Jika Mas Abram pikir aku akan menunggu besok untuk mengunjunginya maka dia salah besar. Alasan utamaku karena dipikir-pikir lebih enak tidur di rumah sakit, meskipun agak nggak nyaman tidur di sofa seenggaknya ada manusia lain di sana. Lha, kalau di rumah? Seumur-umur aku belum pernah sendirian semalaman di rumah. Serius. Alasan lainnya, ya... karena aku bayangin gimana kalau Mas Abram harus ke kamar mandi sendirian? Aku aja yang beberapa kali pernah di rawat, repotnya minta ampun sama selang infus, salah atur posisi tangan sedikit darang ngalir. Argh... harusnya aku nggak bayangin itu sekarang.
Lagian, siapa yang bakal bawain baju ganti Mas Abram kalau bukan aku. Kok tiba-tiba aku merasa bangga ya?
Sepanjang perjalanan menuju rumah sakit aku udah membayangkan wajah terkejut Mas Abram. Ini aku bela-belain nyetir malam-malam sendiri. Kalau dia nolak aku nginap atau apalah-apalah, aku sudah harus siapkan jawaban yang TOP.
Mobil yang kukendarai memasuki pelataran parkir. Tiga bulan berkendara aku nggak bisa di sebut mahir-mahir banget sih. Tahu alasan Mas Abram belikan aku mobil? Awalnya karena Mama mertuaku ngeh, aku kemana-mana naik ojek langganan, terus Mama nyeletuk, “Enak banget kang ojek langganan kamu, bonceng cewek cantik tiap hari.” Aku tahu banget maksud Mama ituuu... biar anaknya yang hari-hari cuma kerja di ruang kerjanya itu nyempetin sedikit waktunya buat antar jemput aku. Dan yang terjadi, besoknya dia ajak aku ke showroom pilih mobil.
Oke, nggak apa. Aku lebih seneng dapat mobil baru memang daripada dianter-jemput Mas Abram. Lagian, aku juga nggak polos-polos banget nolak gitu aja pemberian suamiku. Dikasih ya monggo. Meskipun nyinyiran yang kuterima nggak sedikit. Tapi peduli amat, yang penting mobil ini aset perdana atas namaku. Haha.
Aku menenteng bantal, dan paperbag, berisi baju ganti buat Mas Abram, serta sekantung camilan untukku sendiri. Aku juga udah telepon Cath, minta izinin nggak masuk besok. Saat aku kasih tahu alasannya karena Mas Abram sakit, dia langsung siap sedia bilang ke Pak Irfan. Sompret memang!
Tadi, aku udah minta data lengkap nomor kamar Mas Abram, tentu aja dengan alasan besok aku datang biar nggak nyasar, dan nggak capek-capek tanya ke resepsionis.
Langkahku berhenti tepat di depan pintu kamar inap Mas Abram. Langsung masuk aja, atau ketuk dulu? Kalau ngetuk, dia bakal kerepotan turun dari ranjangnya kan? Okelah, langsung masuk aja.
Dan, bayanganku tentang kamar yang sudah gelap, karena penghuninya sudah tidur, salah besar!
Ruangan ini terang benderang, dengan Mas Abram yang sedikit terkejut memandangku. Yup, hanya sedikit. Dan...
“Mbak Ola? Ke sini juga. Kirain besok.”
Ngik.. Ngik... kayak ada suara jangkrik di sekitarku.
Ketika aku menatap Mas Abram seketika tandukku hampir keluar, tapi yang ada aku terpaksa tersenyum ramah. Ifa, adik bungsu Mas Abram ada di sana, duduk di sofa. Dan, disebelahnya ada paperbag! Sialan banget kan, dia pasti minta bantuan adiknya buat jaga juga bawa baju ganti, dan nggak ada niat telepon aku?! Oke fine! Aku mau... ya tetap di sini aja, jadi mau ngapain? Apa pura-pura balik lagi, dengan bantal di tanganku?
Hell! Astaga! Kenapa aku bener-bener nyangka dia bakal sendirian di sini?
“I—iya. Udah lama di sini?”
“Lumayan Mbak,” sahut Ifa. “Kalau nggak cepet ke sini, Mas Abram mau ke kamar mandi aja pasti kesusahan. Dari dulu gitu Mbak. Sakit manggilnya aku. Nggak berani kalau Mama yang turun tangan, pasti omelan panjang. Gitu kan Mas?”
Mas Abram hanya melirik sodara-sodara!
“Kalau sekarang harusnya jadi tugas, Mbak—“
“Ola besok kerja,” sela Mas Abram