01 | gangguan mental dan bipolar

7K 328 22
                                    

Sebelum aku sharing tentang pengalamanku sebagai orang yang hidup dengan bipolar disorder, aku mau kasih sedikit pengantar yang bermanfaat buat kalian semua tentang penjelasan bipolar dan perbedaannya dengan gangguan mental lainnya. Tolong dibaca baik-baik, yaaaaa.

Banyak orang yang masih belum mengerti apa itu bipolar bahkan banyak dari kita yang masih belum memahami apa itu gangguan mental dan bagaimana sebenarnya yang terjadi terhadap orang yang mengalami gangguan tersebut. Padahal gangguan mental sendiri termasuk gangguan yang bisa mengganggu kehidupan orang yang mengalaminya seperti halnya seseorang yang mengalami gangguan fisik.

Satu dari empat orang di dunia menderita gangguan mental. Ini artinya, ada sekitar 450 juta orang dari berbagai negara yang berjuang dengan kesehatan mentalnya.

Di Indonesia sendiri, angka kejadian penyakit gangguan jiwa berat termasuk tinggi. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia tahun 2007 menunjukkan bahwa penderita gangguan jiwa berat (psikosis) di Indonesia mencapai 0.46 persen atau sejuta orang dari total penduduk. (dikutip dari salah satu artikel Halo Sehat)

Dan di sini aku akan menjelaskan sedikit poin penting yang berkaitan dengan gangguan mental.

Apa sih gangguan mental itu?

Gangguan mental atau mental disorder adalah berbagai kondisi yang mempengaruhi suasana hati, berpikir, dan perilaku. Gangguan mental pun dapat mempengaruhi kinerja kerja otak dengan mengganggu keseimbangan kimiawi otak. Gangguan mental adalah kondisi yang berdampak negatif pada kualitas hidup, sama hanya dengan gangguan kesehatan fisik.

Beberapa gangguan mental yang lebih umum, meliputi: depresi, gangguan bipolar, kecemasan, gangguan stres pasca-trauma (PTSD), gangguan obsesif kompulsif (OCD), psikosis, dll. Beberapa penyakit mental hanya terjadi pada jenis pasien tertentu; seperti post-partum depression hanya menyerang ibu baru setelah melahirkan.

Sementara Bipolar Affective Disorder (BD) adalah suatu gangguan yang berhubungan dengan perubahan suasana hati mulai dari posisi terendah depresif/tertekan ke tertinggi/manik.

Bipolar jelas berbeda dari kepribadian ganda, skizofrenia, major depressive disorder dan borderline disorder. Mungkin aku bisa jelasin sedikit tentang perbedaan mereka ya dari pengertian aja dan poin penting dari semua gangguan itu. Oke, jadi ....

1. Pertama, Kepribadian ganda atau (dissociative identity disorder) adalah gangguan yang ditandai dengan adanya dua atau lebih status kepribadian yang berbeda. Orang yang punya gangguan ini biasanya tidak menyadari gangguan yang ia alami karena dua atau lebih status kepribadian itu berdiri sendiri. Bedanya dengan bipolar adalah bipolar itu gangguan mood yang ekstrem sementara kepribadian ganda itu gangguan kepribadian atau gangguan yang mencakup keseluruhan sikap, ekspresi, perasaan, temparmen, ciri khas dan juga prilaku seseorang.

2. Kedua, Skizofrenia adalah gangguan yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, merasakan, dan berperilaku dengan baik. Gangguan ini cenderung ke dalam gangguan pola pikir di mana penderita biasanya mengalami halusinasi dan keanehan dalam pola pikir, jauh beda sama bipolar yang gangguan mood esktrem. Bipolar cenderung punya halusinasi di saat masa manik maupun depresi tapi tidak separah orang skizofrenia dan orang skizofrenia tidak mengalami gangguan mood yang esktrem.

Sejujurnya, aku sedikit takut bahas ini karena aku belum bener-bener yakin tentang pengetahuanku soal ini. Dari beberapa buku dan jurnal yang aku baca, istilah skizofrenia ini dilabeli pada orang yang, maaf, orang gila tapi untuk lebih jelasnya kalian bisa tanya ke psikolog klinis atau psikiater karena merekalah yang lebih tahu.

3. Ketiga, Major Depressive Disorder (MDD). Sebelum bahas ini, aku minta maaf kalau ada kesalahan dalam memberi info karena aku kurang paham sama gangguan ini. Poin yang paling penting adalah gangguan ini tidak mengalami episode manik, berbeda dengan bipolar yang punya dua episode atau fase yang dialami. MDD juga sering dikatakan unipolar karena hanya mengalami satu fase yaitu fase depresi.

4. Keempat, Borderline Personality Disorder (BPD) adalah gangguan mental yang ditandai dengan suasana hati, perilaku, dan hubungan yang tak stabil. Gejala termasuk ketidakstabilan emosional, perasaan tidak berharga, rasa tidak aman, impulsif, dan hubungan sosial terganggu. Biasanya orang dengan BPD ini memiliki ketakutan serius dengan pengabaian.

Orang dengan kondisi BPD memiliki pola pikir yang tidak stabil. Ketidakstabilan ini membuat mereka sulit untuk mengatur emosi. Orang dengan BPD cenderung memiliki sejarah hubungan yang tidak stabil. Mereka akan berusaha keras untuk tidak diabaikan oleh sekitar, dengan apapun caranya. Inilah salah satu perbedaannya dibandingkan dengan bipolar.

Dari beberapa kepribadian di atas memang BPD yang paling susah dibedakan tetapi kunci membedakannya adalah pada intensitasnya. Pada orang dengan borderline personality disorder, mood swing ini akan tetap ada terus. Sedangkan pada orang dengan gangguan bipolar, akan ada masa-masanya di mana mereka tidak akan merasakan gejala-gejala mania atau depresif sama sekali. Mereka akan tampak tenang seperti orang pada umumnya.

Lalu apa sih penyebabnya? Kenapa ada orang yang bisa mengalami gangguan mental termasuk bipolar?

Cek di next chapter yaaa!

Living with Bipolar Disorder | ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang