Awal

933 238 16
                                    

5 years later...

Lima tahun terdengar sebentar, tapi berbanding terbalik dengan yang menjalankannya. Tentu banyak hal yang terjadi dalam rentang waktu tersebut.

Atau mungkin... tetap sama?

Serupa juga berlaku buat Christopher Chandra Bayuaji, yang sekarang sudah kembali ke kota asalnya dan bekerja di sana. Di salah satu lantai gedung perkantoran terkenal ibukota.
Perubahan signifikan lain seorang Bayuaji yang lain saat ini adalah ia punya Ayah tiri, ia juga sudah belajar untuk berdamai dengan kakaknya meskipun hanya berbincang satu atau dua kaliㅡ itupun basa-basiㅡ kalo lagi ke rumah Ayah kandungnya.

Dan hal yang tetap sama adalah... Bayuaji masih nggak bisa menjangkau Alana Saeromi. Bayuaji juga gak ngerti dengan dirinya sendiri kenapa dia ngerasa kosong lima tahun belakangan ini dan ngerasa harus tetap berhubungan sama Alana padahal banyak juga teman Bayuaji yang sudah lost contact tapi Bayuaji santai-santai saja.

Kayak sekarang, Bayuaji dan anak Eska lainㅡ alhamdulillah lagi full teamㅡ lagi kumpul di unit apartemen Calvin. Kumpul anak Eska tanpa menggoda Bayuaji dan Alana itu tidak lengkap, jadi dengan caurnya, Jinendra dan Calvin mengungkapkan spekulasi kalau sebenarnya Bayuaji suka sama Alana cuma gengsi dan gak mau ngaku. Dan respon Bayuaji masih sama:

"Ngawur lu ah,"

Darama Fazrin yang lebih dekat ke Bayuaji, lelaki itu tahu bahwa spekulasi Calvin memang benar. Fazrin menyaksikan sendiri gimana Bayuaji suka bengong belakangan ini, gak lupa akun Alana Saeromi Prameswari ada di pencarian paling atas saat Fazrin pinjam Instagram Bayuaji.

Tapi Fazrin memilih diam.

"Kamu sih Ris pake pindah kampus segala, jadi nggak bisa tahu kan Alana yang mana," ucap Felix pada Harris, sambil ngemil kacang, yang disetujui oleh Kirino dan Mahesa.

Padahal Mahesa juga sama aja pindah ambil Manajemen.

"Ya gimana Lix, kirain bisa cocok, ternyata DKV memang passionku" kata Haris

"Tapi kalau dilihat dari instagramnya sih boleh juga, kenalin deh ke Haris?" Lanjut Haris lagi, daritadi emang udah buka Instagramㅡ oh jelas, selebgram kita semua.ㅡ jadi lanjut aja cari profilnya Alana.

"Sana ajak kenalan aja di DMnya, syukur kalo dibales ya Ris," kata Bayuaji, Haris terkekeh. Seneng banget godain Bayuaji kayak gini.

"Bener ya? Gak usah Bang Haris deh yang ngechat, Jusuf aja apa?" Tantang Jusuf sambil ambil alih ponsel Haris.

Jusuf Nagara, sepupu Mahesa, adalah satu-satunya yang beda dua angkatan sama anak Eska yang lain. Ketemu waktu Jusuf masih SMA kelas 2. Kebetulan waktu itu lagi nginep di Mahesa, terus Jusuf diajak main bareng PUBG sama Jinendra dan ternyata cocok-cocok aja buat diajak ngobrol. Ngomong-ngomong, Jusuf ambil kuliah teknik sipil.

Kalau kenal udah lama, kenapa Jusuf jarang muncul pas Eska lagi kumpul?

Karena sibukㅡ sama kayak Harisㅡ, Jusuf masih harus bantu Ayahnya di rumah sakit juga, jadi cuma bisa sesekali kumpul.

"Loh Bang?" Muka Jusuf mengeruh saat membuka profil Alana.

Selama ini Jusuf memang cuma tahu nama aja, Alana. Titik. Waktu ditunjukin foto juga cuma sekilas banget, jadi Jusuf juga gak inget-inget amat.

Diamnya Jusuf malah membuat anak Eska penasaran. Apalagi Jusuf terus pindah-pindah dari foto satu ke foto yang lain.

"Suf?" Panggil Fazrin

"I..ni... Jusuf sering lihat waktu di rumah sakit Ayah... dulu..."

Bayuaji udah lemes lutut dengernya, sama kayak yang lain yang langsung minta penjelasan lebih lanjut dari Jusuf. Semoga bukan sesuatu yang buruk.

[4] Getting Closer; Bang ChanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang