"Kamu itu yah bikin malu mamah aja. Mana tadi dipanggil buat minta maaf ngga keluar lagi. Kan kasihan dianya."
Herline alias Mamah wendy nyerocos sambil ngeberesin rantang-rantang yang baru balik dari rumah keluarga Dimas, Eko, Dewo dan Hotman. Sambil dibawa ke pencucian piring dimana wendy sedang melakukan tugas sore-nya.
"Udah dong mah. Ntar wendy minta maaf deh. Tapi nanti. Hari pertama puasa loh ini masa udah marah-marah aja. Tar batal loh mah." Wendy berusaha membuat mamanya tenang. Atau setidaknya berhenti mengomel. Dan bukannya si wendy ngga mau minta maaf cuman dia enggan aja ketemu Chiyo.
"Kamu juga sih ngga hati-hati. Mana rantang mama jadi korban lagi." Gerutu mama wendy sambil ngelusin rantang berwarna putih yang lapisan bujurnya sudah retak. Rantang terakhir yang belum di sabunin ama wendy.
"Yaudah mah. Ntar wendy cariin reparasi deh." Wendy mengambil alih rantang itu lalu mengelusnya sayang dengan sponge penuh busa melimpah.
"Ini penyok parah wen bukan sekedar bocor. Emang kamu lempar apanya Chiyo sih kok penyoknya parah gini." Wendy mikir sambil ngeliat langit-langit. Belaga sok mikir padahal mah dia tadi lemparnya sembarangan doang yang penting kena terus kabur.
"Hmm palanya kali yah mah?" Sok tahu si wendy mulai kambuh ini.
"Ya Allah wen. Kasian banget dia. Untung kepalanya kalo tadi muka dia, kan gantengnya bisa kurang terus gimana kalo hidungnya patah? Atau matanya kecolok." Dengerin mamahnya ngomong gitu bikin si Wendy ilfeel. Mak dia kek fan gelnya bities aja sampe berfikir keras terus ngutarain teori-teori kemungkinan.
"Yah tapi alhamdulillah kan ngga mah. Lagian dia ganteng dari mana?" Wendy agak sewot dengan panggilan ganteng.
Dari jaman SD mah si Chiyo itu bantet. Waktu masuk SMP malah kek jolokan. Wendy liatnya si Chiyo itu selalu salah soalnya ngga pernah akur. Yang paling parah waktu itu berantem gegara rebutan game boy ama tamagochi yang bikin mereka ngga temenan lagi bahkan sampai si Chiyo pindah buat ke-sekolah asrama waktu kelas 3 SMP.
"Ihh kamu teh. Dia itu mah ganteng. Putih, matanya besar, hidungnya mancung, tinggi. Kamu mustinya syukur punya tetangga kek gitu." Mamahnya mulai menilai fisik sempurna Chiyo itu.
"Syukur buat apa? Dia Ultramen yang abis selametin bumi emangnya?" Si wendy masih sewot.
"Yah ngga gitu juga atuh." Mamanya berjalan mendekat kearah wendy.
"Tapi bisa kali kamu bawa buat malam mingguan." Mamahnya ngebisiskin hal ini tepat di telinga kanan wendy.
"Ihh mama apaan sih. He's not my type. Ganteng itu relatif loh, lagian dia kayak jolokan gitu modelannya. Paling panter dia dipanggil kalo mau minta tolong gantiin lampu atau ambilin mangga dikebun belakang." Wendy memborbardir sambil terus gosokin pantat wajan bekas opor yang sebenernya udah kinclong.
"Wen. Ngga boleh gitu. Ngga boleh berlebihan ngatain atau ngebenci sesuatu." Si mamah memulai intro dari kultum sore.
"Kenapa emang?" Wendy mulai membilas satu persatu rantang bermerek seragam itu.
"Karena bulan puasa?" Ia kembali memastikan karena mamanya tak kunjung menjawabnya.
"Selain karena ini bulan puasa. Nanti bencinya bisa jadi cinta loh. Cinta mati malah" Denger hal itu, wendy yang baru aja ngelepasin sarung tangannya malah getok-getokin pala dia ama tanggan kananya lalu getok-getokin tangannya tadi ke meja batu dapur itu.
"Ampun. Ya Allah. Amit-amit. Jan sampe dah wendy ama dia. Wendy ngga seputus asa itu kok mah percaya deh." Wendy masih bertahan dengan gerakan getok-getok palanya.
"Ihh tuh kan. Itu kamu doanya begitu malah balik loh ke kamu." Si mamah mulai nakut-nakutin sambil liatin muka meyakinkan.
"Ihh mama ihh!" Wendynya malah kesel ngadepin mamahnya dan malah ninggalin dapur. Emang sih udah bersih tapi tadi dia udah janji mau bikinin Es buah naga buat buka.
"Dah ah, wendy mau nunggu magrib di depan TV aja." Dengan berjalan santai wendy kibas-kibasin rambut hitamnya.
"Loh bukannya mau bikin es? Itu buah naganya udah nunggu di kulkas." Mamanya nunjuk kulkas 2 pintu di ujung ruangan dapur.
Berhenti sebentar wendy sambil garuk-garuk jidat sambil liat langit. Terus balik sebentar cuman buat bilang.
"Ntar aja deh. Wendy malah pengennnya es ekstrak nangka."
"Kamu mah plin-plan. Tihati ntar kamu malah plin-plannya keterusan." Denger hal itu wendy berbalik lagi ke arah mamahnya.
"Keterusan? Maksudnya?" Wendy menyerengitkan alisnya bingung. Mungkin hari pertama puasa bikin dia agak telat mikir dan ngga peka.
"Iya keterusan plin-plan cari jodoh." Si wendy yang tadi udah penasaran malah balik lagi pergi. Bener-bener ngga mood dia kalo udah bahas jodoh ama mamanya.
KAMU SEDANG MEMBACA
[Complete] Ramadan: Bulan Cinta | Wenyeol 2016
Cerita PendekBulan puasa. Bulan Ramadhan. Cuman sekali setahun. Dan sekali setahun itu lah yang paling wendy tunggu. Soalnya . . .