kolase1. n. komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan (dari kain, kertas, kayu) yang ditempelkan pada permukaan gambar
2. Sas teknik penyusunan karya sastra dengan cara menempelkan bahan-bahan, seperti ungkapan asing dan kutipan, biasanya dianggap tidak berhubungan satu dengan yang lain
Itulah arti kolase dalam KBBI dan saya merasa, memberi work ini judul KOLASE sepertinya cocok.
KOLASE nggak akan berisi cerita fiksi seperti work saya yang lain. Ini juga bukan merupakan karya non-fiksi karena saya nggak akan memaparkan angka atau hasil riset dan berisi kebenaran mutlak. KOLASE, secara singkat akan berisi pendapat tentang isu-isu dari artikel-artikel yang menurut saya menarik. Tentu saja, sifatnya 100% subjektif karena setiap bagiannya akan berisi opini dari saya.
Jika ada yang bertanya, sebenarnya, apa alasan saya menulis ini? Bukankah udah banyak banget work serupa di Wattpad?
Jawabannya sederhana: karena saya ingin.
Saya nggak akan membahas tips menulis atau memberikan rekomendasi cerita karena ngerasa belum mumpuni untuk itu. Jadi, KOLASE ini murni didasari keinginan menuangkan opini yang biasanya muncul setiap kali saya selesai membaca sebuah artikel. Kemungkinan, akan saya sertakan tautan artikel aslinya dan siapa tahu, kita bisa terlibat diskusi menarik tentangnya. I’m open for discussion about various topics. Entah sejak kapan, hal pertama yang saya lakukan tiap bangun tidur adalah membuka tautan-tautan dari beberapa page yang saya follow di Facebook dan bisa menghabiskan satu jam lebih untuk membacanya. Banyak informasi menarik yang bisa saya dapatkan dan lebih sering, saya nggak punya teman/rekan yang bisa saya ajak berdiskusi tentang artikel yang saya temukan. Terkadang, saya membagi artikel tersebut di halaman Facebook dan nggak jarang, komentar-komentar dari teman pun bisa menjadi sesuatu yang menarik. Hanya saja, saya ngerasa Wattpad akan ngasih fleksibilitas yang lebih, mengingat banyak pembaca di Wattpad yang nggak berteman dengan saya di Facebook.
Jadi, KOLASE ini saya harap akan dianggap sebagai opini, bukan kebenaran yang absolut. A friend once said, he wanted to see me writing an essay, because he thought I would be good at it. KOLASE ini mungkin jauh dari kata esai (atau mungkin bisa disebut esai? Entahlah) tapi selama kebebasan berpendapat masi dijunjung, saya ingin menggunakannya sebaik mungkin.
Mengenai topik di KOLASE, saya nggak akan membatasi diri dengan hanya membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan isu LGBTQ, tetapi apa pun yang menurut saya menarik. Makanya, KOLASE saya jadikan judul untuk work karena alasan tersebut. Namun, saya pastikan, akan ada isu-isu yang berhubungan dengan LGBTQ yang dibahas di KOLASE. Jika ada yang keberatan dengannya, saya persilakan untuk meninggalkan halaman ini dengan segera karena kalau ada ketidaknyamanan yang timbul, saya nggak bisa bertanggung jawab.
Selanjutnya, saya persembahkan:
KOLASE
Shimbalaiê,
Abi
KAMU SEDANG MEMBACA
KOLASE
RandomKolase merupakan kumpulan opini-opini akan berbagai isu yang menurut saya, Abiyasha, menarik untuk dibahas. Opini, tentu saja bersifat subjektif, dan Kolase pun tidak akan jauh berbeda. Isu-isu yang dibahas di Kolase tidak akan terbatas pada LGBTQ s...