Pada awal januari 2012, penggemar misteri dan ahli pemecah kode daro seluruh dunia ditantang untuk memecahkan teka-teki paling rumit di internet. Tak tanggung-tanggung, teka-teki tersebut bahkan meliputi kode-kode kriptografi rumit, teori musik klasik, bahkan hingga puisi abad pertengahan. Mereka menamakan diri sebagai "CICADA 3301".
Cicada 3301 adalah nama sebuah organisasi yang telah enam kali memasang teka-teki yang sangat susah untuk di pecahkan, serta permainan-permainan realita alternatif yang manarik perhatian para pekerja ahli di dunia.
Cicada 3301 memiliki lambang hewan Cicada (di Indonesia dikenal dengan Tonggeret) yaitu hewan yang menyerupai jangkrik. Mengapa organisai misterius ini memasang gambar hewan Cicada sebagai lambangnya? Nama hewan Cicada diambil sebagai lambang bukan tanpa alasan. Ternyata hewan ini memiliki siklus hidup yang unik yaitu 13 dan 17 tahun. Dimana angka 13 dan 17 keduanya adalah bilangan prima.
Teka-teki pertama di internet dibuat sejak 4 Januari 2012 yang lebih kurang dijalankan selama satu tahun, lalu teka-teki kedua dibuat pada 4 Januari 2013, dan teka-teki mulai dibuat sesudah adanya pemberian petunjuk-petunjuk baru yang pemberitahuannya ditempatkan di Twitter sejak 4 Januari 2014.
Arahan perhatian tersebut dimaksudkan untuk mengambil orang-orang cerdas sebagai pekerja dengan menyajikan rentetan teka-teki supaya masing-masing persoalannya bisa diselesaikan dalam rangka mencari penyelesaian masalah pada teka-teki berikutnya, teka-teki tersebut banyak membahas soal keamanan data, kriptografi, dan steganografi.
Teka-teki Cicada 3301 (4 Januari 2012)
Teka-teki tersebut telah disebut sebagai teka-teki yang paling rumit dan paling tersembunyi selama zaman internet. lalu tercantum sebagai salah satu dari lima ke-gaiban yang belum memiliki penyelesaian masalah dan paling mengerikan di internet menurut The Washington Post , Banyak orang yang memiliki dugaan yang mempertimbangkan bahwa teka-teki tersebut merupakan sebuah alat penerimaan tenaga-tenaga baru untuk NSA, CSS, CIA, MI6, dan sekelompok orang sewaan yang berperan hidup di dunia maya.
Orang-orang telah mendakwa bahwa Cicada 3301 adalah suatu permainan kenyataan alternatif, tetapi kenyataan yang timbul bahwa tak ada satupun perusahaan dan orang yang mencoba menghasilkan uang dengan teka-teki itu. Hal tersebut menyebabkan banyak yang merasa penyelesaian masalah dalam teka-teki itu sulit dicari. Orang-orang lain pula mendakwa bahwa teka-teki tersebut dijalankan oleh suatu bank yang menjalankan pengaturan cara penyembunyian mata uang (atau cryptocurrency)
Sejak keluarnya tantangan teka-teki misterius tersebut, beberapa lampu jalan di Negara-Negara seperti Spanyol, Belanda, hingga Rusia memasang QR Code teka-teki Cicada 3301. Entah siapa yang memasang poster-poster tersebut di lokasi tidak ada yang pernah mengetahuinya. Namun yang pasti mulai dari pemecah kode amatir, penggemar misteri, hingga detektif tertantang untuk memecahkan kode-kode rumit yang ada didalamnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
teori konspirasi
Fantasyserangkaian kisah dan cerita konspirasi dari berbagai penjuru dunia yang disajikan dalam bahasa. tulisan ini sangat tidak sempurna, dan penyaji hanya mencoba menyajikan bagi anda sekalian para penikmat. silahkan dinikmati, tuan dan puan yang terhorm...