iya, ini ngomongin jonghyun shinee.
mendiang kim jonghyun.first of all, gue bukan lagi latah ikut2an orang tiba2 ngomongin jonghyun. sebenernya emang ini buku buat curhat gak jelas kan ya, jadi nggak ngarep ada yang baca juga sih.
gue merasa alay bikin ginian, tapi ya gimana kenyataannya gue emang lagi sendirian banget dan nggak ada yang diajak ngomong.
iya, kasian emang.
kayak sm stationnya jonghyun ft. taeyeon ㅡlonely.gue lahir nggak jauh sama taemin, maknaenya shinee. pertama kali tau shinee pas 2009, mereka udah setahun debut tuh, gue ngerasa muda karena shinee tuh range umurnya kelahiran 1989-1993.
sebelum shinee, gue suka t-max. tapi nggak sengestan kayak ke shinee.
ult bias gue onyu sih, tapi selama ngestan shinee sumpah deh ya feel-nya tuh beda, bisa banget bikin sayang ke lima-limanya.shinee adalah fandom pertama yg gue datengin gatheringnya, dan dengan bangganya gue cantumin di nama facebook. iya, alay. tapi itu keren pada masanya.
shinee fandom pertama yang bikin laptop gue penuh video mereka sampe HDD nya rusak dan gue dimarahin sama ortu abis2an.
first impression terhadap jonghyun, gue kira dia leader. mungkin jutaan orang juga kira dia leadernya, bukan onyu.
iyalah, badan kekar muka sangar gitu, nggak kayak onyu yang imut-imut kayak tahu.tapi selama 9 tahun ini mantengin shinee, kim jonghyun yang paling sering nangis.
dia itu hatinya kayaknya gampang tersentuh, orangnya terharuan, gampang nangis, dan nangisnya beneran kejer.
gue nggak tau sih dia aslinya kayak gimana, tapi yang gue liat sih dia itu paling perhatian sama temen-temennya dan walaupun sering ngebully tapi dia selalu bikin suasana jadi 'shinee' banget ㅡkalo udah kolab sama key apalagi.
he's a nice person, indeed.
pas denger kabar jonghyun meninggal, reaksi pertama gue adalah YA NGGAK PERCAYA LAH.
temen2 shawol gue udah pada merit, fyi. dan udah lama juga kontak mereka hilang, dulu soalnya kita smsan dan chat di fb ㅡbelum jaman line dan android etc.
yaudah, gue cuma bisa blank sambil ngecek fanbase, ngecek akun2 sm, ngecek akun random.... sambil bilang dalam hati "nggak mau plis nggak mau"
but later, it's confirmed.
iya, kim jonghyun meninggal.
beneran, bukan hoax.ya udah.
ya emang gue nggak tau mau ngapain lagi, mau nangis juga malu, hasilnya tenggorokan ini sakit karena nyesek.
tadinya mau makan nasi padang, sumpah jadi nggak napsu.gue sedih, banget.
karena kabarnya jonghyun meninggal karena suicide.
i mean, dia tuh baru banget konser solo loooooh!gue sedih ngebayangin setertekan apa sih seorang kim jonghyun sampe pilih jalan pintas begini?
gue sedih mikirin kemana sih temen-temennya? keluarganya? apa sampe segitu nggak ketauannya jonghyun punya masalah?
SUMPAH YA SEUMUR HIDUP BELUM PERNAH SEBAPER INI CUMA GARA2 FANGIRLING
kembali lagi ke umur udah ada yang ngatur. gue percaya Tuhan itu ada, walaupun gue juga belum taat-taat amat dalam memeluk suatu agama.
jadi ya mungkin emang ini udah jalannya buat jonghyun...but still, masih sedih karena dia bunuh diri.
jangankan jonghyun yang emang gue suka ya, waktu oka pacarnya awkarin (yang gue nggak tau blas) dikabarin meninggal aja gue sedih.
sedih karena merasa mereka harusnya nggak bunuh diri, seandainya ada orang lain yang diajak berbagi beban....gue nggak kenal jonghyun secara pribadi, sebagai fans gue cuma tau dia dari apa yang dia tampilin di depan publik.
jonghyun yang suka ngebully onyu tapi juga menghormati onyu sebagai leader
jonghyun yang sering main suami2an sama key
jonghyun yang suka bikin kesel minho
jonghyun yang dijadiin panutan sama taemin, bahkan sekarang suaranya mirip ya
gue nggak kenal jonghyun ataupun shinee, ketemu mereka juga baru sekali di konser.
tapi kesannya gimana ya, sedih aja gitu karena merasa udah 'dihibur' dari jaman alay SMA sampe sama-sama tua kayak sekarang...
dan sumpah dia meninggal itu bikin sedih yang beneran sedih kayak temen sendiri meninggal.karena shinee, karena jonghyun juga, gue bisa kenal sama banyak orang2 menyenangkan yang bikin hidup ini nggak sepi-sepi amat.
iya, mereka SHAWOL.walaupun mereka udah banyak yang merit dan sebagian pindah fandom ke berondong juga, tapi gue yakin 10000%;
shinee itu memorable.
sangat.fandom paling adem, yang bikin hati fansnya adem juga. sejujurnya fandom terbaik yang pernah ada buat gue, walaupun sejak 2011 hati ini terbagi ke infinite.
padahal gue baru aja seneng karena onyu udah mulai ada lagi kabarnya setelah kasus pelecehan di club itu...
like
OMG SHINEE OT5 LAGIIIIIItapi takdir berkata lain.
ya udah.
nggak tau lagi harus gimana.mana temen2 gue pada ngechat "lip, jonghyun meninggal?"
yaudah runtuh sudah bodo amat akhirnya nangis juga, silahkan bilang alay toh emang gue alay.
rest in peace, kim jonghyun.
semoga ini akhir dari kesedihan duniawimu.mungkin ini bukan akhir dari shinee, tapi shinee nggak akan pernah sama lagi tanpa kim jonghyun.