Malam itu,aku tengah berkumpul bersama teman SMA ku di suatu cafe. Bisa dibilang kita reuni tapi dengan beberapa orang tertentu saja, bersama sahabat di SMA. Kami curhat-curhat mengenai pekerjaan, dan bahkan diantara kami ada yang sudah menikah lalu memiliki anak. Kami berbagi cerita semasa kuliah dan kerja. Hingga tiba-tiba kami jadi bercerita hal mistis yang secara langsung kami alami.
Saat itu, temanku yang bernama Audrey menceritakan kisahnya ketika dirinya sempat di temui kuntilanak ketika hamil. "waktu itu, gue lagi hamil tua. Gue bangun tengah malam sekitar jam 2 , gue gak tau kenapa gue bisa bangun jam segitu. Akhirnya gue bangun dari ranjang mau ke dapur ambil minum. Tapi pas gue buka pintu, gue langsung ngeliat tuh kunti di depan gue persis !!! hii.. Serem banget, dia gak liatin gue!! Tapi,dia liatin perut gue. Gue langsung banting pintu dan lari pontang panting ke kasur. Gue tidur lagi. Nah, besoknya gue pergi ke pak haji. Terus gue disuruh pakein peniti sama jahe di sekitar perut gue. Semenjak itu, gue gak diganggu lagi"
Semua saling tatap. Lalu, Amel nyeletuk "ih, serem ya. Gue jadi takut" Katanya yang sekarang baru saja menikah 3 hari yang lalu.
Raja, sahabat cowo gue yang sekarang umurnya 25 tahun sama kaya gue dan sahabat-sahabat SMA gue. Dia mulai teringat akan suatu hal yang gak kalah serem juga.
"kalo gue waktu itu pernah ngalamin yang namanya naik angkot hantu! Jadi waktu itu gue lagi nunggu angkot di halte depan hotel Citra Jaya, nah waktu itu sepi banget jalanan karena udah jam 11 malem. Tapi gue tetep ngotot mau naik angkot. Gue tungguin setengah jam engga ada juga. Hampir gue pengen naik taxi, tiba-tiba angkot yang gue tungguin ada di depan gue. Gue langsung naik dong, terus gue duduk di bangku paling pojok karena yang kesisa cuma bangku itu, yang lain penuh. Gue negor cewe disamping gue. 'masih rame aja ya mba angkot, padahal udah malem gini' nah,cewe itu diem aja sambil terus nunduk. Gue liat matanya enggak merem, terus gue pun senyum kecut karena merasa dikacangin. Lalu, gue lihat ke jalanan. Lho kok ini jalanan gak pernah gue liat, ini bukan jalan menuju rumah gue! "
"... Terus gue panik, gue tanya ke kakek di depan gue 'pak, ini mau kemana ya? Kok gak lewat jalan kemangi?' kakek-kakeknya senyum ke gue, tapi aneh banget senyumnya. Terus dia bilang gini 'ini mau ke TPU persimpangan dek' gue kaget dong, ngapain kesana? Itu kan daerahnya bukan lintasan angkot juga. Disitu gue mulai curiga, akhir nya gue liat satu persatu orang yang ada di dalem angkot. Mereka pucat pasi, diem aja. Terus gue liat abang angkotnya, biasa aja sih tapi sempet ketahuan lagi liatin gue dari kaca supir. Akhirnya gue foto diem diem pas gue lagi di angkot. Terus gue minta turun tapi ga diturunin,akhirnya gue bangun sendiri terus gue loncat dari pintu. Untungnya gue jatoh di rerumputan. "
Gue merinding denger cerita si Raja, gue pun mendekatkan bangku gue ke Amel.
"Nah, pas gue jatoh ternyata gue ada di jalan yang kanan kirinya itu TPU persimpangan, kalian tau kan yang di daerah deket rumah gue. Akhirnya gue pesen ojek online, biarpun mahal sedikit yang penting gue bisa balik. Dan pas dijalan abang ojek nya tadi ternyata mangkal di pos satpam dekat dengan tempat gue jatoh dari angkot, nah kata abang ojeknya, dia daritadi sama sekali engga ngeliat angkot lewat. Pas sampe rumah, gue inget kalau gue sempet foto angkot itu, dan ternyata... Hasil fotonya kayak gini! "
Raja nunjukin hp nya,disana ada foto di dalem angkot, tapi angkot itu kosong! Beneran kosong, supirnya pun gak ada. Tapi dilihat dari keadaan di luar jendela angkot, angkot itu lagi jalan. Serem banget sumpah.
Setelah puas bercerita,gue pun balik ke rumah karena besok gue ada lembur kerja.
Jam sudah menunjukkan pukul 11.30 , badan gue pegal pegal sehabis lembur di kantor, batre hp gw lowbat dan gak bisa minta jemput ke adik gue. Akhirnya gue jalan kaki dari kantor ke halte di depan hotel Citra Jaya, gue berniatan untuk naik angkot,lalu turun di tempat pangkalan ojek yang nggak jauh dari situ ada rumah gue.
Gue pun teringat cerita si Raja. Angkot yang dinaiki nya memang berbeda dengan angkot arah ke rumah gue. Tapi tetep aja gue takut. Disamping gue ada 2 cewe yang sepertinya sekantor sama gue, akhirnya gue pun menyapa mereka
"mau naik angkot 12 bukan, mba? " Tanya gue ke mereka berdua.
"Enggak, kita mau naik angkot 01,kok daritadi gak lewat ya? Apa karena malem jadi mereka udah gak narik? " Kata salahsatu cewe disana.
01 ? Itu kan angkot yang diceritain si Raja? Lalu tiba-tiba gue ngeliat di depan halte ada angkot 01 yang penuh banget. Tapi anehnya, dua cewe disamping gue malah gak naik.
"duh,gak ada juga itu angkot yaudah naik taxi aja yuk, Sar" celetuk salahsatu cewe itu kepada temannya. Dan mereka pun pergi mencari ke tempat pangkalan taxi yang tidak jauh dari halte. Dan, angkot itu masih ada di depan halte. Gue takut, pasti ini angkot lagi nungguin gue naik, dan akhirnya angkot 12 pun datang, tidak terlalu ramai, tapi setidaknya ini angkot asli. Setelah naik, gue pun tetap melihati angkot 01 itu, angkot itu tetap saja berada disana, namun tidak ada yang melihat bahwa disana ada angkot.