Pernah ngalamin bahagia banget karena diterima kerja? Dan pada akhirnya kalian harus nerima risiko mental kalian ancur karena ternyata lingkungan kerja kalian nggak sehat dan cenderung bikin mood kalian down.
Itu yang aku lagi rasain sekarang.
Baru sekitaran 3 bulan aku kerja jadi manager di mana awalnya aku bangga dan happy banget walaupun gaji trialku selama 3 bulan ini nggak seberapa dibandingkan beban yang harus aku tanggung.
Awalnya, aku ngerasa super duper beruntung karena di usiaku yang masih 18 tahun aku udah bisa menghasilkan uangku sendiri dan bisa jajan pake hasil usahaku sendiri tapi nyatanya satu bulan ini aku ngerasa capek banget.
Ngatur tim nggak segampang yang aku kira. Aku berusaha mengerti posisi mereka tapi mereka nggak pernah bisa ngerti posisiku gimana.
Kalian tahu lah, sebagai seorang yang punya mental illness pasti ada kalanya kambuh kan? Entah rasa pusing, perasaan pengin nyerah, selfharm, dan hal-hal negatif lainnya. Tapi aku dituntut untuk profesional ngurusin kerjaan sampai akhirnya di hari berikutnya aku drop. Tubuhku nggak bisa nahan diri akhirnya melemah. Aku sampai ke dibawa ke rumah sakit saking bener-bener lemesnya.
Dan apa yang mereka lakuin? Mereka salahin aku karena aku masih bisa telponan sama pacar.
Bagiku urusan pribadi itu nggak sepantasnya disangkut pautin sama kerjaan deh. Mereka toh nggak tahu kan keadaan di saat aku lagi kambuh kaya gitu butuh sosok yang mampu bikin aku tenang. Aku aja nelpon pacarku cuma nangis dan ngeluh sakit. Emangnya mereka bisa ngatasin? Nggak toh?
Aku muak banget mulai saat itu.
Mana aku sering banget kambuh, udah semingguan ini bahkan aku kena serangan panik terus. Walaupun minum obat rajin tapi kalau ada hal yang bikin ketrigger? Kalian bisa bayangin sendiri lah seberapa capeknya aku ngelawan pikiran negatif karena dituntut ini itu.
Aku berani ambil kerjaan itu karena aku udah coba ngomong sama Dokter Okto, psikiaterku dan beliau setuju buat aku kerja selama itu nggak mengganggu mood aku. Tapi nyatanya mereka bikin mood-ku ancur terus menerus.
Apalagi ada satu orang yang nawarin bantuan tapi ngambil alih seluruh tanggung jawab dan kerjaanku. Bayangin deh kalian udah berusaha semampu kalian trus ada orang yang tiba-tiba ngambil alih kerjaan kalian? Emosi nggak?
Pada akhirnya aku bilang ke CEO, aku pengin resign. Aku nggak kuat, mentalku nggak kuat kalo harus nanggung tim yang nggak bisa kasih kepercayaan dan ngertiin keadaanku. Padahal CEO-ku baik banget lho, dia nggak pernah nuntut macem-macem. Bahkan selalu kasih support dan selalu kasih yang terbaik buat dukung tim. Tapi timku bener-bener nggak tahu diri.
Akhir bulan ini terakhir aku kerja. Sebenernya aku pengin resign dari kemaren tapi CEO minta aku sampe akhir bulan. Oke fine, aku jalanin selagi sanggup atur mereka. Tinggal 3 hari lagi. Semoga aku bisa sih.
Jujur berat banget ngelepas kerjaanku karena hubungan sama CEO baik-baik aja. Tapi kalo dipaksa ngurusin tim yang toxic, nggak sanggup aku tuh. Capek fisik, capek batin pula.
Buat kalian yang lagi ngerasain hal yang sama kaya aku, saranku selagi kalian bisa berhenti yaudah berhenti aja. Percaya deh Tuhan itu Maha Baik, pasti bakalan ada jalan sukses kalian sendiri cepat atau lambat. Nggak perlu ngorbanin mental kalian cuma buat pertahanin segala sesuatu yang nggak bisa dukung kalian.
Kaya kata Dokter Ririn, dokterku di RS Ananda dulu, gini:
Kita nggak bakalan jadi apa-apa dan berkembang kalo kita ada di tempat yang salah. Selagi kita bisa pilih jalan lain, yaudah pilih jalan yang tepat buat kita.Sekian, semoga kekecewaanku jadi kekuatan buat kalian biar melangkah maju tanpa takut💜
Jangan lupa dengerin lagu RM - Uhgood. Liriknya dalem banget. Kalo kalian capek, kalian wajib dengerin full album Mono punya RM.
Thanks. Bahagia selalu❤
KAMU SEDANG MEMBACA
Living with Bipolar Disorder | ✔
Random[NON-FIKSI] [RANDOM] Sebagian besar orang mengira bipolar itu gangguan kepribadian ganda, padahal keduanya jelas berbeda. Bipolar adalah suatu gangguan yang berhubungan dengan perubahan suasana hati (mood swing) mulai dari posisi terendah depresif/t...