan selama 310 tahun seperti ashhab al-Kahfi. Hal yang jelas khalwat merupakan kegiatan meditatif yang dilakukan dengan penuh persiapan dan perencanaan, termasuk mengindahkan sejumlah tantangan dan pantangan yang ada di dalamnya.
Red: Chairul Akhmad
#kolom nasaruddin umar #jalan hidup salikin
KAMU SEDANG MEMBACA
JALAN HIDUP SALIKIN
EspiritualKumpulan tulisan prof.dr Nasaruddin Umar yang berjudul jalan hidup salikin yang dimuat dalam kolom republika online... (sementara ini dulu rinciannya) Maksud ku ini berisi kumpulan kopian tulisan berjudul Jalan Hidup Salikin yang aku copy dari sit...