September, 2017
Karena, kepercayaan dalam sebuah pertemenan adalah hal yang berharga.
Seharusnya kamu tahu itu.
.
.
.Siapa sangka ternyata udah sekitar 3 bulan gue bersekolah di ruko tercintah dan tiba saatnya untuk ulangan tengah semester. Jadwal udah dibagikan, kartu ulangan udah di dapet, tinggal otak doang yang perlu disiapkan.
Seperti yang seharusnya saat ulangan, pagi belajar, istrahat sekolah belajar, malam belajar. Tapi, yaa namanya manusia, disuruh belajar malah main mobile legend atau nggak baca wattpad.
Hal kayak begini sering terjadi apalagi di era modern, nyontek-mencotek udah seperti hal yang lumrah. But, who's care?
Katanya, nilai bukan segalanya, kesuksesan tidak tergantung nilai disekolah. Tapi nyatanya beberapa pihak melihat sesuatu dari nilai/pencapaian.
Kembali lagi pada topik cerita, beberapa hari ulangan semuanya tampak sama. Ada yang contek-mencontek, ada juga yang fokus pake banget sampe kadang kalo dipanggil kagak nyaut. Fix, Indonesia kaya akan keanekaragaman jenis manusia. Tiba saatnya untuk ulangan Anatomi Fisiologi, jujur aja soal ulangan anfis itu gampang pake banget. Menurut gue, nggak tau deh kalo yang lain. Tapi, kembali lagi pada manusia itu sendiri untuk menyikapinya.
Jujur gue nggak nyontek kok, wkwk. Posisi gue duduk itu paling belakang jadi kepala temen-temen gue yang nengok kanan-kiri, gue bisa tau. Sebenarnya, pas ulangan anfis tuh nggak tuh nggak terjadi sesuatu atau insiden. Insiden muncul beberapa hari setelahnya. Iya, masih ulangan kok.
*****
Selesai ulangan, Rosi yang notebane nya wakil ketua kelas meminta temen sekelas untuk jangan pulang terlebih dahulu dikarenakan ada hal yang ingin dia diskusikan. Btw, Alan--ketua kelas sebelumnya-- telah lengser dari jabatannya digantikan Wati--sekretaris terdahulu-- dan Rosi sebagai wakil ketua kelas yang sekarang.
"Sebelumnya gue minta maaf, karena nahan kalian buat pulang. Ada hal yang mau gue tanyain," kata Rosi didepan kita semua
"Kemarin Bu Riva bilang, katanya pas ulangan anfis itu ada yang ngébet yaa. Nah, gue mau nanya. Siapa yang ngébet itu?"
"Cuma pelajaran Bu Riva aja yang ditanyain? Yang nyontek pas ulangan pasti lebih dari satu Ros." ujar Bella
"Iya gue tau, gue juga kadang nanya-nanya sama yang lain. Tapi, ini yang lagi gue tanyain khusus pelajaran anfis."
"Lha, itu Bu Riva tau nya dari siapa kalo misalnya diantara kita ada yang ngébet?" tanya Anggrek dari kursinya
"Nah itu juga yang mau gue tanyain. Katanya sih ada yang ngelapor," Rosi menggaruk kepalanya frustasi, "Itu yang ngelaporin siapa? Astagfirullah, gue jadi kesel tau nggak sih."
"Yahhh, ada yang cepu," sahut Rendi tiba-tiba, "Ada yang cepu ini mah.
"Siapa nih yang cepu? Rusuh amat." gerutu Bella dari kursinya
Alot, itu yang terjadi. Nggak ada yang mau ngaku, dan kita semua dipulangkan kerumah masing-masing.
*****
Mendadak whatsapp gue rame kayak pasar malam. Siapa lagi yang ngechat kalo bukan grup kelas yang sibuk debat. Kadang gue suka merasa miris, Ckck.
Dina : Oh jadi dia yang cepu!
KAMU SEDANG MEMBACA
Lika-liku anak SMK
Non-FictionCover by @frindanisa Copyright by enfameraenanous SMK? Apa yang bakal kamu pikirkan jika bertemu kata SMK? Sekolah Menengah Kejuruan? Sistem Menuju Kerja? atau.. Kembarannya SMA? atau hal lain... Ini tentang apa yang terjadi di SMK, Sepenggal kisah...