(+) Kala Ratu Bersabda

402 16 6
                                    

Sebentar, udah berapa lama gue menghilang dari peredaran wattpad? 2 bulan? 3 bulan? atau 4 bulan?

Intinya cukup lama yaa?
Gimana yaa, waktu yang dinantikan murid SMK itu telah dimulai. Oh, atau mungkin sekarang gue sedang berada di fase itu.

Apasih itu?
Biar gue kasih tau, murid SMK identik dengan yang namanya praktek kerja lapangan, dan gue sedang berada di fase itu.

Kalo lo ngira pkl anak keperawatan itu gampang, itu artinya lo mungkin blom pkl. Gini lho yaa, mungkin pkl nya gampang tapi setelahnya ini yang bikin ribet. Lo sendiri tau kan gue kagak doyan sesuatu yang ribet -,-

Tapi nih yaa, (1) seribet-ribetnya pkl gak seribet ngurusin hubungan yang gak jelas sama doi.

(2) Pas lo pkl nantinya, lo bakal tau mana temen mana musuh. Nggak semua temen yang berada dikelas yang sama dengan lo adalah temen lo.

(3) Lo harus pinter-pinter nyari temen yang nge-klik sama lo, karena banyak dari mereka yang bakal ngejatuhin lo.

(4) Sebelum pkl, lo dan temen kelas lo mungkin bakal berjanji buat tetap solid, tapi pas di lahan? Bisa aja mereka lupa sama janji yang mereka ucapin.

(5) But, nggak menutup kemungkinan kalo orang yang biasanya nggak deket sama lo, trus pas pkl malah jadi deket sama lo dan siap mengulurkan tangan untuk lo.

(6) Meskipun kita bekerja berkelompok, lo kudu tetep mandiri. Mandiri yang gue maksud bukan makan mandi sendiri, bukan yang itu. Tapi, tentang lo yang nggak boleh bergantung sama temen lo atau partner lo.

(7) Kalo dilahan tuh lo harus berani, misalnya pas lo yang jaga malem dan kaka perawatnya nyuruh lo keruang laboraturium yang letak jauh sangad dari tempat lo jaga.

(8) Lo juga musti percaya diri saat melakukan tindakan, kalo pas pertamanya lo salah itu hal wajar. Minta bantuan kakanya kalo lo udah ngelakuin tindakan tapi tetap gak berhasil. Jangan kapok sama apa yang lo lakuin, coba, coba dan coba lagi. Lama-lama lo akan terbiasa.

(9) Musti jujur, kalo lo emang salah yaa ngaku dan minta maap. Jangan berusaha membela diri, padahal lo tau lo telah ngelakuin kesalahan.

(10) Nikmatin pekerjaan lo. Mungkin, ada beberapa pasien/keluarga pasien yang agak ribet dan bikin lo jengkel. Cukup berikan mereka penjelasan dan senyum yang tulus.

#_#_#_#_#

Mungkin, nnti gue bakal membagikan pengalaman gue disini.
-270419-

Lika-liku anak SMKTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang