hay guys....
untuk readers ku tercintah yang hanya sedikit yang baca dan tolong kasih vote and masukan dong...
kali ini aku kasih resep cara membuat nasi liwet solo. liwet dalam bahasa jawa artinya menanak nasi di sebuah kendil/ dandang.
Nasi liwet adalah makanan khas kota Solo dan merupakan kuliner asli daerah Baki, Kabupaten Sukoharjo. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).
Bahan:
• Beras
• Ayam kampung
• Santan kental
• Daun salam
• Garam
• Santan encer
• Bawang merah
Lodeh labu siam/jangan jipang
Bahan:
• Minyak goreng
• Cabai merah
• Daun salam
• Lengkuas
• Labu siam
• Petai
• Santan encer dari ½ butir kelapa
Bumbu halus:
• cabai merah
• bawang merah
• bawang putih
• terasi bakar
• gula pasir
• garam
pelengkap:
• telur bacem
• kerupuk kulit
• Telur ayam
• sambal terasi
cara membuat nasi liwet:
1. masak santan kental. Bersama 3 lembar daun salam, dan 1 sdt garam. Kecilkan api, teruskan memasak hingga pati santan kental naik ke permukaan terpisah dari santan bening. Ambil pati santan kental dari santan yang bening. Kerjakan beberapa kali sampai tak ada lagi pati santan kental yang terbentuk dipermukaan, angkat santan bening. Campur santan bening dengan 1600 cc santan encer untuk merebus ayam. Santan kental yang terbentuk dan terkumpul ini disebut areh.
2. Ayam suwir: ambil 1000cc santan encer, gunakan untuk merebus ayam. Masukkan 5 lbr daun salam, 1 sdt garam, dan bawang merah iris. Setelah ayam masak dan empuk, angkat, suwir-suwir. Tuangkan sisa santan perebus ayam pada sisa santan encer, yang nanti akan digunakan untuk membuat nasi gurih.
3. Nasi gurih: rendam beras selama 1 jam, cuci tiriskan. Kukus 15-20 menit hinnga ½ masak. Angkat. Pindahkan kealam panci. Tuangkan -+ 800-1000cc sisa santan (tergantung jenis beras) , bubuhkan 1sdt garam dan 4-7 lbr daun salam masak hingga santan habis terserap beras atau nasi ½ matang, angkat. Kukus dalam dandang hingga matang, angkat, hidangkan bersama lauk pelengkapnya.
4. Telur kukus: kocok telur bersama 3 sdm santan(dari santan yang ada), beri ¼ sdt garam. Kemudian kukus dalam wadah / loyang segi4 , selama kurang lebih 15-20menit, angkat, potong potong ukuran 1x3x4 cm.
Cara membuat sayur jipang:
1. Iris labu ukuran batang korek api. Kupas petai, iris kecil memeanjang.
2. Tumis bumbu halus, masukkan cabai iris, daun salam, lengkuas. Setelah harum, masukkan irisan labu siam dan petai.
3. Aduk sampai rata, tuang santan. Masak hingga seluruh bahan masak, angkat.
Menyajikan nasi liwet:
Nasi dituang dalam piring beralas daun pisang tambahkan ayam suwir,tahu kukus,bubuhkan santan areh diatas ayam dan tahu, beri sayur labu siam/ jangan jipang, kerupuk kulit dan sambal terasi goreng.
tips dan trik:
1. gunakan kelapa yang diparut tangan karena hasil santan arehnya lebih bagus.
2. jika membuat sayur jipang aduk sayurnya searah supaya santannya tidak pecah
KAMU SEDANG MEMBACA
resep masakan kuliner
Randommemuat resep masakan khas indonesia dari dapur nenek moyang yang kaya akan rempah rempah bahannya mudah didapat dan terdapat diseluruh indonesia. dan kotinental atau eropa yang kaya aka keju dan susu.