Wattpad Ambassador - INFO

5.8K 144 16
                                    

Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku kita banyak tahu semua hal. Tapi di abad 21 ini kita telah masuk pada era digital, dimana buku bukan lagi menjadi peranan penting untuk berbagi pengetahuan. Kalian sudah dapat mengakses semuanya melalui internet tentang hal-hal yang ingin kalian ketahui. Bahkan membaca novel pun sudah dapat kalian akses melalui internet, blog, e-book, scrib dan playstore. Apalagi buat kamu yang terbiasa mencari karya ilmiah atau meng-upload hasil tulisan kamu di Scribd, harus bersiap gigit jari. Situs yang terkenal dengan layanan pencarian, pengunggahan, dan pengunduhan dokumen dan karya tulisan dari berbagai negara ini telah memberlakukan sistem baru. Scribd memberlakukan aturan bahwa file lama yang tersimpan di situs ini akan dikenakan bayaran bagi pengunjung yang akan mengaksesnya. Namun, pemberlakuan program ini justru membuat Scribd menjadi tidak populer bagi para penulis dari seluruh dunia, walau masih banyak juga yang baca.

Era tersebut pun perlahan semakin ditinggalkan. Teknologi semakin maju, semakin banyak anak-anak muda mengembangkan kreatifitas mereka. Salah satunya sebuah aplikasi dimana kalian bukan hanya sebagai pembaca, tetapi juga menjadi seorang penulis yang membagikan cerita kalian. Inilah yang kita sebut Wattpad, sebuah komunitas e-book yang paling terkenal di seluruh dunia, wadah online yang mempertemukan pembaca dan penulis. Selain karena situs ini telah populer, soal hak cipta akan tetap menjadi penulis bukan menjadi milik Wattpad. Itulah mengapa penulis berhak menghapus atau bahkan meniadakan cerita yang telah dipublikasi oleh mereka. Bisa karena proses penerbitan, pengeditan ataupun menghindari plagiator.

allenlau , CEO dan salah satu pendiri Wattpad mengatakan, "Menghormati hak cipta penulis dan memberikan mereka kendali seratus persen dari isi mereka sendiri selalu menjadi salah satu nilai inti Wattpads." Lau juga menambahkan bahwa para penulis yang meng-upload hasil karyanya di situs ini akan terhubung dengan banyak orang dari seluruh dunia dengan cara yang lebih interaktif. "Hal ini karena kami dapat diakses dengan berbagai gadget seperti handphone hingga ipad," jelas Lau.

Selain kalian dapat membaca dan menulis, tentu kalian juga merasakan keluhan saat membaca ataupun menulis

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Selain kalian dapat membaca dan menulis, tentu kalian juga merasakan keluhan saat membaca ataupun menulis. Misalnya, kalian tidak mendapatkan pemberitahuan cerita terbaru atau wattpad yang tiba-tiba error dan tidak dapat mempublikasi cerita kalian, serta keluhan-keluhan lainnya yang pernah kalian rasakan. Semua hal tersebut dapat kalian laporkan kepada wattpad ambassador, sebuah perwakilan yang ditunjuk untuk membantu perbaikan yang membangun wattpad menjadi lebih baik. Untuk yang di indonesia telah ada 4 wattpad ambassador yang saya ketahui, yaitu raatommo , PriciliaChang , andhyrama , kontradiksi . (*kalau ada tambahan, kasih tau ya. >.<). Mereka ini biasanya yang memberi tahu berita-berita terbaru mengenai wattpad. Salah satunya tentang rumor wattpad yang bakal diblokir oleh kominfo.  Perihal ini diberitakan oleh raatommo , mengklarifikasi isu yang berkembang. Ia sempat menerima laporan-laporan dari para wattpaders tentang pemblokiran tersebut, mengingat banyaknya cerita-cerita stensil yang banyak beredar di wattpad yang sempat saya bicarakan di #savewattpad. Indonesia masih menganut budaya timur yang kental, jadi isu pemblokiran tersebut sempat menghebohkan semua jejaring wattpad yang menolak keras aksi pemblokiran tersebut. Banyak artikel wattpad yang mulai membuat ketidaksetujuan bahkan banyak terkesan menggurui. Tetapi kalian bisa berbesar hati, karena berita tersebut hanya hoax dan isu belaka.

My Favorite AuthorTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang