4 - VOLUNTEERING

370 56 53
                                    


Setelah dua post terakhir bahasan saya cukup serius, kali ini, saya mau bahas yang ringan-ringan aja. Dan topik yang bakal saya omongin, nggak berdasarkan artikel yang menurut saya menarik, tetapi based on my own experience, and I always love talking about it, hahahaha.

Volunteering dan jadi volunteer, atau jadi sukarelawan mungkin kata yang masih cukup asing buat masyarakat kita. Bayangan sukarelawan pastilah langsung mengarah ke bencana alam atau yang sifatnya sangat sosial. Sebenernya, nggak salah sih, karena definisi sukarelawan itu sendiri ya ... ngebantu tanpa pamrih. Kita pengen nyumbang (dalam artian tenag, waktu, dan pikiran) karena memang kita bisa DAN mau. Dan bentuknya memang macem-macem. Cuma ... yang pengen saya bahas sekarang adalah tentang EVS atau European Voluntary Service. Mungkin masih terdengar asing banget karena memang gemanya nggak terlalu kenceng di Indonesia.

Sebelum bahas tentang EVS, saya sebenernya nggak asing dengan yang namanya volunteering. Bukan karena saya aktif banget pas kuliah dulu atau gimana. Cuma tahun 2011, saya kepengen banget jadi volunteer di UWRF (Ubud Writers & Readers Festival—salah satu festival literasi paling oke se-ASEAN) dan karena syaratnya waktu itu cuma daftar aja, ya udah. Saya excited banget sih pas keterima. Saya kebagian jadi floater, jadi tugasnya nggak tetap. Selama festival berlangsung, saya kebagian jemput para penulis di bandara (jemput Andrea Hirata, Putu Wijaya, dan beberapa penulis lain) terus ada di green room (ini tempat para penulis ngopi-ngopi dan snacking sebelum dan sesudah sesi mereka) dan pastinya, bisa dateng ke semua sesi festival dengan gratis, asalkan nggak bentrok dengan tugas kita sebagai volunteer. Dan karena saya dapet tugasnya sebelum festival mulai (jemput penulis di bandara) makanya saya punya cukup banyak kesempatan buat dateng di sese-sesi menarik. Berada di sana tuh kayak surga karena saat itu, saya baru mulai nulis dan liat penulis-penulis handal saling ngobrol ... buat saya wow banget. Saya juga dapat kesempatan buat hadir di dinner-nya para penulis. Padahal volunteer sebenernya nggak boleh ada di sana, but, in a way, saya justru ditugasin di sana buat ngecekin tamu-tamu yang dateng. Duduk di depan DBC Pierre (dia menang Man Booker Prize tahun 2003) itu surreal banget. It was one of the best experiences in my life. Dan bisa dibilang, sejak itu saya jadi semangat nulis.

Di tahun yang sama, saya ditawarin temen buat jadi volunteer di BALINALE International Film Festival. Dan meskipun pengalamannya nggak seseru pas UWRF, tapi buat saya, itu tetep berkesan.

Terus awal tahun 2014, kenalan saya mulai dikenalin dengan yang namanya EVS. Awalnya sih karena temen yang saya kenal lewat Couchsurfing mau buka kantor cabang NGO di Bali. Mereka sebelumnya udah punya kantor di Hastings, UK. Nah, project pertama mereka ini adalah ngundang 3 volunteer (dari Spanyol, Estonia, dan Turki) buat tinggal di Bali selama 6 bulan. Aktivitas mereka di Bali sih macem-macem. Mereka ke beberapa SD dan panti asuhan di Bali, baik buat ngajar bahasa Inggris, ngajar ketrampilan, fotografi, games, sampai ngadain pameran foto. Dan karena mereka butuh pendamping buat nerjemahin ke bahasa Indonesia, maka founder NGO (yang sekaligus temen saya ini) ngajakin temen-temen dari komunitas Couchsurfing buat bantuin. Awalnya sih saya ragu bisa karena nggak pernah terlibat dengan hal semacam itu, tapi setelah diyakinin, akhirnya saya mau nyoba. Modal saya? Cuma waktu dan bahasa Inggris aja. Udah. Dan iming-imingnya waktu itu, nanti mereka bakal kirim kami (local volunteer) ke Eropa. Saya, yang memang udah dari SMA pengen banget, tergoda pastinya, hahahaha. It was fun! Karena yang saya kejar waktu itu sebenernya pengalamannya dan menjalin pertemanan, jadinya asik-asik aja. NGO ini (namanya ACT GLOBAL) pakai time bank gitu. Jadi, berapa jam kita volunteering, nanti dicatet buat pertimbangan mereka nanti siapa-siapa aja yang dikirim ke Eropa.

KOLASETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang