PENGUMUMAN!

1.5K 142 24
                                    

Oke, di sini saya sangat kecewa dengan pengamanan wattpad. Cerita ini kena mirror site dan di website itu cerita ini bisa dengan mudahnya dicopy-paste dan diaku menjadi milik orang lain.

Well, saya kaget. Karena ini pertama kalinya saya mengalami ini. Dan ternyata bukan hanya saya yang mengalaminya, tetapi teman saya juga mengalami hal ini.
Cerita saya persis hingga bahkan menuliskan nama pena saya di dalamnya.

Jadi, apakah saya akan menghapus cerita ini?

Well, sebenarnya ada niatan untuk menghapus Hover. Karena saya penulis yang menghargai karya saya, dan saya tidak rela karya saya dipublish di tempat lain tanpa persetujuan saya, bahkan walaupun itu adalah mirror site sekalipun. Saya benar-benar tidak suka akan hal ini. Saya bersusah payah membuat cerita ini dengan menggunakan otak merangkai kata demi kata agar menciptakan sebuah paragraf yang menjalin sebuah cerita. Dan jika saya merasa tidak puas, saya akan menghapus paragraf tsb dan kembali mengetik dari awal. Perjuangan saya untuk menulis cerita bukanlah hal yang mudah, dan saya yakin begitupula dengan penulis lainnya.

Dan sekarang, saya lihat karya saya dimuat di web lain yang orang-orang dapat dengan mudah mengakses atau bahkan mengcopy-paste cerita saya tanpa tanggung jawab. Apakah saya akan diam saja ketika karya saya dicuri seperti itu? Tentu tidak.

Akan tetapi, saya masih memikirkan pembaca. Saya memiliki tanggung jawab pada kalian akan cerita saya yang belum selesai. Lagipula saya juga bukan penulis besar. Oleh karena itu, saya mengurungkan niatan saya untuk menghapus cerita saya.

Dan solusinya adalah, hover akan saya private secara acak untuk menghindari mirror site atau sejenisnya. Semoga saja solusi ini dapat mengatasi permasalahan yang cukup meresahkan untuk saya ini. Dan jika solusi ini juga tidak berhasil, maka saya tidak ada cara lain selain pindah ke tempat lain.

Di web itu, cerita hover secara lengkap persis seperti apa yang ada di wattpad. Bahkan hingga nama penulis pun persis dengan apa yang ada di sini. Mirror site itu sangatlah tidak aman, karena tidak seperti di wattpad yang pembaca tidak dapat mengcopy suatu cerita. Di mirror site, semua orang bebas mengcopy-paste karya orang lain semau hatinya. Saya benar-benar takut jika cerita ini akan di copas oleh org org yg tidak bertanggung jawab.

Bukannya saya lebay atau berlebihan, hanya saja saya benar-benar menghargai karya saya dan tidak ingin karya saya disalah gunakan seperti ini.

Oleh karena itu, apabila ada di antara kalian yang menemukan sebuah karya milik orang lain yang mengadaptasi, mengambil, mengubah, membajak, menerjemahkan, menjiplak sebagian atau seluruh dari cerita ini harap lapor pada saya. Keputusan kalian untuk melaporkannya pada saya akan sangat saya hargai.

Terima kasih atas cinta dan dukungan kalian! Sampai jumpa di next chapter!

2017년 05월 26일

조 남 혜

HOVER (Don't Leave Me Series)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang