AYYAMUL BIDH

558 25 0
                                    

Puasa ayyamul bidh merupakan salah satu amalan puasa sunnah yang dilakukan tiga hari berturut-turut setiap bulannya, yaitu pada hari/tanggal 13, 14, dan 15 dari bulan Hijriyah.

Ayyamul bidh artinya hari-hari putih. Kenapa puasa ini disebut dengan ayyamul bidh? Karena pada malam-malam tersebut bulannya bersinar seperti bulan purnama yang sinarnya tampak sangat putih.

Adapun niat puasanya yaitu :

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى
"NAWAITU SAUMA AYYAMI BIDH SUNNATAN LILLAHI TA'ALA"
Artinya: "Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah ta'ala."

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh
1. Puasa ayyamul bidh merupakan perintah dan anjuran dari Nabi Muhammad saw.
2. Puasa ayyamul bidh pahalanya sama seperti melakukan puasa setahun.
3. Puasa ayyamul bidh kebiasaan yang dilakukan Nabi Muhammad saw.

Dari Anas ibnu Malik, rasulullah bersabda yang artinya: "Barang siapa menghidupkan sunnahku maka ia telah mencintaiku, dan barang siapa mencintaiku maka ia akan bersamaku di Surga." [HR. Thabarani]

Semoga Allah subhanahu wa ta'ala menerima amal ibadah kita, dan mengampuni dosa-dosa kita, baik dosa dan kesalahan di masa lalu, masa sekarang mau pun masa yang akan datang. Dan semoga kita diberikan kebaikan di dunia dan di akhirat, dijauhkan dari siksa kubur dan siksa api neraka, serta dimasukkan oleh Allah ke dalam Surga sebagai tempat kembali yang kekal abadi, aamiin...

 Dan semoga kita diberikan kebaikan di dunia dan di akhirat, dijauhkan dari siksa kubur dan siksa api neraka, serta dimasukkan oleh Allah ke dalam Surga sebagai tempat kembali yang kekal abadi, aamiin

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Dear UkhtiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang