Kejujuran memberikan hal yang tak pernah terpikirkan sebelumnya☘
"Ma, kasih tau Aldi, dong, calonnya Aldi itu kayak gimana?" Gue merengek ke mama. Mau gimana lagi. Masa gue harus terima gitu aja tanpa tau mukanya gimana. Nanti kalo dibawah rata-rata kan gue yang rugi banyak.
Mama yang lagi bikin sayur sop cuma geleng-geleng kepala. Gue sekarang tuh lagi ada di dapur. Duduk di salah satu kursi meja makan dengan ekspresi kepo yang luar binasah. Habisnya mama nggak ngasih tau apapun. Papa juga sama. Padahal gue udah ngeluarin segenap kekuatan gue buat ngerayu mereka. Tapi tetap, hasilnya nihil.
"Bentar lagi juga kamu bakalan tau," jawab mama singkat, tanpa ngelihat gue. Ngelirik aja enggak. Bete.
"Hahh...." Gue mengembuskan napas lelah. Pasrah aja lah gue. Mending gue langsung berangkat ke sekolah.
"Hei, kamu mau kemana? Makan dulu."
"Aldi sarapan di sekolah aja deh, Ma. Pengen makan rawonnya Mang Tejo."
Gue pun langsung ngambil tas, pake sepatu, dan langsung jalan keluar rumah. Gue naik angkutan umum aja lah, mumpung masih pagi banget. Gue pun berdiri nunggu angkutan umum lewat di jalan raya dekat rumah gue. Hah, mama sama papa nyebelin. Gue nih beneran kepo dan... takut? Duh, kenapa setelah jujur, gue ngerasa kalo hidup gue bakal berubah ya? Hm, tapi kata orang-orang kan yang namanya jujur tuh emang bisa ngasih perubahan yang besar. Dalam hal ini termasuk kehidupan gue nantinya. Tapi ya udah lah, gue nggak mau tambah pusing. Gue nih udah cukup pusing karena sebentar lagi ujian.
Lima menit kemudian, ada angkot yang berhenti tepat di depan gue. Berhubung tuh angkot udah hampir penuh sama orang yang mau berangkat ke pasar —gue yakin karena mayoritas penumpangnya adalah ibu-ibu yang bawa tas gede buat belanja, gue mutusin buat duduk di samping supir. Si supir pun senyum dan ngebantuin gue ngebuka pintu angkot yang rada seret.
"Makasih, Pak." Gue senyum dan duduk dengan nyaman.
"Sama-sama, Dek. SMA satu?"
Gue ngangguk. Dan tuh angkot pun jalan.
Sekolah gue nggak terlalu jauh dari rumah. Butuh waktu 8 menit kalo pake motor —kalo ngebut, dan 15 menit kalo pake angkutan umum macam nih angkot. Tapi berhubung ini masih pagi banget dan jalanan pun masih lengang, jadi mungkin bakal lebih cepat sampe.
Biasanya sih Dafin jemput gue. Tapi sejak kejadian yang kemarin itu dia nggak nongol-nongol. Chat gue juga nggak dibales. Huh... awas aja kalo nongol nanti.
"Adeknya kelas berapa?" Tuh supir tiba-tiba nanya.
"Kelas tiga, Pak." Gue ngejawab sambil senyum tipis. Tumbenan nih supir nanyain gue. Mungkin karena gue sering naik angkotnya dia kali ya? Gue emang hafal sama muka tuh supir sih. Nih angkot kan langganan gue kalo papa nggak bisa ngantar gue ke sekolah, atau pas Dafin nggak jemput gue. Kayak pagi ini.
"Wah, bentar lagi ujian, ya? Sama kayak anak saya kalo gitu mah."
"Anak bapak SMA mana?" Gue mutusin buat ngobrol, nanggapin pertanyaan tuh supir. Kasihan kan tuh supir udah ngomong tapi nggak gue gubris. Lagian lumayan buat ngelupain sesuatu yang udah bikin gue pusing tadi.
"Kalo anak bapak mah di SMA dua, Dek. Dulu maunya sekolah di SMA satu, tapi nggak keterima. Makanya sekarang sekolah di SMA dua."
"Oh, gitu ya, Pak. Emang rada ribet masuknya." Gue maklum sih. SMA gue emang SMA favorit. Jadi masuknya tuh rada ribet. Mana tesnya banyak lagi. Gue ingat bener tuh, waktu itu belain ngambil bimbingan belajar sama si Dafin biar bisa masuk SMA satu. Dan untungnya perjuangan gue sama Dafin itu nggak sia-sia. Lagian sebagus apapun SMA gue di mata orang luar, tetep aja masih ada kurangnya. Nggak ada lift misalnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Let Me Kiss You!
RomantizmREPUBLISHED [ A l d i x W i g a n a ] Beberapa waktu lalu sempat tak tarik dan sekarang udah mulai tak publish ulang. Alurnya nggak berubah, cuma tak tambahin aja dikit~ Happy reading~ _________ Perjodohan yang awalnya bikin gue kesal malah berakhir...