9 - ABIYASHA'S BOOKS OF THE YEAR

250 29 66
                                    


Dear all,

Saya balik lagi nih, tapi bahasan KOLASE kali ini lebih ke soal buku. One of my most favorite things in the world aside from writing. Tiap awal tahun, saya selalu ikut Goodreads Challenge. Apa itu Goodreads Challenge? Jadi Goodreads (silakan dicari tahu sendiri apa itu Goodreads) tiap tahun ngadain challenge soal berapa banyak buku yang pengen kita baca dalam satu tahun. Kalau nggak salah, saya mulai ikut tahun 2013. Nggak selalu target saya tercapai, tapi udah dua tahun belakangan, saya melebihi target. Tahun ini saya nargetin baca 35 buku karena nggak mau muluk-muluk dan nggak mau seperti dikejar deadline, tapi sampai awal Desember, saya udah baca 52 buku (on the way to 53) dan temanya pun beragam. Selain baca ulang Harry Potter (pertama dan terakhir baca pas SMA, jadi udah 13 tahun lalu) bacaan saya bisa dibilang beragam. Mulai dari chicklit, womanlit, ladlit, literature, non-fiction, historical fiction, sampai YA. Saya ngerasa, buku-buku yang saya baca tahun ini lebih bervariasi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu, saya bikin daftar 10 buku favorit dan tahun ini, saya pengen bikin daftar serupa. Buku yang saya baca bukan berarti harus terbitan tahun ini ya? Bisa aja buku dari tahun-tahun sebelumnya tapi baru saya temuin tahun ini.

Kategorinya apa sih sampai saya masukin 10 buku ini dibanding 40-an buku lainnya? Saya nggak punya kategori khusus, tapi yang pasti, buku-buku ini ngaruh banget ke saya. Entah itu kepengen menulis dengan gaya nulis yang beda atau alasan paling sederhana, buku-buku ini yang paling memorable tahun ini dibanding 40-an buku lainnya dan punya kemungkinan akan saya baca lagi di kemudian hari.

Tanpa berlama-lama lagi—halah—inilah daftar 10 buku paling favorit versi Abiyasha (in no particular order):

- Honestly Ben by Bill Konigsberg (gay themed)

Buku ini bertema YA (young adult) dan merupakan sekuel dari Openly Straight yang dirilis tahun 2013

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Buku ini bertema YA (young adult) dan merupakan sekuel dari Openly Straight yang dirilis tahun 2013. Seperti sering saya bilang, saya bukan penggemar sekuel, tapi Honestly Ben ini jauuuuuuuh lebih bagus dari Openly Straight. Karakter Ben beneran bulat. Tipikal karakter cowok YA yang populer, pinter, jago olahraga seperti jadi pelengkap buat Ben karena inner struggle dia yang paling disorot. It's the perfect example of YA and a sequel. Gara-gara baca buku ini, saya pun jadi makin semangat buat ngerjain sekuel Glenn dan tergelitik buat nulis young adult, genre yang sebelumnya nggak pernah saya jamah. Begitu sampai halaman terakhir, saya beneran nggak bisa pisah dengan Ben. I'd fallen in love with him. Meski temanya masih seputar coming out, ceritanya sangat nggak tipikal. I just love this book so much. Bahkan, saya nggak akan ragu masukin buku ini sebagai salah satu buku terbaik yang pernah saya baca. It is that good!

- So You've Been Publicly Shamed by Jon Ronson

- So You've Been Publicly Shamed by Jon Ronson

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
KOLASETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang