Pendahuluan - Teori Konspirasi

10.3K 495 5
                                    

Teori Konspirasi adalah teori yang berusaha menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu atau serangkaian peristiwa (umumnya peristiwa politik, sosial, atau sejarah) adalah suatu rahasia, dan seringkali memperdaya, direncanakan secara diam-diam oleh sekelompok orang atau organisasi rahasia yang sangat berkuasa atau berpengaruh.

Banyak teori konspirasi yang mengklaim bahwa peristiwa-peristiwa besar dalam sejarah telah didominasi oleh para konspirator belakang layar yang memanipulasi kejadian tersebut.

Teori konspirasi ada di seputar gerak kehidupan manusia, tidak hanya menggerakkan langkah-langkah yang bersifat rasional atau ilmiah, tetapi juga melibatkan hal-hal yang bersifat irrasional dan mistik. Dari urusan politik hingga agama.

Bagi yang tidak percaya, teori ini dianggap sebagai sekedar bualan, olokan, mengada-ada, dan lain sebagainya. Bahkan ada yang menganggapnya sebagai cerita yang dikarang oleh orang-orang paranoid.

Hal itu disebabkan karena mereka menganggap bangunan argumentasi teori ini tidak kokoh - hanya menghubung-hubungkan satu fakta dengan fakta lainnya yang seolah-olah saling mendukung, bahkan kadang hanya dilandasi oleh cerita rakyat atau legenda.

Pada halaman-halaman berikutnya, penyaji akan mencoba menyajikan beberapa teori konspirasi yang sangat berpengaruh di dunia, namun jangan di anggap sebagai sebuah fakta (kebenaran) yang mutlak, karena teori konspirasi sendiri tidak butuh sebuah pengakuan pembenaran.

Maka, bacalah dengan bijak.

Salam hormat bagi tuan dan puan sekalian,

Penyaji.

teori konspirasiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang